Sakit Gigi Sehabis Makan Daging Kambing? Ini Penyebabnya

Punya keluhan sakit gigi setelah makan daging kambing? Bisa jadi Anda mengalami 3 hal ini.
Sakit Gigi Sehabis Makan Daging Kambing? Ini Penyebabnya

Klikdokter.com, Jakarta Tidak lengkap rasanya merayakan Iduladha tanpa ada sajian daging kambing di meja makan. Baik dimasak gulai atau hanya sekadar diolah jadi sate, rasa daging kambing memang terasa lezat.

Akan tetapi, bagaimana jadinya jika keluhan sakit gigi muncul setelah Anda makan daging kambing. Apa penyebabnya?

Penyebab Sakit Gigi Habis Makan Daging Kambing

Sakit gigi memang jadi satu masalah kesehatan yang umum terjadi. Meski bukan gangguan kesehatan yang langsung fatal akibatnya, sakit gigi bisa menurunkan kualitas hidup seseorang.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan sakit gigi, seperti gigi retak, gigi bolong, sensitif, gangguan pertumbuhan gigi bungsu, dan sebagainya.

Namun, bagaimana jadinya jika sakit gigi yang Anda rasakan muncul setelah makan daging kambing? Apakah ini normal?

Menurut drg. Callista Argentina, ada beberapa penyebab sakit gigi setelah makan daging kambing, di antaranya sebagai berikut:

1. Serat Daging Kambing Banyak

Dijelaskan oleh drg. Callista, daging kambing memiliki serat yang lebih banyak dan keras ketimbang daging ayam. Hal ini membuat ketika ada serat menyelip di sela gigi bisa menimbulkan rasa sakit.

2. Ada Lubang Tersembunyi di Gigi

Tidak semua orang bisa menyadari adanya lubang pada gigi mereka. Jika serat atau ada bagian daging kambing yang tidak terkunyah dengan baik, maka kotoran ini akan menumpuk dan membusuk.

Apabila tidak segera dibersihkan, sisa makanan yang membusuk akan menimbulkan rasa nyeri hebat.

3. Punya Penyakit Gusi

Faktor terakhir, yang bisa menyebabkan gigi sakit setelah makan daging kambing adalah penyakit gusi.

“Bisa jadi orang itu ternyata punya penyakit gusi yang menyebabkan penurunan gusi. Gusi yang turun menyebabkan adanya jarak di antara sela gigi. Kondisi ini membuat makanan mudah masuk ke space tersebut. Lalu, membusuk dan menyebabkan sakit gusi,” ujar drg. Callista.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Sakit Gigi yang Mudah dan Ampuh

1 dari 4

Gigi Terlanjur Sakit, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Gigi Seorang Wanita Terlanjur Sakit
loading

Menurut drg. Callista, jika gigi sudah terlanjur sakit setelah makan daging, cara paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan mencari tahu penyebab utamanya.

“Kalau masalahnya ada pada serat yang menempel pada sela gigi, coba segera bersihkan serat yang menempel dengan menggunakan dental floss atau interdental,” jelas drg. Callista.

Namun, ada penanganan berbeda jika sakit gigi ini dipicu masalah lain, seperti berlubang atau sakit gusi.

“Jika penyebab sakit gigi karena gusi bengkak, coba Anda berkumur dengan air garam selama 5 menit, dan tunggu hasilnya. Apabila sakit gigi disebabkan karena gigi berlubang, maka solusi paling tepat adalah dengan menambalnya ke dokter gigi,” sambungnya melengkapi.

2 dari 4

Tips Mencegah Sakit Gigi Setelah Makan Daging Kambing

Sate Kambing
loading

Agar sakit gigi tak lagi muncul setelah makan daging, ada beberapa tips pencegahan yang bisa Anda dilakukan:

  • Pertama, lakukan pengecekan rutin selama 6 bulan sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi Anda. Semakin sering Anda mengecek kesehatan gigi, semakin cepat juga penanganan yang Anda terima.
  • Kedua, pilihlah daging yang tidak keras. Tujuannya, agar serat dalam daging tidak menempel atau terselip di sela-sela gigi.
  • Ketiga, biasakan untuk menyikat gigi dengan sikat gigi bulu lembut dan tidak terlalu kencang saat menggosok. Hal ini dilakukan untuk mencegah gusi berdarah, gusi rusak, dan penurunan gusi.
  • Keempat, coba perbaiki lagi teknik menyikat gigi Anda. Arahkan bulu sikat gigi 45 derajat menghadap gusi agar tidak menyebabkan gusi menjadi turun atau rusak. Pastikan juga bagian garis gusi ikut tersikat.

Artikel Lainnya: 6 Gangguan Kesehatan Akibat Kebanyakan Makan Daging

3 dari 4

Jika Bukan Karena Daging Kambing, Apa Masalahnya?

Daging Kambing
loading

Dokter Callista menjelaskan jika sakit gigi yang terjadi bukan disebabkan karena daging kambing, ini jadi tanda lainnya gigi Anda mengalami kerusakan.

“Gigi yang gusinya rusak atau sudah terjadi penurunan gusi, sering menyebabkan makanan mudah tersangkut di sela-selanya. Selain itu, gigi sensitif juga bisa jadi permasalahan lainnya gigi Anda jadi sakit,” ungkapnya.

Tak hanya itu, ia juga menuturkan, gigi sensitif biasanya menyebabkan rasa ngilu yang spontan, singkat, dan tajam akibat adanya perubahan suhu, osmosis, gesekan, dan kimiawi.

“Ini terjadi akibat terjadinya penurunan gusi sehingga sebagian akar gigi terbuka sehingga terasa ngilu,” ujar drg. Callista.

Untuk sementara permasalahan gigi di atas,  Anda bisa mengompres bagian yang nyeri dengan es batu selama 10 menit. Ini berguna untuk meredakan rasa nyeri pada gigi.

Selain itu, berkumur dengan air garam juga bisa dilakukan untuk membersihkan kuman dalam mulut dan menghilangkan cairan dari gusi yang mungkin menyebabkan bengkak.

Baca Juga

Jika sakit gigi akibat makan daging kambing tak kunjung hilang dalam kurun waktu satu minggu, segera periksakan diri ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut.

Hanya dokter gigi yang bisa mengetahui apa penyebab sakit gigi yang Anda alami, serta bagaimana cara pengobatannya. Mau konsultasi langsung dengan dokter gigi, ajukan pertanyaan langsung lewat fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Salam sehat!

(OVI/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Minyak Cengkeh untuk Sakit Gigi yang Perlu Anda Tahu

Info Sehat
30 Jul

Pentingnya Pelindung Gigi Ketika Tidur

Info Sehat
24 Jul

Dampak Stres terhadap Kesehatan Gigi dan Mulut

Info Sehat
21 Jul

Manfaat Getah Jarak untuk Mengatasi Nyeri Sakit Gigi

Info Sehat
29 Mei

Daftar Makanan yang Efeknya Buruk bagi Gigi

Info Sehat
13 Mei

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk