Olahraga Bisa Memperlancar Produksi ASI, Ini Alasannya!

Banyak yang bertanya-tanya, bagaimana supaya ASI lancar? Jawabannya mudah, cobalah berolahraga secara rutin untuk memperlancar produksi ASI.
Olahraga Bisa Memperlancar Produksi ASI, Ini Alasannya!

Klikdokter.com, Jakarta Bagi ibu yang baru melahirkan, memiliki ASI lancar dan melimpah adalah idaman. Sayangnya, harapan sering tidak sesuai dengan kenyataan, alias banyak ibu baru yang ASI-nya sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Nah, ada salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut, yaitu dengan berolahraga. Kira-kira, olahraga apa yang bisa memperlancar ASI?

Bagaimana Olahraga Bisa Bantu Memperlancar ASI?

ASI adalah sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi baru lahir hingga usianya dua tahun. Tak jarang, setiap ibu berusaha keras agar ASI-nya lancar agar kebutuhan nutrisi anak terpenuhi. 

Salah satu cara yang dapat dicoba agar ASI melimpah adalah dengan berolahraga. Apa hubungannya memperlancar ASI dan olahraga?

Olahraga sangat dianjurkan bagi para ibu yang sedang menyusui untuk menurunkan tingkat stres. Ingat, apabila ibu merasakan stres, segala sesuatunya tidak berjalan baik, termasuk kelancaran ASI.

Menurut dr. Devia Irine Putri, olahraga itu bisa meningkatkan mood ibu yang membuat perasaannya bahagia. Ketika ibu dalam kondisi senang dan happy, hormon bahagia di dalam tubuh akan keluar untuk memperlancar ASI.

"Jadi, olahraga itu membantu meningkatkan mood, membuat ibu menjadi bahagia, dan akhirnya menurunkan stres. Ketika hormon bahagia di dalam tubuh keluar banyak, tubuh menjadi lebih relaks. Kondisi ini meningkatkan produksi hormon oksitosin yang membantu melancarkan ASI," jelas dr. Devia.

Disarankan untuk melakukan olahraga yang memang disenangi, ya. Kalau ibu senang olahraga aerobik, silakan lakukan itu. 

Jangan melakukan olahraga yang dijalani secara terpaksa. Akibatnya, ibu bisa malah tambah tertekan, stres, dan ASI pun tidak keluar lancar. 

Artikel Lainnya: Olahraga yang Aman untuk Ibu Menyusui

1 dari 3

Ini Jenis Olahraga untuk Perlancar ASI

Ibu Menyusui sedang Naik Sepeda
loading

Jenis olahraga bagi ibu menyusui memang perlu diperhatikan. Untuk ibu baru melahirkan, biasanya perlu melakukan olahraga intensitas ringan atau gerakannya mudah dilakukan. Kuncinya, jangan menyusahkan diri sendiri. 

"Bisa melakukan olahraga yang mudah atau ringan dulu, misalnya jalan cepat, yoga, pilates, berenang, dan sepeda," saran dr. Devia Irine Putri.

"Sebenarnya olahraga apa saja yang ibu nyaman dan senang menjalaninya. Jadi kalau melakukan dengan senang, ibu akan enjoy," tambah penjelasan dari dr. Devia Irine.

Kalau mau olahraga lain di luar yang disebutkan di atas, boleh saja. Misalnya Anda memutuskan untuk naik ke olahraga yang intensitasnya lebih berat. 

Hal ini boleh dilakukan asal ibu sanggup dan dilakukan tanpa paksaan. Penting juga untuk mempertimbangkan jenis olahraga dan kondisi fisik ibu yang baru melahirkan. 

Artikel Lainnya: 9 Tips Untuk Memperlancar ASI

2 dari 3

Perhatikan Ini Agar Produksi ASI Optimal

Ibu Menyusui Makan Sayuran
loading

Selain olahraga, ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan oleh ibu menyusui. Antara lain adalah nutrisi dari makanan dan minuman apa yang ibu dapatkan. 

Saat masa menyusui, umumnya ibu butuh kalsium, vitamin D, DHA, vitamin C, asam folat, dan zat besi. 

Asam folat dibutuhkan agar ibu dan anak terhindar dari risiko penyakit jantung. Nutrisi ini bisa didapat dari sayuran hijau, kacang-kacangan, dan buah jeruk contohnya.

Sementara itu, zat besi bisa didapatkan dari brokoli, daging ayam, kuning telur, dan ikan. 

Sedangkan, untuk kalsium dan vitamin D yang bermanfaat menjaga massa tulang ibu menyusui, bisa didapatkan dari kentang, susu dan produk olahannya, serta sayuran hijau.

Terakhir, salah satu penting yang wajib dipenuhi ibu hamil adalah DHA (Docosahexaenoic acid). Nutrisi jenis ini dapat meningkatkan produksi ASI. Semuanya bisa didapatkan dari ikan tuna, daging merah, dan salmon.

Selain yang sudah dijabarkan di atas, memenuhi kebutuhan cairan adalah wajib hukumnya bagi ibu menyusui. Hindari mengonsumsi soda atau minuman kalengan lainnya yang bisa berbahaya bagi bayi.

Baca Juga

Jadi, sudah tahu, kan, olahraga dan nutrisi apa yang dibutuhkan ibu menyusui agar ASI lancar? 

Untuk informasi lebih lengkap, jangan ragu konsultasi langsung ke dokter lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter, ya.

(OVI/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Nonton Drama Korea Bikin ASI Deras, Benarkah?

Info Sehat
04 Agt

Setelah Menyapih Perlukah Anak Diperkenalkan pada Susu Pengganti?

Info Sehat
02 Agt

Mau Beri Popsicle ASI untuk Bayi, Perhatikan Hal Ini Dulu

Info Sehat
01 Agt

Ini Cara Menyapih Anak yang Masih Minum ASI Setelah Usia 2 Tahun

Info Sehat
29 Jul

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menyusui Bayi Kembar

Info Sehat
27 Jul

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk