Pasta Gigi untuk Mengencangkan Payudara, Memang Bisa?

Selain digunakan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut, pasta gigi juga dipercaya dapat mengencangkan payudara. Apakah medis sependapat dengan hal tersebut?
Pasta Gigi untuk Mengencangkan Payudara, Memang Bisa?

Klikdokter.com, Jakarta Pasta gigi memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tidak terbatas pada itu, sebagian orang juga percaya bahwa benda yang sering disebut odol ini juga efektif untuk mengencangkan payudara.

Belum lama ini beredar sebuah video yang mengatakan bahwa kombinasi antara pasta gigi, putih telur, mentimun, dan tepung bisa membantu mengencangkan payudara. Efek yang dihasilkan pun tergolong instan.

Pertanyaannya, apakah ahli medis setuju dengan anggapan mengenai pasta gigi untuk mengencangkan payudara? Bisa jadi anggapan tersebut hanya sekadar mitos menyesatkan saja?

Mengenal Kandungan dalam Pasta Gigi

Menurut dr. Devia Irine Putri, kandungan pasta gigi secara garis besar adalah agen abrasif, seperti kalsium karbonat, dikalsium fosfat dihidrat, dan magnesium trisilikat. Di dalam pasta gigi juga terdapat perasa, detergen, fluoride, dan air.

“Semua kandungan yang ada di dalam pasta gigi berfungsi untuk membersihkan noda dan kotoran yang ada di gigi,” kata dr. Devia.

Lebih spesifik, fluoride di dalam pasta gigi telah terbukti bermanfaat untuk mempertahankan mineral dari enamel gigi, mencegah terjadinya gigi berlubang dan pertumbuhan bakteri berbahaya, serta membuat napas lebih segar.

Lantas, benarkah senyawa yang ada di dalam pasta gigi bisa membantu mengencangkan payudara? Menjawab pertanyaan itu, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti mengatakan bahwa pasta gigi tidak terbukti dapat memberikan manfaat demikian.

“Payudara terasa kencang setelah dioles pasta gigi kemungkinan karena adanya kandungan yang membuat kulit menjadi kering dan terasa seperti tertarik. Hal ini membuat secara subjektif payudara terasa kencang,” ungkap dr. Astrid.

Senada dengan itu, dr. Devia juga mengatakan hal yang serupa. Berdasarkan penuturannya, pasta gigi tidak terbukti dapat membantu mengencangkan payudara.

“Sebenarnya kalau pasta gigi dioles dan mengering, mungkin itu akan memberikan rasa kencang sesaat di kulit. Kalau sudah dicuci bersih, akan kembali lagi kulitnya,” sambung dr. Devia.

Artikel Lainnya: Efek Samping dari Meremas Payudara

1 dari 3

Bahaya Mengoleskan Pasta Gigi ke Kulit Payudara

Pasta Gigi
loading

Kabar mengenai cara perbesar payudara menggunakan pasta gigi ternyata hanya mitos belaka.

Malahan, mengoleskan pasta gigi dan bahan-bahan lainnya ke kulit payudara berisiko meningkatkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu efek samping merugikan yang bisa terjadi akibat mengoleskan pasta gigi ke kulit payudara adalah reaksi alergi dengan gejala utama ruam kemerahan.

Tidak hanya sebatas itu, drg. Callista Argentina bahkan mengungkapkan bahwa detergen dan SLS atau senyawa penghasil busa pada pasta gigi juga bisa menyebabkan iritasi yang hebat jika dipaparkan ke kulit payudara.

“Kedua senyawa tersebut dapat dengan muda diserap ke dalam tubuh. Setelah terserap, endapan zat ini akan terdapat di otak, jantung, paru, dan hati. Dalam jangka panjang, endapan tersebut bisa menyebabkan masalah kesehatan,” ujar drg. Callista.

“Pasta gigi juga umumnya mengandung Propylene glycol untuk bahan pengawet. Zat ini dapat menyebabkan kemerahan pada kulit dan dermatitis kontak. Studi terakhir menunjukkan bahwa zat tersebut bisa merusak ginjal dan hati,” lengkapnya.

Artikel Lainnya: Payudara Membesar karena Sering Berhubungan Seks, Benar atau Tidak?

2 dari 3

Tips Mengencangkan Payudara yang Tepat Secara Medis

Tips Mengencangkan Payudara yang Tepat Secara Medis
loading

Bukan kencang dan indah, cara mengencangkan payudara dengan pasta gigi malah bisa memberikan efek samping yang sangat merugikan kesehatan.

Lantas, adakah cara untuk mengencangkan payudara yang terbukti efektif dan aman secara medis? Ada! Berikut ini beberapa cara mengencangkan payudara menurut dr. Devia.

  • Olahraga secara rutin dan teratur. Beberapa olahraga yang dapat dijadikan pilihan, misalnya push up dan angkat beban.
  • Kontrol berat badan agar tetap berada di rentang ideal.
  • Gunakan bra yang sesuai agar bisa menopang payudara, sehingga bentuknya akan terjaga dengan optimal. Jangan lupa juga untuk gunakan bra khusus saat olahraga, ya!
  • Gunakan masker atau krim khusus untuk kulit payudara. Ini hanya bertujuan untuk mencegah kekenduran pada kulit payudara, bukan untuk memadatkannya.

“Penggunaan silikon pada payudara juga bisa menjadi pilihan. Tapi, tindakan ini ada risikonya. Misalnya, silikon bocor, infeksi setelah operasi, dan lainnya,” pungkas dr. Devia.

Baca Juga

Kabar mengenai pasta gigi untuk mengencangkan payudara ternyata hanya mitos menyesatkan. Jangan lagi diikuti, agar Anda tidak malah mengalami hal-hal yang merugikan kesehatan.

Yuk, lebih bijak lagi dalam menyikapi segala informasi yang diterima dari mana saja. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai mitos mengenai pasta gigi untuk mengencangkan payudara atau hal-hal menyakut kesehatan lainnya, tak perlu sungkan untuk bertanya pada dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(AYU/ARM)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Memakai Bra Berkawat, Baik atau Buruk?

Info Sehat
04 Agt

Tips Mengecilkan Payudara secara Alami

Info Sehat
20 Jul

Tato pada Payudara, Amankah untuk Kesehatan?

Info Sehat
20 Jul

Pakai Bra yang Sama Lebih dari Sehari, Amankah untuk Kesehatan?

Info Sehat
11 Jul

Buah Alpukat Bisa Memperbesar Payudara, Mitos atau Fakta?

Info Sehat
07 Jul

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk