Ini Bahayanya Jika Tidak Pakai Bra Saat Olahraga
searchtext customer service

Bolehkah Olahraga Tidak Pakai Bra? Ini Penjelasan Dokter

Berhubung di rumah saja dan rasanya nyaman, beberapa wanita malas pakai bra saat olahraga. Apakah boleh saat olahraga tidak pakai bra sama sekali?
Bolehkah Olahraga Tidak Pakai Bra? Ini Penjelasan Dokter

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian wanita, aturan work from home memberikan keuntungan tersendiri, salah satunya tidak harus pakai bra selama bekerja di rumah. Tak jarang, saking nyaman dan lega, beberapa wanita juga melakukan olahraga dengan tidak pakai bra.

Karena tidak kemana-mana, tidak ada yang melihat, atau pun karena gerak latihannya yang dilakukan tidak terlalu berat, sebagian orang enggan mengenakan bra saat olahraga. Adakah bahayanya bagi kesehatan, khususnya bagi bagian payudara?

Bolehkah Tidak Pakai Bra saat Olahraga ?

Menanggapi ini, dr. Devia Irine Putri menyarankan agar sebaiknya pakai bra saat berolahraga. Ini karena tidak pakai bra akan membuat payudara kendur, sakit, dan rasanya tidak nyaman.

“Sebaiknya jangan tidak pakai bra. Karena saat olahraga bra berguna untuk membantu menopang payudara. Kalau berolahraga tanpa bra, jaringan-jaringan di payudara akan mengendur,” jelasnya.

“Tak hanya jaringan payudara yang kendur, tapi ligamen dan otot-otot di sekitarnya dapat melemah juga karena membantu menopang payudara yang bergerak bebas saat berolahraga. Misalnya, jogging kecil pun, kan, gerak terus, jadi bisa melemahkan jaringan-jaringan payudaranya,” katanya menambahi.

Perlu diketahui, setiap gerak aktivitas fisik seperti olahraga akan membuat payudara memantul naik dan turun atau berputar. Gerakan yang terjadi terus-menerus serta berulang dapat menyebabkan payudara terasa sakit dan kendur.

Nah, sports bra ini fungsinya untuk mengurangi gerakan payudara tersebut. Pasalnya, payudara tidak memiliki otot atau tulang yang menopang sekitarnya.

Artikel Lainnya: Benarkah Sports Bra Lebih Baik Ketimbang Bra Lain?

Jika tidak ada penopang tambahan, kulit dan ligamen cooper (ligamen pada bentuk dan ukuran payudara) dapat rusak dan kendur karena gerakan olahraga.

Setelah ligamen cooper meregang atau ligamen tersebut tidak memantul kembali, payudara bentuknya berisiko terlihat turun ke bawah (sagging).

1 dari 3

Lalu, Bolehkah Olahraga Pakai Bra Biasa?

Ilustrasi Olahraga Pakai Bra Biasa
loading

Selain tidak pakai bra, ada beberapa wanita yang tidak berolahraga tanpa pakai sports bra.

Dengan alasan tidak punya atau karena ukuran payudaranya kecil dan menganggap tidak pakai sports bra akan baik-baik saja, beberapa wanita nekat olahraga menggunakan bra bisa.

Lantas, apa boleh kalau olahraga pakai bra biasa, bukan pakai sports bra?

“Kalau pakai bra biasa itu tidak mendukung tubuh secara maksimal, terutama di bagian punggungnya. Jadi, tetap lebih baik baik sport bra. Kalau pakai bra biasa, berisiko nyeri di punggung, dan kalau pakai bra kawat pun rasanya pasti tidak nyaman saat berolahraga,” tegas dr. Devia.

Artikel Lainnya: Mana yang Lebih Baik untuk Olahraga, Pakaian Ketat atau Longgar?

2 dari 3

Tips Memilih Sport Bra

Seorang Wanita Memilih Sport Bra
loading

Sudah tahu, kan, pentingnya pakai sports bra saat berolahraga? Pakai sports bra juga tidak bisa asal digunakan saja. Anda harus menemukan ukuran yang pas sesuai kondisi payudara.

Apabila ukurannya tidak pas, sama halnya bra yang Anda pakai tidak mendukung gerakan atau menahan otot payudara saat olahraga. Berikut adalah kiat untuk mendapatkan sports bra yang tepat:

  • Perhatikan Bagian Talinya

Untuk menemukan ukuran yang tepat, pegang salah satu bagian atas tali, lalu tarik perlahan. Pastikan tidak terlalu melar ke atas dan payudara Anda tidak bergerak atau bergeser ketika talinya ditarik.

  • Perhatikan Bagian Cup-nya

Pastikan payudara mengisi bagian cup dengan cukup. Artinya, jika cup bra disentuh, tidak ada bagian kopong dan bagian dada atas tidak ada yang timbul keluar.

Bila masih kopong dan ada bagian dada tumpah keluar, pilih ukuran lain di mana cup bisa menutupi seluruh bagian payudara.

  • Perhatikan karet atau band bra bagian bawah: Masukkan jari ke bagian bawah bra. Idealnya, band atau karet sports bra bawah tidak melar lebih dari satu inci.

Selain itu, coba angkat tangan ke atas seperti gerakan pull up. Jika band atau karet bawah naik ke atas payudara, tandanya sports bra Anda kekecilan.

Baca Juga

Umumnya sports bra bisa digunakan setelah 30 sampai 40 kali dicuci. Namun biasanya, kain bra akan semakin kendur dan jadi kurang efektif fungsinya. Usahkan ganti sports bra baru apabila kain sudah meregang.

Untuk tahu informasi tentang pakai bra, konsultasi langsung dengan dokter lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter, ya!

(AYU/ARM)

ARTIKEL TERKAIT

Kelebihan dan Kekurangan Punya Payudara Kecil

Info Sehat
23 Agt

Memakai Bra Berkawat, Baik atau Buruk?

Info Sehat
04 Agt

Tato pada Payudara, Amankah untuk Kesehatan?

Info Sehat
20 Jul

Pakai Bra yang Sama Lebih dari Sehari, Amankah untuk Kesehatan?

Info Sehat
11 Jul

Buah Alpukat Bisa Memperbesar Payudara, Mitos atau Fakta?

Info Sehat
07 Jul

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat