8 Ciri-Ciri Pacar Tidak Serius untuk Berkomitmen dengan Kamu
searchtext customer service

Ini Tanda Pasangan Tidak Mau Menjalin Komitmen dengan Anda

Mau tahu ciri pasangan tidak serius membangun komitmen dengan kamu? Simak ulasan berikut, kita bahas satu per satu.
Ini Tanda Pasangan Tidak Mau Menjalin Komitmen dengan Anda

Klikdokter.com, Jakarta Dalam hubungan asmara, menjaga komitmen sangatlah penting agar goals kamu dan pasangan tercapai. Sayangnya, tidak semua orang mampu memegang teguh komitmen yang telah dibuat bersama, meski sudah pacaran atau menjalin hubungan resmi. 

Hal ini tentu bisa bikin kamu bingung untuk memilih tetap bersama atau pergi dan cari orang baru yang mau berkomitmen.

Menurut Good Therapy, komitmen adalah kesepakatan yang sifatnya mengikat individu di dalam sebuah hubungan ataupun tindakan tertentu. Contoh komitmen, misalnya keputusan untuk saling mencintai dan tidak berselingkuh.

Nah, jika pasangan tidak bisa berkomitmen, ada beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan. Di bawah ini ciri-ciri pacar tidak serius yang perlu kamu tahu.

1 dari 9

1. Bersikap Tidak Jelas

Bersikap Tidak Jelas
loading

Menunjukkan sikap ragu atau tidak jelas adalah tanda bahwa pasangan tidak berkomitmen menjalani hubungan dengan kamu.

Biasanya, ada sinyal yang bisa ditangkap. Misalnya, hari ini si dia menghujani kamu dengan perhatian dan kasih sayang. Namun, keesokan harinya dia justru memperlakukan kamu bagai orang asing.

Pasangan yang punya komitmen dan mencintai kamu dengan tulus, akan memperlakukan kamu dengan baik. Sebaliknya, ketika dia bersikap ketus, ia akan menerangkan alasan di balik sikapnya.

Artikel Lainnya: Lebih Mendahulukan Teman Ketimbang Pasangan, Apa Sebabnya?

2 dari 9

2. Tidak Memperkenalkan Kamu ke Kerabat

loading

Ketika sebuah hubungan dibawa ke arah yang lebih jauh, biasanya pasangan akan memperkenalkan kamu dengan keluarga atau teman-temannya. 

Saling kenal dengan keluarga bisa menandakan bahwa kamu adalah orang yang diizinkan masuk lebih dalam ke kehidupannya.

Lalu, bagaimana jika pasangan tidak pernah memperkenalkan kamu dengan keluarganya? Bisa jadi, si dia tidak ingin punya ikatan lebih dalam dengan kamu. 

Daripada dikira memberi harapan terlalu jauh, ia berpikir lebih baik tidak pernah memperkenalkan kamu dengan keluarganya sama sekali.

3 dari 9

3. Masih Mencari Sana-Sini

loading

Apakah pasangan kamu masih suka lirik sana-sini? Ini bisa jadi ciri pasangan tidak serius berkomitmen dengan kamu.

Ketika dia menjalin asmara dengan kamu, bisa jadi alasannya hanya karena tertarik pada fisik, harta, ataupun hal lain yang tidak didasari oleh cinta dan keinginan menjalin hidup bersama di masa depan. Karena itu, orang seperti ini berpotensi untuk selingkuh.

4 dari 9

4. Malas Ngomongin Masa Depan

Malas Ngomongin Masa Depan
loading

Si dia selalu mengelak saat membicarakan rencana masa depan? Hati-hati, bisa jadi pasangan kamu memang enggan berkomitmen.

Umumnya, mereka yang tidak mau komitmen akan mengelak dengan alasan “Nanti kita bahas lagi ya” atau “Kita jalanin dulu aja ya” secara terus-menerus.

Jika demikian, kamu harus berani mengambil keputusan. Memangnya, kamu mau sampai kapan terus-menerus menjalani hubungan yang tidak pasti?

Artikel Lainnya: Punya Pasangan Tapi Merasa Kesepian, Mungkin Ini Alasannya

5 dari 9

5. Tidak Mau Mengalah

loading

Sering ribut dengan pasangan mengenai hal kecil hingga besar? Bisa jadi ini tanda pasangan kamu belum siap berkomitmen.

Jika pasangan kamu punya keinginan kuat untuk mempertahankan hubungan, masalah sepele tidak akan menjadi persoalan. Daripada memperbesar masalah, pasangan yang punya komitmen memilih membicarakan hal yang mengganggunya secara baik-baik.

Dia akan berusaha mengalah, menahan emosi dan keegoisannya ketika ada masalah dengan kamu.

6 dari 9

6. Berselingkuh

loading

Berikutnya, ciri-ciri pacar tidak serius berkomitmen dengan kamu adalah ketika dia ketahuan selingkuh baik secara fisik maupun melalui percakapan, seperti chat.

Bagaimanapun, menjaga kesetiaan dengan satu orang merupakan bentuk komitmen dalam sebuah hubungan.

7 dari 9

7. Suka Berbohong

Suka Berbohong
loading

Pasangan suka berbohong bisa menandakan bahwa dia sulit berkomitmen. Kebohongan kecil ataupun besar yang dibuat menunjukkan bahwa dia tidak menghargai kamu sebagai pasangannya.

Orang yang suka berbohong cenderung meremehkan nilai sebuah hubungan. Artinya, dia tidak siap untuk berkomitmen serius dengan kamu.

Artikel Lainnya: Punya Pacar 2 Dimensi, Apakah Termasuk Gangguan Mental?

8 dari 9

8. Tidak Mau Berubah dan Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

loading

Kamu dan pasangan pasti sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan. Salah satu bentuk komitmen adalah ketika kamu dan pasangan mau menerima kekurangan masing-masing serta berusaha bersama berubah ke arah yang lebih baik.

Tujuannya, agar hubungan berjalan lebih baik ke depannya. Nah, jika pasangan tidak mau menerima kekurangan kamu dan punya kecenderungan enggan berubah ke arah yang lebih baik, hal ini bisa jadi tanda dia tidak siap berkomitmen.

Baca Juga

Apakah pasangan kamu memiliki ciri-ciri pacar tidak serius di atas? Jika ya, kini waktunya menegaskan kejelasan hubungan kamu dan pasangan. 

Bagaimanapun, kamu bisa memutuskan yang terbaik untuk diri sendiri, bukan? Ingat, perpisahan bukan hal yang buruk, agar kamu tidak buang waktu lebih lama dengan orang yang salah. 

Apabila sikap sulit berkomitmen pasangan disebabkan adanya trauma atau ketakutan di masa lalu, kamu bisa menawarkan dia untuk konsultasi ke psikolog. 

Nantinya, psikolog bisa mencarikan solusi atau terapi untuk mengatasi ketakutan tersebut. 

Kamu juga bisa ajukan pertanyaan ke psikolog kami secara online melalui fitur konsultasi psikologi di KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi seputar kesehatan mental lainnya.

(ADT/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Cara Menghadapi Orangtua yang Memaksa Anaknya Menikah

Info Sehat
14 Jun

Serba-Serbi Konseling Pernikahan yang Perlu Kamu Tahu

Info Sehat
13 Jun

Ini Hal-Hal Perusak Hubungan Seks

Info Sehat
09 Jun

Punya Pacar 2 Dimensi, Apakah Termasuk Gangguan Mental?

Info Sehat
06 Jun

Manfaat Menikah dengan Sahabat Sendiri

Info Sehat
24 Mei

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat