5 Minuman yang Bantu Atasi Gejala Anemia
search

Coba Konsumsi Minuman Ini Untuk Atasi Anemia!

Wajah pucat, lemah, dan gampang pusing bisa jadi gejala anemia. Untuk mengatasinya, coba konsumsi lima minuman segar berikut ini.
Coba Konsumsi Minuman Ini Untuk Atasi Anemia!

Klikdokter.com, Jakarta Saat anemia, umumnya Anda dianjurkan makan makanan tertentu agar suplai darah dalam tubuh bertambah. Namun, tidak hanya dari makanan saja, ada juga minuman yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi anemia!

Tenang, bukan minuman herbal atau jamu-jamuan yang rasanya pahit! Berikut daftar minuman menyegarkan yang bisa membantu tubuh memproduksi darah lebih banyak untuk mengatasi anemia. 

1 dari 3

Sekilas Tentang Anemia

Ilustrasi Anemia pada Wanita
loading

Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah (bukan darah rendah, ya). Ketika tidak memproduksi sel darah merah secara cukup, nantinya tubuh akan menimbulkan beberapa gejala. 

Umumnya, badan jadi lemas, wajah pucat, dan kepala terasa pusing. Anemia pada dasarnya disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya, kekurangan darah akibat cedera seperti kecelakaan, atau karena adanya perdarahan dari dalam tubuh.

Anemia juga bisa terjadi ketika produksi sel darah merah dalam tubuh tidak mencukupi. Di mana ini biasanya disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi, vitamin B12, atau asam folat. 

Maka dari itu, ketika mengalami anemia, dokter sering menganjurkan Anda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Tujuannya, agar tubuh bisa mengolah dan memproduksi sel darah lebih banyak. 

Kendati demikian, dr. Devia Irine Putri mengatakan tak semua kondisi anemia bisa diatasi dengan makanan atau minuman tertentu. 

“Tapi, kalau memang kadar HB-nya (hemoglobin) rendah sekali, orang anemia tetap harus konsumsi tablet zat besi atau transfusi darah, ya, ” jelas dr. Devia.

Artikel Lainnya: 6 Makanan Pencegah Anemia

2 dari 3

5 Minuman untuk Membantu Mengatasi Anemia

loading

Berikut adalah beberapa minuman yang bisa Anda coba untuk membantu mengatasi anemia di rumah.

1. Minum Jus Jeruk

Jus Jeruk
loading

Menurut studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition tahun 2004, jus jeruk dapat menjadi minuman untuk membantu mengatasi anemia akibat kekurangan zat besi. 

Mengonsumsi 63 miligram asam askorbat atau vitamin C pada jus jeruk, dipercaya dapat meningkatkan penyerapan zat besi sebanyak tiga kali lipat. 

Soal ini, begini tanggapan dr. Devia, “Iya, jadi vitamin C ini memang membantu proses penyerapan zat besi di tubuh. Zat besi nantinya jadi bahan baku hemoglobin, yaitu komponen sel darah merah yang bertugas untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.”

Konsumsi jus jeruk harus dibarengi dengan makan makanan yang mengandung zat besi seperti kacang-kacangan, sereal, atau sayuran berdaun hijau, ya

Nantinya, kandungan vitamin C dalam jeruk membantu tubuh menyerap zat besi lebih banyak dari makanan lainnya. 

Setiap satu cangkir jus jeruk segar tanpa gula mengandung 124 miligram vitamin C yang bisa memenuhi 100 persen kebutuhan harian orang dewasa. 

Jus jeruk juga merupakan minuman yang bisa dikonsumsi ketika mengalami anemia karena kekurangan folat. Setiap cangkir jus jeruk memiliki 74 mikrogram asam folat. Jumlah ini mencukup 19 persen dari kebutuhan asam folat harian orang dewasa.

Artikel Lainnya: Seberapa Efektifkah Suplemen Zat Besi untuk Anemia?

2. Minum Jus Wortel

Jus Wortel
loading

Menurut Linus Pauling Institute, Amerika Serikat jarang mengonsumsi makanan mengandung vitamin A dapat memperburuk anemia defisiensi zat besi. 

Ini karena vitamin A membantu mengolah zat besi yang disimpan dalam tubuh untuk menjadi sel darah merah. 

Lantas, kenapa tak coba bisa minum jus wortel untuk mengatasi anemia? Ya, Sayuran berwarna oranye ini terkenal mengandung vitamin A tinggi karena kandungan karotenoidnya. 

Minum satu cangkir jus wortel setiap hari mengandung 45.133 IU vitamin A yang baik untuk tubuh. 

3. Jus Prune (Plum Kering)

Jus Prune
loading

Jus prune atau kismis (yang terbuat dari plum) memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Minum jus ini secara teratur dapat membantu Anda mengatasi gejala anemia dengan meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh. 

Setiap satu cangkir porsi jus prune mengandung lebih dari 3 miligram zat besi. Untuk pria dewasa, jumlah ini akan memasok sekitar 38 persen kebutuhan harian zat besi. 

Sedangkan untuk wanita, minum secangkir jus prune dapat memenuhi 17 persen kebutuhan zat besi harian. 

Artikel Lainnya: Sering Minum Teh Bisa Sebabkan Anemia?

4. Smoothie Tofu

Smoothie Tofu dengan stroberi
loading

Tidak hanya sebagai bahan utama dari tumisan lezat atau menu sapo tahu yang terkenal, tofu juga dapat dihaluskan dan dikonsumsi sebagai minuman untuk mengatasi anemia. Pasalnya, dalam takaran ⅓ gelas tofu saja sudah mengandung 2 miligram zat besi!

Tofu bisa jadi salah satu alternatif, kok, boleh dikukus dulu sebelum di-blend, kalau mentah biasanya rasanya nggak enak juga, kan. Tofu boleh dimasak dengan sayuran atau bahan lain, bahkan dicampur jadi smoothies,” kata dr. Devia.

Agar lebih segar, campur tofu atau tahu sutra dengan buah beku seperti blueberry dan stroberi. Tambahkan pemanis seperti madu supaya rasanya semakin lezat. 

5. Minum Susu

Susu
loading

Penderita anemia yang mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin B12 dapat memperoleh nutrisi yang dibutuhkan tubuh melalui susu. 

Setiap satu cangkir sajian susu rendah lemah, mengandung satu mikrogram vitamin B12 atau hampir memenuhi setengah porsi angka kecukupan gizi harian orang dewasa. 

Baca Juga

Untuk para vegan, vegetarian, dan penderita intoleransi laktosa, bisa minum susu dari sumber nabati untuk bantu mengatasi anemia. Ini karena secangkir susu kedelai saja kira-kira juga sudah bisa mencukupi 50 persen vitamin B harian. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai minuman atau makanan lainnya untuk mengatasi anemia, simak terus artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter. Sedangkan untuk berkonsultasi dengan dokter, ajukan pertanyaan secara online lewat fitur LiveChat!

(AYU/ARM)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Peter Fernando

Dokter Umum
wallet
Rp. 35.000
avatar

dr. Wendri Wildiartoni Pattiawira

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000
avatar

dr. Jessica Wirjosoenjoto

Dokter Umum
wallet
Rp. 10.000

ARTIKEL TERKAIT

Waspada, Inilah Penyebab dan Gejala Anemia pada Bayi

Info Sehat
28 Agt

Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Anemia

Info Sehat
24 Jul

Punya Masalah Anemia, Coba Perbanyak Makan Buah Mulberry atau Murbei!

Info Sehat
09 Jul

Risiko Anemia Akibat Cara Diet yang Salah

Info Sehat
08 Jun

Mengungkap Fakta Medis seputar Penyakit Thalasemia

Info Sehat
03 Jun

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat