Hindari Yuk, Ini Alasan Jerawat Muncul di Bibir!

Jerawat di bibir bisa bikin kesal! Selain ganggu penampilan, Anda akan kesulitan makan dan berbicara karenanya. Apa penyebab jerawat bibir ini?
Hindari Yuk, Ini Alasan Jerawat Muncul di Bibir!

Klikdokter.com, Jakarta Berjerawat di area pipi, kening, atau dagu sudah biasa. Tapi bagaimana jika muncul jerawat di bibir?

Selain mengganggu penampilan, masalah kulit yang satu ini bisa menimbulkan radang yang menyakitkan di bibir Anda. Kira-kira mengapa jerawat bisa muncul di area tersebut, ya?

 

1 dari 3

Muncul Jerawat di Bibir 

Muncul Jerawat di Bibir 
loading

Jerawat di bibir masih masuk dalam kategori normal. Hal ini karena sebenarnya jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana pun. 

Meskipun begitu, sama dengan jerawat lainnya, jerawat di bibir memang mengganggu penampilan dan buat diri jadi tidak nyaman.

Terlebih lagi jika Anda sedang makan, minum, atau berbicara. Sering kali, jerawat bibir menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Lantas, apa yang menyebabkan jerawat muncul pada bibir? 

Menjawab hal tersebut, dr. Arina Heidyana mengatakan, secara garis besar, jerawat disebabkan oleh produksi minyak berlebih, serta penumpukan sel-sel kulit mati dalam pori-pori kulit. Kotoran dan minyak inilah yang menyebabkan munculnya jerawat pada bibir. 

“Sama seperti area wajah lainnya, bagian bibir juga harus sering-sering dibersihkan. Misalnya, Anda baru selesai makan makanan yang berminyak, jangan lupa untuk membasuhnya dengan air bersih lalu keringkan,” ujar dr. Arina. 

Selain adanya produksi minyak berlebih dan penumpukan kotoran, penyebab jerawat bibir lainnya adalah:

  • Pemakaian Kosmetik yang Salah 

Jika Anda memiliki kulit sensitif, sembarang memakai produk makeup bisa membahayakan kesehatan kulit wajah, termasuk area bibir.

Anda harus cermat dalam memilih kosmetik bibir agar risiko bibir kering, bibir pecah-pecah, dan bibir berjerawat bisa dihindari. 

  • Terlalu Sering Menggunakan Lip Balm

Penggunaan lip balm memang wajib dilakukan. Jika Anda terlalu sering mengoleskan lip balm (beberapa menit sekali atau setengah jam sekali), risiko pori-pori bibir tersumbat akan meningkat. 

Amannya, Anda bisa menggunakan lip balm sekali dalam beberapa jam, atau di pagi hari sebelum beraktivitas, atau di malam hari sebelum pergi tidur. 

  • Kebiasaan Merokok

Tidak hanya merusak paru-paru, kebiasaan merokok juga bisa merusak kesehatan bibir Anda. Nikotin yang menempel pada bibir bisa buat bibir bagian luar jadi kering, menghitam, dan berjerawat.

Kondisi ini juga bisa diperburuk jika Anda jarang membersihkan area wajah, dan jarang mengonsumsi makanan yang sehat.

  • Adanya Perubahan Hormon

Penyebab jerawat bibir lainnya adalah adanya perubahan hormon pada tubuh Anda. Meningkatnya hormon androgen bisa membawa perubahan-perubahan pada tubuh Anda.

Biasanya, peningkatan hormon ini akan terjadi ketika Anda masuk dalam masa pubertas, menstruasi, hamil, dan menopause.

Artikel Lainnya: Lakukan 6 Langkah Ini agar Selalu Bebas dari Jerawat

2 dari 3

Cara Mengatasi Bibir Berjerawat 

Rajin Cuci Muka dan Bersihkan Area Bibir untuk Mengatasi Bibir Berjerawat 
loading

Meski bukan jadi satu hal yang membahayakan, bibir berjerawat memang menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya.

Agar tak berlama-lama merasakan sakit, berikut cara mengatasi jerawat di bibir: 

  • Rajin Cuci Muka dan Bersihkan Area Bibir

Tidak hanya dengan menggunakan sabun, Anda diminta untuk membersihkan  area bibir terlebih dahulu dengan micellar water atau produk pembersih makeup. Gunanya, untuk mengangkat semua sisa makeup yang masih menempel di bibir.

Setelah membersihkan area bibir dengan micellar water, Anda bisa menggunakan sabun cuci muka untuk membersihkan area bibir. Lakukan kebiasaan ini secara rutin, setiap kali Anda pulang dari beraktivitas. 

  • Lakukan Scrub Bibir 

Untuk mengembalikan tingkat kesehatan bibir, Anda bisa coba gunakan scrub bibir yang dijual di toko-toko produk kecantikan.

Selain mencerahkan warna kulit bibir, menggunakan scrub pada bibir juga bisa mengangkat sel mati dan kotoran yang ada pada bagian dalam bibir.

Artikel Lainnya: Sudah Bukan Remaja tapi Jerawat Masih Muncul, Ini 6 Penyebabnya

  • Gunakan Obat Oles 

Anda juga bisa menggunakan obat jerawat pada bagian bibir. Salah satunya obat jerawat yang mengandung asam salisilat untuk meredakan peradangan maupun mengempiskan bengkak jerawat di bibir.

  • Gunakan Tea Tree Oil

Salah satu bahan alami yang dipercaya mampu meredakan radang jerawat adalah tea tree oil.

Dokter Arina mengatakan, “Tea tree oil mengandung antiradang sehingga bisa mengatasi dan mencegah jerawat muncul pada bibir. Anda bisa mencari produk pelembap, atau serum yang memang mengandung tea tree oil di dalamnya.”

  • Kompres dengan Air Dingin atau Es Batu 

Kompres jerawat dengan menggunakan air dingin dipercaya mampu meredakan pembengkakan dan kemerahan pada jerawat.

“Selain itu, kompres dengan air dingin atau es batu juga bisa menghilangkan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh jerawat,” ujar dr. Arina. 

Anda bisa lakukan metode ini di malam hari selama 5 - 10 menit sebelum pergi tidur. 

Baca Juga

Usai melakukan tips di atas tapi jerawat tak juga sembuh dalam beberapa minggu, coba konsultasikan pada dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Dapatkan tips menarik lainnya seputar kesehatan kulit hanya di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Solusi Atasi Jerawat Berdasarkan Letaknya di Wajah Anda!

Info Sehat
11 Sep

Mengatasi Jerawat dengan Aseton, Aman atau Tidak?

Info Sehat
25 Agt

Jerawat Tak Hilang, Hati-hati Kondisi Hiperandrogen!

Info Sehat
07 Agt

Hati-hati Maskne, Jerawatan karena Pakai Masker

Info Sehat
04 Agt

Jerawat Bisa Picu Depresi, Ini Faktanya

Info Sehat
21 Jul

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk