Apa Beda Dokter Gigi dengan Dokter Bedah Mulut?
searchtext customer service

Jangan Salah, Ini Beda Dokter Gigi dan Dokter Bedah Mulut

Dokter gigi dan bedah mulut sama-sama menangani masalah mulut dan gigi. Tapi, mari ketahui perbedaan yang dilakukan keduanya berikut ini.
Jangan Salah, Ini Beda Dokter Gigi dan Dokter Bedah Mulut

Klikdokter.com, Jakarta Seringkali kita dibuat bingung dengan spesialisasi dalam profesi kedokteran gigi. Ada dokter gigi umum dan ada pula dokter gigi spesialis. 

Perlu kita ketahui, profesi dokter gigi memiliki banyak spesialisasi, misalnya bedah mulut, kedokteran gigi anak, gigi tiruan, meratakan gigi, penyakit mulut, konservasi gigi dan jaringan penyangga gigi. 

Masing-masing dokter gigi spesialis pun hanya mengerjakan kasus gigi dan mulut sesuai dengan spesialisasinya saja. Oleh karena itu, butuh rujukan dari dokter gigi untuk menentukan dokter gigi spesialis mana yang cocok dengan kasus gigi tersebut.

Yuk, simak penjelasan tentang perbedaan dokter gigi dan bedah mulut lewat ulasan berikut ini. 

Artikel Lainnya: Ini Tanda Anda Harus Segera Ke Dokter Gigi

Apa Itu Dokter Gigi?

Apa Itu Dokter Gigi?

Untuk mendapatkan gelar dokter gigi, awalnya calon dokter harus menempuh pendidikan sarjana atau strata 1 (S1) dalam jurusan Fakultas Kedokteran Gigi. Sama seperti perkuliahan S1 lainnya, masa belajar umumnya ditempuh dalam waktu minimal 3,5 sampai 4 tahun. 

Setelah lulus strata 1, baru seseorang akan mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran Gigi (SKG). Agar bisa meraih gelar drg., seorang sarjana ke dokter gigi harus melanjutkan program profesi atau koas dengan memenuhi sejumlah persyaratan. Umumnya bisa ditempuh dalam 1,5 sampai 2 tahun.

Setelah itu, dokter gigi akan mengikuti ujian untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) dari Konsil Kedokteran Indonesia. Jika sudah mendapat STR, barulah dokter gigi bisa membuat Surat Izin Praktik (SIP) untuk membuka praktik pribadi atau bekerja di klinik swasta, rumah sakit, dan puskesmas.

Artikel Lainnya: Mengenal Dokter Spesialis Konservasi Gigi atau Endodontist

Dokter gigi atau dokter gigi umum bisa dikatakan mirip dengan dokter umum, yaitu mengobati kasus ringan dalam kesehatan gigi secara keseluruhan, meliputi tindakan menambal gigi berlubang, mencabut gigi, atau melakukan pembersihan gigi seperti scaling

Tugas lainnya juga termasuk menangani konsultasi kesehatan gigi, pencegahan penyakit gigi, dan perawatan pasca tindakan gigi. Jika kasus pasien tergolong kasus berat dan membutuhkan tindakan bedah, maka pasien akan  dirujuk untuk konsultasi dan ditangani oleh dokter gigi spesialis.

Apa Itu Dokter Bedah Mulut?

Apa Itu Dokter Bedah Mulut?

Dokter gigi spesialis bedah mulut atau dokter bedah mulut adalah salah satu tingkatan spesialis dari dokter gigi umum di bidang pembedahan dalam rongga mulut. Untuk menjadi dokter bedah mulut, dokter gigi umum harus menjalani pendidikan spesialis 5-10 semester.

Dokter bedah mulut umumnya juga belajar mengenai ilmu pembedahan atau operasi secara umum. Keahlian dokter bedah mulut ini lebih spesifik di bidang pembedahan dibanding dokter gigi umum. 

Artikel Lainnya: Perawatan Mulut yang Bisa Ditangani oleh Dokter Gigi Umum

Tindakan yang dilakukan dokter bedah mulut lebih ke penanganan kasus gigi yang memerlukan tindakan pembedahan. Misalnya, perbaikan kasus fraktur/ rahang patah akibat kecelakaan. 

Lalu, tindakan lainnya seperti pengangkatan tumor gigi, abses besar, operasi pencabutan gigi geraham bungsu, dan operasi celah pada langit-langit juga diatasi oleh dokter bedah mulut. 

Rekonstruksi wajah dan rahang juga dilakukan oleh dokter spesialis bedah mulut. Namun, jika Anda hanya mau melakukan tindakan pencabutan gigi biasa selain gigi geraham bungsu, tetap bisa dilakukan oleh dokter bedah mulut. 

Umumnya, dokter bedah mulut bisa melakukan pencabutan gigi biasa dengan durasi yang lebih cepat, sehingga dapat mengurangi rasa trauma dalam cabut gigi. Namun, tarif tindakannya tentu sesuai dengan kompetensinya yang di atas dari dokter gigi umum.

Apa Harus ke Dokter Gigi Dulu Baru Bisa ke Dokter Bedah Mulut?

Apa Harus ke Dokter Gigi Dulu Baru Bisa ke Dokter Bedah Mulut?

Beberapa orang mungkin bingung, untuk bisa konsultasi atau ditangani dokter bedah mulut, apa harus dapat rujukan dari dokter gigi umum dulu?

Sebenarnya, Anda tidak selalu harus ke dokter gigi terlebih dulu untuk bisa berkonsultasi ke dokter bedah mulut. Anda bisa langsung periksa ke dokter bedah mulut apabila sudah yakin kasus gigi Anda termasuk kasus yang bisa ditangani oleh dokter spesialis bedah mulut. 

Namun, untuk awal pemeriksaan, tetap disarankan untuk memeriksakan masalah gigi Anda ke dokter gigi umum terlebih dahulu. Nantinya, dokter gigi akan menganalisis kondisi Anda untuk menentukan apakah Anda memerlukan pemeriksaan penunjang seperti rontgen dan bagian spesialis mana yang tepat untuk menangani masalah gigi Anda. 

Setelah itu, dokter gigi umum akan memberi surat rujukan untuk tindakan ke dokter bedah mulut atau spesialis lainnya sesuai kondisi masing-masing.

Baca Juga

Dengan mengetahui perbedaan dokter gigi dan bedah mulut maka kita tidak bingung lagi dalam menentukan dokter gigi mana yang cocok dengan masalah gigi Anda. 

Anda juga bisa menggunakan fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi masalah gigi dan mulut. 

(PUT/NM)

ARTIKEL TERKAIT

Gejala dan Penyebab Sindrom Mulut Terbakar

Info Sehat
28 Apr

Ada Benjolan di Gusi, Kapan Perlu ke Dokter Gigi?

Info Sehat
27 Apr

Beberapa Penyebab Gusi Pucat yang Harus Anda Waspadai

Info Sehat
27 Apr

Tips Mencegah Radang Gusi Saat Puasa

Info Sehat
25 Apr

Manfaat Sikat Gigi Saat Puasa untuk Kesehatan

Info Sehat
22 Apr

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat