Sederet Bahaya Kunyit yang Mesti Anda Waspadai - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Sederet Bahaya Kunyit yang Mesti Anda Waspadai

Kunyit bisa memberikan efek samping yang merugikan jika dikonsumsi secara berlebih. Apa saja efek samping tersebut?
Sederet Bahaya Kunyit yang Mesti Anda Waspadai

Klikdokter.com, Jakarta Hampir setiap orang sudah tidak asing dengan kunyit. Rempah yang sering dijadikan jamu atau bumbu masak ini telah diketahui dapat memberikan beragam manfaat berkat kandungan gizi di dalamnya.

Namun, di balik manfaat tersebut, kunyit dapat memberikan efek samping yang merugikan kesehatan jika Anda mengonsumsinya secara berlebih.

Perlu Anda ketahui, kunyit memiliki senyawa curcumin. Senyawa ini sebenarnya tidak memberikan efek samping bila dikonsumsi dalam jumlah sedikit. Efek samping baru akan terasa bila dikonsumsi berlebihan.

Bagi orang dengan diabetes, anemia, atau gangguan pencernaan, Anda tidak dianjurkan untuk konsumsi rempah yang satu ini, sekalipun dalam jumlah yang sedikit.

Secara spesifik, berikut adalah beberapa efek samping kunyit yang mesti Anda waspadai: 

1 dari 4

1. Sakit Kepala

Sakit Kepala
loading

Dalam dosis yang sesuai, curcumin pada kunyit disinyalir dapat membantu meredakan keluhan sakit kepala.

Akan tetapi, apabila dosis curcumin yang dikonsumsi kelewat batas alias terlalu banyak, Anda malah bisa mengalami sakit kepala.

Meski terkesan sepele, sakit kepala nyatanya juga bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Bahkan, sakit kepala yang terjadi berkelanjutan dapat menurunkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Artikel Lainnya: Rutin Minum Kunyit, Cara Mudah Lancarkan Haid

2. Mual dan Muntah

Tak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, curcumin dalam kunyit yang dikonsumsi pada dosis yang tepat dapat membantu mengurangi keluhan mual dan muntah.

Sebaliknya, jika senyawa tersebut masuk ke dalam tubuh dalam jumlah terlalu banyak, Anda malah akan mengalami keluhan tersebut.

Jangan anggap sepele efek samping kunyit ini. Pasalnya, bila terjadi secara berkelanjutan, mual dan muntah dapat menyebabkan dehidrasi.

Dalam kasus yang berat atau tidak teratasi dengan baik, dehidrasi dapat mengakibatkan penurunan kesadaran hingga kematian.

2 dari 4

3. Diare

Diare
loading

 

Jangan sekali-kali berpikir untuk mengonsumsi kunyit dalam porsi berlebih untuk mengatasi diare. Bukannya sembuh, konsumsi kunyit terlalu banyak malah bisa membuat keluhan semakin parah.

Seperti diketahui, diare juga berhubungan erat dengan kehilangan cairan tubuh alias dehidrasi. Jika tidak segera ditangani, salah satu risiko yang mesti dihadapi adalah kematian.

4. Reaksi Alergi

Bagi beberapa orang yang memang sensitif, paparan kunyit atau curcumin dapat menyebabkan terjadinya reaksi alergi. Keluhan ini bahkan dapat muncul meski hanya terpapar dalam jumlah sedikit.

Artikel Lainnya: Manfaat Kunyit untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Alergi kunyit bisa menyebabkan munculnya keluhan muntah-muntah, lidah dan bibir terasa kebas atau bengkak, kram perut, dan buang air besar berdarah.

5. Batu Ginjal

Selain curcumin, kunyit juga mengandung oksalat. Konsumsi oksalat berlebih dapat menyebabkan terjadinya pembentukan batu di saluran kemih. Kondisi ini dikenal dengan istilah batu ginjal.

Gejala-gejala yang dirasakan akibat batu ginjal, misalnya nyeri punggung bawah yang tak kunjung hilang, mual, gelisah, sakit perut bagian samping, dan terasa nyeri saat buang air kecil.

3 dari 4

6. Hipoglikemia

Hipoglikemia
loading

Efek samping lainnya dari kunyit ialah bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Ini terjadi karena kandungan curcumin pada kunyit.

Hal ini dapat bermanfaat bagi sebagian orang dengan masalah gula darah tinggi. Namun, jika kunyit dikonsumsi secara berlebihan, akan terjadi peningkatan risiko hipoglikemia atau kadar gula darah di bawah normal. Kondisi ini bisa picu berbagai gejala yang merugikan kesehatan.

Artikel Lainnya: Apa Benar Kunyit Bisa Mengobati Kanker Hati?

7. Kurang Zat Besi

Kunyit ternyata dapat mengganggu proses penyerapan zat besi oleh tubuh. Maka itu, hindari konsumsi kunyit terlalu banyak karena dapat meningkatkan risiko anemia akibat kurangnya zat besi dalam darah. 

8. Tingkatkan Produksi Asam Lambung

Selain menghambat zat besi, kunyit juga dapat memicu peningkatan produksi asam lambung. Kondisi ini bisa sebabkan gejala kambuh pada penderita maag dan GERD.

9. Picu Kontraksi pada Ibu Hamil

Jika Anda sedang hamil, maka berhati-hatilah dalam mengonsumsi semua jenis herba, termasuk kunyit. Pastikan herba tersebut tidak menimbulkan risiko pada kehamilan.

Konsumsi kunyit pada ibu hamil bisa berbahaya, karena dapat memicu kontraksi sehingga meningkatkan risiko kontraksi prematur. 

Baca Juga

Itu dia efek samping kunyit yang sebaiknya Anda waspadai. Bila ingin mengolah kunyit sendiri, satu atau dua butir saja sudah cukup. Pastikan untuk mencucinya hingga bersih, kemudian baru diolah. Misalnya, direbus dengan air dan ditambahkan gula atau asam jawa.

Sementara itu, untuk kunyit dalam bentuk ekstrak atau suplemen, pastikan untuk ikuti petunjuk minum. Dosis yang disarankan adalah 3 miligram per kilogram berat badan. Jadi, jika berat badan Anda 60 kilogram, batas konsumsi yang aman adalah sekitar 180 miligram.

Punya pertanyaan seputar aturan konsumsi herbal yang aman? Gunakan fitur Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter

[WA]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Euis Kurniawati

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Inilah Segudang Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Wajah Anda

Info Sehat
29 Nov

Bunga Saffron, Rempah Mahal Kaya Manfaat bagi Kesehatan

Info Sehat
10 Nov

Manfaat Minyak Kutus Kutus untuk Kesehatan Anda

Info Sehat
09 Nov

Menyingkap Manfaat Kunyit untuk Penderita Diabetes

Info Sehat
11 Agt

Manfaat Kunyit untuk Melancarkan Peredaran Darah

Info Sehat
24 Jun

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat