Ini Buah dan Sayur yang Bisa Digunakan untuk Masker Mata Alami!

Irisan Mentimun kerap jadi bahan alami yang diletakkan di mata. Selain mentimun, adakah buah atau sayur yang bisa digunakan sebagai masker mata?
Ini Buah dan Sayur yang Bisa Digunakan untuk Masker Mata Alami!

Klikdokter.com, Jakarta Saat sedang melakukan perawatan wajah, kita sering meletakkan irisan mentimun di kedua mata yang terpejam. Tujuannya, biar terasa efek dingin menyegarkan. 

Namun, selain mentimun, masih ada lagi, lho, beberapa sayuran dan buah yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk masker mata!

1 dari 3

Kenapa Kita Butuh Masker Mata?

Wanita Menggunakan Alpukat untuk Masker Mata
loading

Sebelum membahas lebih lanjut, Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa kulit di sekitar mata kita membutuhkan perawatan khusus?

Kulit di sekitar mata merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat menunjukkan tanda-tanda awal penuaan dini. Kulit di area ini lebih tipis dan lebih halus ketimbang kulit di bagian tubuh yang lain.

Mata juga organ yang digunakan terus-menerus sepanjang hari. Dari berkedip sampai mengekspresikan emosi, tentu ini dapat menyebabkan penuaan dini.

Belum lagi paparan sinar UV, stres, faktor genetik, serta pilihan gaya hidup juga menyebabkan kulit di sekitar cepat menua.

Adapun tanda-tanda penuaan di sekitar mata yang sering muncul, antara lain keriput dan garis-garis halus, lingkaran hitam, serta kantung mata. 

Nah, agar ketiga hal ini tidak semakin parah, Anda membutuhkan perawatan khusus, salah satunya melalui masker mata. 

Artikel Lainnya: Agar Tak Sia-Sia, Ini Cara Pakai Masker Wajah yang Benar

2 dari 3

Buah dan Sayur selain Mentimun yang Bisa Jadi Bahan untuk Masker Mata

loading

Krim mata dan maskernya memang terbilang agak mahal. Namun, jangan khawatir! Anda yang ingin memulai coba untuk merawat area sekitar mata tapi tak mau kantong bolong, perawatan dengan bahan alami bisa jadi jalan keluar.

Selain mentimun, sejumlah buah dan sayur yang dapat dijadikan bahan masker mata, yaitu:

1. Stroberi

Menurut dr. Devia Irine Putri, untuk mengompres bagian mata ketika mata lelah dan lingkaran di bawahnya semakin menggelap, Anda bisa menggunakan stroberi.

“Sebab, stroberi mengandung antioksidan dan vitamin C tinggi, jadi bisa membantu hal itu,” tuturnya. 

Cara mengaplikasikan masker mata dari stroberi adalah Anda lumatkan dulu stroberinya. 

Lalu, oleskan di bawah mata dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih. Lakukan ini secara teratur untuk hasil maksimal. 

2. Kentang 

Kentang
loading

Bahan untuk masker mata selanjutnya adalah kentang. Menurut dr. Devia, kentang juga bisa mengurangi lingkaran hitam di bawah mata sama seperti stroberi.

Irisan kentang yang sudah dicuci bersih bisa Anda letakkan di mata tertutup. Atau, bisa juga Anda lumatkan dulu lalu oleskan ke area bawah mata. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas. 

3. Semangka 

Buah yang satu ini terkenal karena kandungan airnya yang melimpah, warnanya yang menarik, serta rasanya yang manis. Bonusnya lagi, Anda bisa menjadikan semangka sebagai masker mata! 

“Semangka mengandung banyak air sama seperti mentimun. Ini membuat mata jadi lebih relaks karena sensasi dingin yang diberikan,” jelas dr. Devia.

Vitamin A dan C dalam semangka juga bisa membantu meredakan mata kering dan bengkak. Anda bisa memotong agak tipis buah tersebut. Lalu, letakkan di mata yang terpejam dan tunggu hingga 30 menit.

Artikel Lainnya: Seberapa Sering Boleh Menggunakan Masker Kulit untuk Wajah?

4. Pepaya 

Pepaya
loading

Pepaya menjadi salah satu buah yang kerap dipakai dalam sabun atau losion pencerah kulit karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. 

Buah ini juga bisa Anda buat sebagai masker mata karena enzimnya bertindak sebagai exfoliant yang lembut.

Iris pepaya agak tipis, lalu letakkan di mata yang terpejam. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan mata yang lebih cerah. 

5. Alpukat 

Lebih suka masker yang teksturnya lebih creamy? Anda juga bisa menggunakan alpukat sebagai bahan alami berikutnya.

Lumatkan alpukat, lalu oleskan ke area sekitar mata untuk memberi kelembapan dan hidrasi ekstra. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

6. Pisang 

Pisang
loading

Pisang juga bisa membantu meningkatkan area sekitar mata Anda. Haluskan setengah pisang, tutup mata Anda rapat-rapat, lalu oleskan pisang tumbuk ke kelopak mata Anda. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas.

7. Lettuce Iceberg

Siapa sangka bahwa sayuran yang kerap ditemukan dalam salad ini bisa membantu kemerahan dan peradangan di area mata?

Ambil beberapa iris lettuce iceberg untuk diletakkan di mata yang tertutup. Biarkan selama 30 menit. 

Itu dia tujuh bahan alami untuk masker mata selain mentimun. Karena ini dari bahan alami, hasilnya tak bisa instan. 

Baca Juga

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara rutin dan sabar. Jangan lupa untuk mencuci bersih dulu buah dan sayur yang digunakan. 

Bila masih ada pertanyaan seputar kesehatan mata dan kulit, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kami melalui LiveChat. 

(HNS/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Terlalu Lama Menonton TV Turunkan Fungsi Retina Anak

Info Sehat
04 Sep

Bahaya Akibat Sering Mengucek Mata

Info Sehat
18 Agt

Bahaya Challenge Letakkan Contact Lens Dalam Kelopak Mata

Info Sehat
12 Agt

Amankah Pasang Eyelash Extension Sendiri di Rumah?

Info Sehat
04 Agt

Kiat Merawat Lensa Kontak Agar Aman Digunakan

Info Sehat
04 Agt

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk