Cara Mengurangi Stres saat Buka Usaha Baru

Punya usaha baru memang tidaklah mudah. Panik, cemas, dan stres kemungkinan besar bisa dirasakan. Bagaimana cara mengatasinya, ya?
Cara Mengurangi Stres saat Buka Usaha Baru

Klikdokter.com, Jakarta Sejak pandemi virus corona merebak, banyak kondisi ekonomi masyarakat yang terguncang. Dirumahkan tanpa pesangon atau mengalami pengurangan gaji dengan jumlah sangat besar, menjadi contoh kasus yang banyak terjadi.

Untuk menyambung hidup, tidak sedikit orang mencoba membuka peluang usaha baru. Baik itu usaha makanan, minuman, pakaian, kecantikan, dan sebagainya.

Namun nyatanya, memulai usaha tidak semudah yang dibayangkan. Dampaknya, banyak orang justru mengalami stres dan kecemasan berlebih karena masalah ini.  Kenapa orang jadi cemas dan stres?

1 dari 3

Kenapa Banyak Orang Stres Saat Buka Usaha Baru?

Ilustrasi Wanita Stres Saat Buka Usaha Baru
loading

Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog  mengatakan, merasa stres akibat membuka usaha baru memang wajar untuk dialami. Bagaimana tidak, tekanan demi tekanan pasti akan dirasakan oleh sang pembuat usaha. 

“Stres karena buka usaha itu wajar, apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Di mana orang-orang merasa gambling ketika membuka usaha. Tapi di satu sisi, mungkin mereka mau membuka usaha dikarenakan ada faktor lain seperti PHK, pengurangan gaji, dan sebagainya. Sehingga rasa stres yang dialami pun jadi berkali-kali lipat,” ujar Ikhsan.

Hanya saja, sebaiknya stres dikelola dengan baik agar tidak memengaruhi kesehatan mental maupun fisik seseorang.

Ikhsan menjelaskan, ada  beberapa risiko yang mungkin bisa dialami pembuat usaha jika tidak bisa mengelola stresnya dengan baik. Antara lain seperti berikut:

1. Mengalami Gangguan Panik 

Orang yang tidak dapat mengelola stresnya dengan baik biasanya lebih mudah merasa panik. Baik saat sedang ada masalah maupun saat sedang tidak terjadi apa-apa.

Gangguan panik bisa mengganggu kesehatan fisik, di mana jantung berdebar lebih cepat, sesak napas, dan kepala jadi sakit. 

2. Mudah Merasa Cemas 

Selain gangguan panik, mudah merasa cemas juga jadi dampak yang bisa Anda rasakan jika tidak pintar mengelola stres. 

Rasa cemas ini nantinya buat Anda jadi lebih mudah overthinking, sering berpikiran negatif, dan pesimis. 

3. Depresi

Dalam kasus terburuk, Anda juga berisiko mengalami depresi. Jika Anda sampai masuk dalam tahapan depresi, pikiran menyakiti diri sendiri atau bunuh diri kemungkinan bisa timbul. Karenanya, penting untuk mencari cara untuk mengurangi tingkat stres ini. 

Artikel Lainnya: Cegah Stres dengan Rutin Minum Air Putih

2 dari 3

Cara Mengurangi Stres saat Buka Usaha Baru

Ilustrasi Wanita Buat Konsep Cadangan saat Buka Usaha Baru
loading

Lantas, bagaimana cara untuk mengelola atau mengurangi stres saat hendak buka usaha baru? Dijelaskan oleh Ikhsan, berikut cara-caranya:

  1. Olahraga, Relaksasi, dan Meditasi

Jangan hanya menghabiskan waktu untuk mengatur planning usaha. Disarankan untuk menyempatkan diri berolahraga dan melakukan relaksasi. Anda bisa berolahraga selama 20 sampai 30 menit dalam sehari pada pagi atau sore hari.

Jika tidak sempat, coba lakukan peregangan dan latihan pernapasan selama beberapa menit sebelum beraktivitas.

  1. Buat Konsep Cadangan

Dalam membuka usaha baru, jangan hanya terpaku pada satu rencana. Buatlah beberapa rencana cadangan yang bisa digunakan jika planning awal tidak berjalan baik. 

Dengan ini, konsep usaha anda akan terus berinovasi dan tidak berhenti sampai di situ.

  1. Cerita dengan Kerabat

Tidak ada salahnya bercerita dengan kerabat mengenai masalah yang sedang Anda hadapi. Meski mereka tidak bisa membantu secara finansial, setidaknya merasa lebih lega karena telah mencurahkan isi hati kepada teman. 

Jangan lupa untuk bercerita dengan teman yang Anda anggap bijak dan bisa dipercaya, ya.

Artikel Lainnya: 6 Efek Stres pada Kesehatan yang Harus Diwaspadai

  1. Buat Buku Rencana

Agar usaha tetap berjalan dengan lancar sesuai dengan target, buatlah buku perencanaan. Anda bisa menentukan kapan waktu pembuatan konsep selesai, pembuatan logo, pembuatan produk, dan tanggal produksi usaha Anda. 

Dengan mengikuti jadwal yang telah dibuat, ini akan memudahkan Anda untuk melaksanakan setiap perkembangan dan langkah di usaha baru yang sedang dijalani.

  1. Miliki Waktu Tidur yang Cukup

Agar otak Anda bisa bekerja dengan baik, pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat seperti punya waktu tidur yang cukup. 

Menurut Ikhsan, ketika seseorang tidak memiliki waktu tidur cukup, ini bisa memengaruhi sistem kinerja otak yang membuatnya sulit berkonsentrasi dan berpikir jernih.

Baca Juga

Jika Anda adalah salah satu orang yang sedang membuka usaha baru di masa pandemi, coba lakukan cara mengurangi stres seperti yang dijabarkan di atas. 

Jika rasa stres dirasa sudah sangat mengganggu, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan psikolog dan dokter lewat Live Chat 24 Jam Klikdokter.

(OVI/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Benarkah Popularitas Tinggi Bisa Tingkatkan Risiko Bunuh Diri?

Info Sehat
09 Sep

Manfaat Sehat di Balik Me Time

Info Sehat
09 Sep

Anak Bunuh Diri, Bagaimana Orang Tua Melanjutkan Hidup?

Info Sehat
08 Sep

Pelanggar PSBB Dihukum Masuk Peti, Berbahayakah untuk Mental?

Info Sehat
07 Sep

Doomscrolling, Perilaku Suka Baca Berita Negatif yang Memicu Depresi

Info Sehat
04 Sep

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk