Lawan Corona, Ini Rekomendasi Disinfektan yang Efektif dari WHO

Salah satu cara mencegah penyebaran virus corona adalah dengan penggunaan disinfektan. Namun, bagaimana cara memilih disinfektan yang efektif?
Lawan Corona, Ini Rekomendasi Disinfektan yang Efektif dari WHO

Klikdokter.com, Jakarta Pandemi COVID-19 masih belum juga selesai. Bahkan, di Indonesia, kasus positif dan yang meninggal masih terus bertambah dari hari ke hari. Berbeda dengan negara-negara lain, kita masih belum terbebas dari gelombang pertama pandemi. Artinya, kita masih harus terus waspada terhadap wabah ini.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan terus menjaga kebersihan. Sebab, virus corona dapat hidup di berbagai permukaan benda selama beberapa jam hingga beberapa hari. Jika tidak segera dibersihkan dan Anda menyentuh benda tersebut, maka Anda akan berpotensi tertular COVID-19.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan di setiap tempat, baik itu di tempat kerja ataupun di rumah masing-masing, sangatlah penting agar kita semua bisa terhindar dari wabah ini. Namun, bagaimana caranya?

1 dari 3

Fungsi Disinfektan dalam Melawan Corona

loading

Menjaga kebersihan rumah dari berbagai kuman, termasuk virus corona, tidaklah cukup dengan hanya mengelap barang-brang, menyapu lantai, atau sekadar menyiram lantai toilet.

Virus corona tidak akan mati hanya dengan dibersihkan dengan air biasa. Anda harus membersihkan rumah Anda dengan menggunakan larutan disinfektan.

Larutan disinfektan adalah larutan kimia tertentu yang dapat membunuh kuman-kuman tak kasatmata pada permukaan benda-benda mati. Rutin membersihkan rumah Anda dengan menggunakan larutan disinfektan bisa membantu membasmi virus corona, sehingga virus ini tidak lagi dapat menyebabkan penyakit bagi Anda dan keluarga.

Harap diingat, larutan disinfektan ini hanya diperuntukkan untuk permukaan benda mati dan tidak untuk kulit Anda. Karena cairan ini dapat mengiritasi kulit dan jika berlangsung lama dapat menyebabkan bertumbuhnya kanker. Untuk kulit, Anda bisa menggunakan larutan antiseptik.

2 dari 3

Disinfektan Harus Mengandung Sodium Hypochlorite

loading

Memilih larutan disinfektan bisa dikatakan susah-susah gampang. Kenapa? Karena selain jenis larutannya, kita juga harus memperhatikan konsentrasi zat di dalam larutan tersebut. Beberpa jenis disinfektan yang beredar di pasaran adalah sodium hipoklorit, ammonium kuarterner, alkohol, dan hidrogen peroksida.

Agar tidak membingungkan masyarakat, Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan larutan disinfektan untuk membunuh virus corona, yaitu larutan disinfektan yang mengandung minimal 0.1% sodium hypochlorite.

Perlu digarisbawahi bahwa larutan tersebut harus mengandung setidaknya 0.1% sodium hypochlorite. Jadi walaupun mengandung sodium hypochlorite namun di bawah konsentrasi 0.1%, larutan tersebut tetap tidak dapat digunakan untuk membunuh virus corona.

Sodium hypochlorite adalah salah satu zat kimia yang biasa digunakan sebagai pemutih pakaian atau pembersih toilet dan kamar mandi. Zat ini memang telah dikenal memiliki kemampuan untuk membunuh berbagai mikroorganisme, seperti bakteri, virus, dan jamur. Tentunya harus sesuai dengan konsentrasi zat tersebut di dalam larutan.

Jika Anda ingin melakukan disinfeksi, perhatikan konsentrasi sodium hypochlorite pada larutan yang Anda gunakan. Apakah masih membutuhkan pengenceran dengan dicampurkan air biasa atau bisa langsung Anda gunakan sebagai disinfektan. Setelah itu, Anda dapat membersihkan benda, lantai, toilet dan kamar mandi dengan larutan tersebut.

Baca Juga

Agar memperoleh hasil yang maksimal, menurut Environmental Protection Agency (EPA),  setelah mengelap permukaan dengan cairan pemutih pakaian, diamkan dulu sekitar 10 menit lalu bilas dengan menggunakan air biasa.

Itulah informasi mengenai jenis larutan disinfektan yang dapat Anda gunakan untuk membasmi virus corona di rumah. Semoga bermanfaat!

[RS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Kisah dr. Sophia Hadapi Corona: Kok, Saya Tak Sembuh-Sembuh?

Info Sehat
15 Sep

Klaster Tempat Makan Bermunculan, Ini Cara COVID-19 Menular di Sana!

Info Sehat
14 Sep

Perlukah Suntik Vaksin Influenza Selama Pandemi Corona?

Info Sehat
14 Sep

Tips Isolasi Mandiri COVID-19, Siapkan dan Lakukan Ini

Info Sehat
14 Sep

Jumlah Sel Imun Pria Lebih Sedikit dari Wanita untuk Hadapi COVID-19

Info Sehat
11 Sep

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk