Untung-Rugi Pijat Bayi dengan Minyak Zaitun - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Untung-Rugi Pijat Bayi dengan Minyak Zaitun

Anda pakai minyak zaitun untuk pijat bayi? Benarkah minyak ini bermanfaat dan tidak ada efek merugikan? Sebelum memutuskan, baca dulu artikel ini.
Untung-Rugi Pijat Bayi dengan Minyak Zaitun

Klikdokter.com, Jakarta Pijat bayi sejatinya adalah cara yang bagus untuk menjalin bonding sekaligus membuat si Kecil lebih nyaman. Maka tak heran, banyak orang tua yang tertarik dengan pijat atau spa bayi.

Nah, salah satu minyak yang sering digunakan untuk pijat bayi adalah minyak zaitun atau olive oil. Minyak zaitun mengandung beberapa jenis lemak, yakni asam oleat, asam lemak omega-3, asam linoleat, dan asam lemak omega-6. 

Minyak zaitun rendah kandungan asam linoleat, sedangkan di lain sisi tinggi kandungan asam oleat. Asam linoleat ini dapat memperkuat pelindung kulit bayi Anda.

Menilik berbagai kandungan tersebut, tak sedikit orang yang menggunakan minyak zaitun untuk pijat bayi.

1 dari 4

Manfaat Minyak Zaitun untuk Pijat Bayi

Manfaat Minyak Zaitun untuk Pijat Bayi
loading

Ada berbagai alasan mengapa minyak zaitun baik digunakan sebagai ‘pelumas’ untuk pijat bayi. Berikut di antaranya:

1. Membantu Bayi Tertidur

Pijat dengan minyak zaitun bisa membantu menyamankan bayi hingga membantunya terlelap. Pijat bayi juga membuat anak lebih tenang dan terhindar dari stres.

Berikan beberapa tetes minyak zaitun di telapak tangan Anda. Pijat bagian tubuh, seperti kaki, paha, lengan, hingga dia perlahan tertidur lelap.

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah yang Perlu Anda Tahu

2. Melembapkan Kulit

Lindungi kelembutan kulit si Kecil dengan kandungan minyak zaitun yang bersifat melembapkan. Pijatan minyak zaitun yang lembut dan menenangkan dapat membuat kulit bayi lebih halus dan lembut dari sebelumnya!

Menurut studi tahun 2016, bayi yang suka di-massage menggunakan minyak zaitun dan minyak bunga matahari memiliki kulit yang lebih lembap.

Meski demikian, khasiat ini perlu diuji lebih lanjut karena penelitian lainnya mengatakan sebaliknya.

3. Mencegah dan Menyembuhkan Ruam Popok

Ruam popok dapat menjadi mimpi buruk bagi bayi. Mereka akan rewel dan tidak bisa tidur dengan nyaman. Nah, pijat dengan minyak zaitun bisa digunakan untuk mencegah sekaligus membantu menyembuhkannya.

Selain lemak, vitamin E, dan vitamin K, minyak zaitun juga mengandung antioksidan sehingga dapat membantu meredakan peradangan.

4. Membina Kedekatan Ibu dan Bayi

Pijat bayi, terlepas dari minyak yang digunakan, ternyata juga bermanfaat untuk membina kedekatan hubungan antara ibu dan bayi. Melalui sentuhan dan interaksi yang terjadi selama proses memijat, dapat membuat adanya ikatan batin antara ibu dan bayi. 

Sentuhan yang diberikan oleh ibu pada saat pijatan juga dapat menstimulasi indra peraba yang terdapat di kulit bayi sehingga dapat dikatakan sebagai stimulasi taktil.

Artikel Lainnya: Minyak Zaitun Bisa Menjadi Obat Impotensi Alami, Benarkah?

2 dari 4

Jenis Minyak Zaitun untuk Pijat Bayi

Jenis Minyak Zaitun untuk Pijat Bayi
loading

Setelah mengetahui manfaat minyak zaitun untuk pijat bayi, pemilihan minyak alami ini juga perlu dicermati.

Ada beberapa jenis minyak zaitun yang beredar di pasaran. Jenis yang baik dan aman untuk bayi adalah extra-virgin olive oil (EVOO), karena paling murni alias dibuat tanpa melibatkan proses kimiawi.

EVOO dapat digunakan untuk kulit dan rambut baik bayi serta untuk pijat bayi. Minyak ini bisa dicampurkan dengan minyak alami lainnya, seperti minyak jojoba atau minyak kelapa.

3 dari 4

Cara Pijat Bayi dengan Minyak Zaitun

Cara Pijat Bayi dengan Minyak Zaitun
loading

Tidak semua bayi bisa dipijat dengan minyak zaitun. Pada bayi dengan kulit sensitif, kering, bahkan dalam kondisi eksim, penggunaan minyak zaitun ini tidak dianjurkan. Akan tetapi, kalau kulit bayi baik-baik saja, maka tak masalah memberikannya minyak zaitun untuk pijat. 

Artikel Lainnya: Minyak Zaitun EVOO dan ELOO, Mana yang Lebih Baik untuk MPASI?

Penting juga diketahui, ketika Anda menggunakan minyak zaitun untuk pijat bayi, asam oleat dapat membuat beberapa lapisan kulit si Kecil lebih permeable (berpori).

Jika kulit bayi lebih permeable, ini artinya pelindung kulitnya lebih terbuka. Minyak dan air yang Anda berikan pada kulit bayi mungkin akan hilang, bukan terkunci di dalamnya.

Secara umum, berikut adalah cara memijat bayi dengan minyak esensial:  

  • Buat ruangan yang nyaman. Karena bayi telanjang, pastikan Anda tidak menyalakan AC agar dia tidak kedinginan. Kuncinya, buat si Kecil nyaman pada suhu ruangan.
  • Pasang musik yang sifatnya menenangkan agar bayi nyaman.
  • Mulai pijat pelan-pijat tubuh bayi. Jangan lupa mengajaknya bicara dan lakukan kontak mata.
  • Gunakan minyak zaitun untuk memudahkan Anda memijat. Anda juga bisa menggunakan minyak lainnya, seperti minyak jojoba atau minyak kelapa.
  • Anda bisa melihat panduan memijat bayi dari dokter, buku, Internet, atau kelas memijat bayi.
  • Usahakan yang memijat adalah ibu sendiri. Memijat bayi akan meningkatkan ikatan ibu dan anak. Bayi pun akan merasa lebih nyaman.
  • Jangan terlalu lama memijat bayi, 20-30 menit per hari sudah cukup. 
Baca Juga

Demikian penjelasan seputar penggunaan minyak zaitun untuk pijat bayi. Bila masih ragu menggunakan minyak ini, konsultasikan dengan dokter.

Gunakan fitur Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter untuk konsultasi langsung kepada dokter.

[WA]

ARTIKEL TERKAIT

Apakah Efektif Membasmi Kutu Rambut dengan Minyak Zaitun?

Info Sehat
15 Okt

Minyak Zaitun Bisa Menjadi Obat Impotensi Alami, Benarkah?

Info Sehat
18 Mar

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah yang Perlu Anda Tahu

Info Sehat
03 Mar

Bolehkah Bayi Prematur Dipijat?

Info Sehat
26 Jan

Minyak Zaitun untuk Memasak, Bolehkah Dipakai Berulang Kali?

Info Sehat
16 Sep

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat