Hobi Berkebun? Waspada Kram, Kebas, dan Kesemutan!

Ketika asyik berkebun dan membenahi tanaman, keluhan kram, kebas, dan kesemutan (3K) dapat terjadi. Berikut berbagai tips penanganan saat terjadi 3K!
Hobi Berkebun? Waspada Kram, Kebas, dan Kesemutan!

Klikdokter.com, Jakarta Pandemi COVID-19 saat ini membuat banyak orang mempunyai hobi baru, salah satunya berkebun di rumah. Biasa dikenal sebagai urban farming, berkebun bisa jadi terapi mencegah stres di masa pandemi tanpa mengeluarkan uang banyak.

Namun, aktivitas berkebun yang dilakukan tanpa memerhatikan posisi tubuh yang baik dapat memicu efek samping!

Saat berkebun, tidak jarang posisi jongkok dan gerakan berulang dalam waktu lama kerap dilakukan. Hal ini membuat keluhan kram, kebas, dan kesemutan (3K) sering terjadi.

Waspada Risiko 3K saat Berkebun

Bila hobi berkebun, Anda biasanya akan berjongkok dalam durasi waktu yang mungkin akan lama. Hal ini terkadang tidak disadari dan baru terasa setelah muncul keluhan 3K.

Berjongkok dalam waktu yang lama akan memicu keluhan 3K. Ini karena kaki terlalu lama menahan atau menopang beban berat tubuh sehingga aliran darah ke kaki jadi terhambat.

Kesemutan adalah salah satu yang kerap dikeluhkan. Disebut parestesia dalam dunia medis, kondisi ini ditandai dengan adanya sensasi seperti tertusuk jarum atau mati rasa pada bagian tubuh tertentu.

Keluhan ini bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, namun yang paling sering adalah di bagian kepala, tangan, dan kaki.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kesemutan saat Tidur

1 dari 2

Tips Bebas 3K saat Berkebun

loading

Agar kegiatan berkebun Anda tetap berjalan lancar dan menyenangkan tanpa ada keluhan 3K (kebas, kram, kesemutan), ada beberapa tips yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Gunakan Bangku Kecil saat Berkebun

Duduk di bangku kecil membuat seluruh beban tubuh ditopang bangku dan tidak menghambat aliran darah ke kaki, sehingga mencegah terjadinya 3K.

  1. Lakukan Peregangan

Usahakan untuk melakukan peregangan terlebih dahulu sebelum berkebun. Sebab, Anda mungkin akan melakukan gerakan berulang dalam waktu yang lama. Jadi, mencegah terjadinya kekakuan otot di kaki dan tangan itu penting.

  1. Minum Air Putih Cukup

Konsumsi air putih dapat membantu mencegah kram otot saat beraktivitas.

  1. Kompres Air Hangat

Untuk mengurangi rasa kram, Anda dapat menggunakan kompres handuk hangat setelah peregangan.

  1. Konsumsi Obat

Keluhan 3K dapat diatasi dengan minum obat pereda nyeri NEO rheumacyl Neuro yang mengandung ibuprofen untuk mengatasi dan meringankan kekakuan otot akibat terlalu lama diam atau duduk.

NEO rheumacyl Neuro juga mengandung vitamin neurotropik seperti vitamin B1, B6, dan B12 untuk membantu menjaga serta melindungi kesehatan saraf. 

Baca Juga

Beberapa tips di atas dapat Anda lakukan untuk mencegah dan meringankan keluhan 3K saat berkebun. Hobi pun dapat tetap dilakukan tanpa khawatir badan sakit dan nyeri setelah selesai berkebun!

Bila ingin tanya seputar permasalahan saraf dan otot, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter via LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter.

(FR/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Duduk Bekerja Seharian Menyebabkan 3K (Kram,Kebas,Kesemutan) Saat Malam, Atasi dengan Ini

Info Sehat
16 Sep

Kembali Kerja di Kantor Saat Normal Baru, Awas 3K Menyerang!

Info Sehat
14 Jul

Sering Kesemutan? Ini Bahaya Kesehatan yang Mengintai

Info Sehat
29 Apr

Duduk Lama di Kantor, Atasi 3K Dengan Vitamin Ini!

Info Sehat
14 Apr

Penis Tiba-Tiba Kesemutan Saat Bercinta? Jangan-Jangan, Ini Sebabnya!

Info Sehat
30 Mar

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk