Penyebab dan Cara Mengatasi Kesemutan saat Tidur

Kesemutan saat tidur bisa saja terjadi dan mengganggu kenyamanan Anda pada malam hari. Apa sebabnya? Bagaimana cara mengatasi kesemutan saat tidur? Yuk, cari tahu!
Penyebab dan Cara Mengatasi Kesemutan saat Tidur

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda termasuk orang yang sering mengalami kesemutan? Waspada, keluhan ini bisa saja terjadi di malam hari dan benar-benar mengganggu kenyamanan Anda ketika tidur.

Kesemutan atau paretesia adalah sensasi terbakar atau seperti ditusuk-tusuk yang umumnya dirasakan pada tangan, lengan, kaki, atau bagian tubuh lainnya.

Kondisi ini sering disertai dengan keluhan kram dan kebas, sehingga benar-benar menyebabkan rasa tidak nyaman pada penderitanya.

Penyebab Kesemutan yang Mengganggu

Kram, kebas, dan kesemutan (3K) yang terjadi saat tidur malam hingga membuat Anda terbangun umumnya disebabkan oleh posisi tidur yang salah.

Faktanya, posisi tidur yang salah bisa membuat saraf di bagian tubuh tertentu mengalami penekanan berlebihan, sehingga aliran darah tidak optimal. 

Tidak hanya karena posisi tidur yang salah, kram, kebas, dan kesemutan (3K) juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

  1. Kekurangan Vitamin B

Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan gangguan neuropati (gangguan saraf pada tubuh), kekurangan vitamin B6 menyebabkan gangguan sistem saraf, dan kekurangan vitamin B12 memicu munculnya keluhan mati rasa, kesemutan, dan kram.

  1. Konsumsi Alkohol Berlebihan

Minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan saraf, yang dikenal medis dengan sebutan alcoholic neuropathy.

Kondisi ini mengakibatkan jaringan saraf tepi rusak sehingga memicu munculnya gejala kebas dan kesemutan di beberapa bagian tubuh.

  1. Merokok

Rokok mengandung ribuan zat berbahaya, yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan gangguan suplai darah.

Kondisi ini adalah awal mula terganggunya pasokan gizi ke saraf perifer yang lama-kelamaan dapat menyebabkan kerusakan dan memicu gejala kram, kebas, maupun kesemutan.

  1. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Carpal tunnel syndrome terjadi saat lorong yang terdapat di tulang pergelangan tangan (karpal) menjadi sempit karena jaringan yang mengelilinginya membengkak sehingga menekan saraf median.

Padahal, saraf median berfungsi untuk mengendalikan otot jari tangan dan menerima rangsangan dari kulit yang berada di daerah tangan.

Carpal tunnel syndrome memiliki gejala kesemutan, sakit, mati rasa pada jari-jari tangan. Gerakan tangan berulang seperti mengetik dapat memicu terjadinya kondisi tersebut.

  1. Thoracic Outlet Syndrome

Kondisi ini terjadi akibat adanya gangguan di wilayah leher bagian bawah dan dada bagian atas. Thoracic outlet syndrome dapat dipicu oleh riwayat cedera, tekanan (kompresi) atau iritasi.

Gejala yang bisa dirasakan akibat kondisi ini, misalnya kesemutan di bagian lengan, tangan dan jari.

Baca Juga: Hobi Berkebun? Waspada Kram, Kebas, dan Kesemutan!

1 dari 2

Cara Mengatasi Kesemutan yang Paling Efektif

loading

Kesemutan saat tidur atau di waktu lainnya umumnya bersifat sementara. Pada kasus ini, beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah sebagai berikut ini.

  • Menggerakan Bagian Tubuh yang Kesemutan

Sensasi kesemutan saat tidur dapat diatasi dengan memberikan sedikit tekanan atau menggerak-gerakkan bagian tubuh yang mengalami keluhan.

Cara ini dilakukan agar pasokan darah ke area tubuh dapat kembali optimal sehingga kesemutan akan perlahan menghilang.

  • Terapkan Gaya Hidup Sehat

Ubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat lagi. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, berolahraga secara rutin, dan kelola stres dengan baik.

Jangan lupa juga untuk menghindari rokok dan minuman beralkohol, agar kesehatan seluruh tubuh senantiasa terjaga. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari kesemutan maupun keluhan-keluhan lainnya.

  • Minum Obat

Untuk mengatasi gejala kram, kebas, dan kesemutan, Anda dapat mengonsumsi obat Neo Rheumacyl Neuro.

Mengandung vitamin B1, B6, dan B12, Neo Rheumacyl Neuro terbukti dapat membantu mengatasi keluhan kram, kebas, dan kesemutan (3K).

Tidak hanya itu, Neo Rheumacyl Neuro juga mengandung ibuprofen yang dapat membantu meredakan nyeri dan ngilu yang terjadi akibat peradangan di bagian saraf tubuh.

Neo Rheumacyl Neuro dapat Anda konsumsi satu hingga tiga tablet dalam sehari, atau disesuaikan dengan resep yang diberikan dokter.

Redakan kram, kebas, dan kesemutan (3K) dengan Neo Rheumacyl Neuro!

Baca Juga

Jangan biarkan kesemutan saat tidur terus terjadi dan menurunkan kualitas hidup Anda. Segera atasi dengan konsumsi Neo Rheumacyl Neuro sesuai anjuran, sambil diiringi dengan penerapan gaya hidup sehat dan pola makan teratur.

Jika dengan cara-cara tersebut kesemutan saat tidur masih terjadi, segera berobat ke dokter. Sebagai tindakan pertolongan pertama, Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Hobi Berkebun? Waspada Kram, Kebas, dan Kesemutan!

Info Sehat
16 Sep

Duduk Bekerja Seharian Menyebabkan 3K (Kram,Kebas,Kesemutan) Saat Malam, Atasi dengan Ini

Info Sehat
16 Sep

Kembali Kerja di Kantor Saat Normal Baru, Awas 3K Menyerang!

Info Sehat
14 Jul

Sering Kesemutan? Ini Bahaya Kesehatan yang Mengintai

Info Sehat
29 Apr

Duduk Lama di Kantor, Atasi 3K Dengan Vitamin Ini!

Info Sehat
14 Apr

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk