Bolehkah Penderita Asam Lambung Makan Buah Naga? - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Bolehkah Penderita Asam Lambung Makan Buah Naga?

Apakah buah naga termasuk makanan yang harus dihindari penderita asam lambung? Apa efek samping buah naga untuk asam lambung? Jangan salah kaprah, ini faktanya.
Bolehkah Penderita Asam Lambung Makan Buah Naga?

Tidak hanya dapat menyebabkan gejala yang mengganggu kenyamanan, penyakit asam lambung juga sering menuntut penderitanya untuk cermat dalam memilih makanan.

Salah satu makanan yang perlu dicermati adalah buah. Beberapa buah bersifat asam, sehingga bisa membuat kondisi lambung ‘tidak tenang’ dan memicu gejala yang mengganggu keseharian.

Lantas, bagaimana dengan buah naga? Apakah buah naga aman untuk asam lambung? Cari tahu faktanya di bawah ini.

Artikel Lainnya: Ini Dia Segudang Manfaat Buah Naga

 

1 dari 3

Adakah Efek Samping Buah Naga untuk Asam Lambung?

Adakah Efek Samping Buah Naga untuk Asam Lambung?
loading

Buah naga adalah salah satu jenis buah tropis yang memiliki bentuk unik. Dagingnya yang berwarna merah atau putih dengan rasa manis yang khas membuatnya digemari banyak orang.

Tidak hanya itu, buah naga ternyata juga mengandung beragam nutrisi penting yang dapat bantu menjaga fungsi tubuh. Berikut ini penjabarannya:

  • Kalori: 60
  • Protein: 1,2 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 13 gram
  • Serat: 3 gram
  • Vitamin C: 3 persen kebutuhan gizi harian
  • Besi: 4 persen kebutuhan gizi harian
  • Magnesium: 10 persen kebutuhan gizi harian.

Semua kandungan dalam buah naga bisa menciptakan rasa asam, yang mungkin memengaruhi kondisi asam lambung. Jadi, tidak hanya terasa manis, buah ini juga mengandung asam yang perlu diperhatikan oleh penderita penyakit tersebut.

Kendati demikian, bukan berarti penderita penyakit asam lambung tak boleh mengonsumsi buah naga. Buah ini cukup aman dikonsumsi penderita penyakit tersebut asalkan diperhatikan porsinya.

Artikel Lainnya: Buah Naga, Beda Warna Beda Manfaat

2 dari 3

Konsumsi Buah Naga Aman untuk Asam Lambung

Konsumsi Buah Naga Aman untuk Asam Lambung
loading

Konsumsi buah naga yang masih tergolong aman bagi penderita penyakit asam lambung adalah sekitar setengah sampai satu butir dalam sehari.

Selain memperhatikan porsi, pastikan pula perut Anda tidak kosong saat mengonsumsi buah naga. Hal ini bertujuan untuk mencegah perut terasa nyeri akibat asam yang ditimbulkan buah tersebut.

Ada pula hal lain yang mesti diperhatikan, yaitu tidak mengombinasikan konsumsi buah naga dengan buah-buahan atau asupan lain yang memiliki rasa asam.

Penderita asam lambung juga tak disarankan untuk mengonsumsi buah naga atau asupan lainnya terlalu cepat. Sebab, mengunyah atau menelan makanan terlalu dapat menyebabkan peregangan lambung, sehingga membuat gas naik ke esofagus dan memicu gejala.

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya, yaitu tetap aktif bergerak. Penderita asam lambung dianjurkan untuk berolahraga secara rutin dan sesuai kemampuan tubuhnya, agar keluhan tidak melulu kambuh.

Baca Juga

Jika Anda masih khawatir dengan efek buah naga untuk asam lambung, sebaiknya konsultasikan kepada dokter sebelum mengonsumsinya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui Live Chat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Aneka Jenis Buah Berry bagi Kesehatan Anda

Info Sehat
17 Des

Deretan Buah Terbaik untuk Menjaga Gigi Tetap Sehat

Info Sehat
16 Des

Ragam Buah Penurun Demam yang Bisa Jadi Pilihan

Info Sehat
10 Des

Mengungkap Segudang Manfaat Buah Delima untuk Anak

Info Sehat
29 Nov

Manfaat Buah Amla atau Indian Gooseberry untuk Ibu Hamil

Info Sehat
29 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat