Tips Mencegah Komplikasi COVID-19 bagi Penderita Diabetes

Orang yang memiliki penyakit diabetes harus lebih waspada terhadap infeksi COVID-19. Berikut cara yang dapat dilakukan penderita agar terhindar dari infeksi virus corona serta komplikasinya.
Tips Mencegah Komplikasi COVID-19 bagi Penderita Diabetes

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit COVID-19 yang telah mewabah selama lebih dari 6 bulan terakhir telah memakan banyak korban di seluruh dunia. Saat ini, terdapat penambahan lebih dari 200.000 kasus baru tiap harinya.

Di Indonesia sendiri belum ada tanda-tanda bahwa jumlah penambahan kasus COVID-19 akan menurun. Angkanya terus meningkat dan diperkirakan baru mencapai puncaknya pada semester awal tahun 2021.

Berbagai gejala yang dapat muncul dari penyakit COVID-19 ini sangatlah bervariasi, mulai dari tidak menunjukkan gejala (biasa dikenal dengan orang tanpa gejala/ OTG); gejala ringan, seperti demam, batuk, dan nyeri tenggorokan; hingga gejala berat, seperti sesak napas bahkan kematian.

Bervariasinya gejala-gejala tersebut dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti usia, tingkat imunitas tubuh, dan penyakit kronis yang diderita sebelumnya. Salah satu penyakit yang dapat berkontribusi dalam memperparah gejala COVID-19 adalah diabetes melitus.

1 dari 3

Risiko Komplikasi COVID-19 pada Penderita Diabetes

loading

Diabetes merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah. Memiliki diabetes memang tidak akan meningkatkan risiko Anda untuk terkena COVID-19. Namun, jika Anda terinfeksi COVID-19, Anda akan berisiko mengalami gejala berat dan membutuhkan perawatan khusus di rumah sakit.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa 25 persen orang yang dibawa ke rumah sakit akibat mengalami gejala serius dari infeksi COVID-19 memiliki penyakit diabetes. Hal tersebut dikarenakan memiliki gula darah yang tinggi dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam melawan berbagai infeksi, termasuk infeksi virus corona.

Gula darah yang tinggi juga merupakan lingkungan ideal bagi virus untuk memperbanyak diri. Selain itu, penderita diabetes biasanya memiliki penyakit lain yang semakin memperberat kondisi mereka jika terinfeksi COVID-19, seperti turunnya sistem imun, penyakit jantung koroner, penyakit ginjal, dan lain-lain.

2 dari 3

Cara Mencegah Komplikasi COVID-19 pada Penderita Diabetes

loading

Jika Anda adalah penderita diabetes, jangan khawatir. Ada dua hal penting yang dapat Anda lakukan, yaitu sebisa mungkin menghindarkan diri dari infeksi COVID-19 dan mengontrol gula darah.

Untuk mencegah diri Anda dari terserang penyakit ini, cobalah untuk tidak keluar rumah kecuali untuk hal-hal yang sangat penting dan menjalankan berbagai protokol kesehatan. Misalnya, jika terpaksa harus keluar rumah, gunakanlah masker, cuci tangan secara rutin, dan jaga jarak.

Sedangkan untuk mengontrol gula darah, ada empat hal yang dapat Anda lakukan. Empat hal ini biasa dikenal dengan empat pilar penatalaksanaan diabetes melitus. Apa itu?

  1. Edukasi

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mempelajari berbagai hal terkait diabetes. Makanan apa yang dapat meningkatkan gula darah dan apa yang tidak, olahraga apa yang harus Anda lakukan dan berapa durasi kebutuhan olahraga Anda, dan lain-lain.

  1. Diet

Penyesuaian diet ditujukan untuk membantu menjaga kadar gula darah agar tidak meningkat.

Pada dasarnya, kebutuhan makanan bagi penderita diabetes hampir sama dengan kebutuhan masyarakat umum, yaitu gizi seimbang dan sesuai zat gizi. Anda hanya harus terus disiplin dalam menjaga makanan dan menghitung kualitas dan kuantitas kalori yang telah dikonsumsi.

Kurangi makanan-makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi, seperti roti, nasi, kentang, dan utamanya minuman-minuman soda dan manis karena asupan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah secara drastis dan mempercepat munculnya rasa lapar.

Pastikan juga Anda mengonsumsi cukup sayur, buah, dan berbagai sumber protein setiap harinya. Untuk minuman, Anda juga harus lebih memperhatikannya.

Salah satu jenis nutrisi diabetes kaya gizi yang tetap aman untuk penderita diabetes adalah Diabetasol. Diabetasol memiliki kandungan gizi yang lengkap dan dapat mencegah Anda dari rasa lapar berlebih. Hal tersebut tentu saja dapat mengurangi frekuensi makan dan membantu mengontrol gula darah Anda.

  1. Olahraga

Lakukan olahraga rutin setiap harinya, minimal 30 menit setiap hari. Rutin berolahraga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

  1. Terapi

Jika Anda telah mendapatkan terapi diabetes dari dokter, maka lanjutkan konsumsi obat tersebut. Jangan lupa untuk memeriksa gula darah Anda untuk memastikan bahwa terapi yang Anda lakukan sudah sesuai.

Baca Juga

Diabetes termasuk penyakit komorbid. Jika Anda memiliki penyakit ini dan terinfeksi COVID-19, Anda akan berisiko untuk mengalami gejala berat. Oleh karena itu, lakukanlah strategi pencegahan sedini mungkin.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait diabetes atau COVID-19, bisa bertanya secara langsung melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[RS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Perawatan Kecantikan yang Wajib Dihindari saat Pandemi Virus Corona

Info Sehat
05 Okt

Fakta Remdesivir, Obat Terapi Pasien COVID-19

Info Sehat
02 Okt

Presiden Donald Trump Saja Bisa Kena Virus Corona…

Info Sehat
02 Okt

Kita Belum Bisa Menekan Laju Penyebaran Virus Corona

Info Sehat
02 Okt

Mau Pandemi COVID-19 Usai? Ketahui Pentingnya 3M dan 3T!

Info Sehat
01 Okt

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk