6 Penyebab Gigi Kuning pada Balita dan Cara Mengatasinya
searchtext customer service

Penyebab Gigi Kuning pada Balita dan Cara Mengatasinya

Gigi kuning pada orang dewasa biasanya disebabkan oleh kebiasaan merokok. Lalu, bagaimana dengan gigi kuning pada balita? Apa penyebabnya?
Penyebab Gigi Kuning pada Balita dan Cara Mengatasinya

Memiliki gigi bersih dan sehat adalah hal penting dan menjadi dambaan setiap orang, termasuk Anda sebagai orang tua. Anda tentu ingin menjaga gigi si buah hati tetap putih bersih serta bebas dari masalah gigi, termasuk gigi kuning.

Gigi kuning pada anak bisa terjadi karena berbagai hal. Meski masih kecil, tentu hal ini dapat memengaruhi penampilan mereka. Oleh sebab itu, Anda perlu mewaspadai terjadinya kondisi ini pada si Kecil.

Untuk itu, yuk kenali macam-macam penyebab gigi kuning pada anak berikut ini.

1. Plak

Kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah penyebab umum gigi menjadi kuning. Tanpa pembersihan yang rutin dan tepat, plak akan menempel pada permukaan gigi sehingga gigi akan terlihat lebih kuning.

Tak hanya itu, beberapa makanan dan minuman juga bisa menyebabkan pewarnaan pada gigi sehingga meninggalkan noda di permukaannya.

Nah, ketika zat-zat tersebut tidak dibersihkan dengan benar, maka dapat mengakibatkan penumpukan dan perubahan warna.

Artikel Lainnya: Alasan Mengapa Anak Harus Menggosok Gigi di Malam Hari

1 dari 4

2. Gigi Berlubang

Ilustrasi Gigi Berlubang pada Anak
loading

Adanya gigi berlubang dapat membuat gigi terlihat kuning. Anda mungkin juga akan melihat bintik-bintik berwarna gelap yang disebabkan oleh pembusukan gigi. Seiring waktu, bintik-bintik ini dapat menghasilkan sebuah rongga, yang merupakan gigi berlubang.

Jika Anda mendapati kondisi ini pada gigi anak, segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan sesegera mungkin. Hal ini juga berguna untuk mencegah infeksi gigi di kemudian hari.

3. Trauma

Saat gigi terkena trauma, pembuluh darah bisa pecah dan membuat gigi tampak kuning, cokelat, atau abu-abu hingga hitam. Kondisi ini tentu dapat memengaruhi lapisan email gigi itu sendiri.

Apabila jaringan pulpa menjadi mati, perubahan warna akan terus berlanjut dan biasanya menjadi lebih parah seiring berjalannya waktu.

Artikel Lainnya: Inilah Biang Keladi Gigi Anak Keropos

2 dari 4

4. Genetik

Gigi Kuning pada Anak karena Genetik
loading

Warna gigi yang kuning pada anak bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Lapisan enamel gigi yang tipis, misalnya, dapat menyebabkan gigi terlihat kuning atau berubah warna.

Enamel gigi yang tipis juga dapat membuat anak Anda berisiko mengalami kerusakan gigi dan masalah gigi lainnya.

5. Suplemen

Anak-anak memiliki risiko untuk mengalami fluorosis. Kondisi ini terjadi ketika gigi si Kecil terpapar terlalu banyak fluoride melalui air atau pasta gigi.

Fluorosis dapat menyebabkan bintik-bintik putih atau cokelat pada gigi, serta warna di sekitar enamel terlihat kuning.

3 dari 4

6. Kondisi Medis dan Obat-obatan

Gigi Kuning pada Balita karena Kondisi Medis dan Obat-obatan
loading

Beberapa kondisi medis, seperti hepatitis, jaundice, dan lainnya dapat menyebabkan gigi anak tampak kuning. Selain itu, obat yang dikonsumsi ibu selama masa kehamilan atau saat anak masih kecil juga bisa memicu perubahan warna gigi.

Umumnya, perubahan warna ini adalah tampak kekuningan pada anak-anak. Sementara pada anak yang usianya lebih besar, gigi juga bisa tampak kecokelatan.

Baca Juga

Itulah beberapa hal yang bisa memicu gigi kuning pada anak. Anda dapat mengatasinya dengan cara meningkatkan frekuensi menyikat gigi anak. Hindari juga memberikan si Kecil minuman seperti teh yang bisa menyebabkan giginya kuning.

Selain itu, bila Anda melihat adanya perubahan warna gigi anak menjadi lebih pekat disertai keluhan nyeri, rusak menghitam atau lainnya, segera bawa si Kecil ke dokter gigi.

Ingin tanya kepada dokter seputar masalah gigi kuning pada anak? Jangan sungkan untuk chat langsung melalui layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[WA]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

drg. Tika Prana Pramita, Sp. KG

Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Max Johnson, Sp. BM

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Robin, Sp. Perio

Dokter Gigi Spesialis Periodonsia
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Gejala Gangguan Perkembangan Anak yang Harus Diwaspadai

Info Sehat
23 Des

Waspada, Ini Tanda Bayi Anda Obesitas!

Info Sehat
23 Des

Atasi Long COVID pada Anak, Bolehkah Diberi Paracetamol?

Info Sehat
21 Des

Tips Menjaga Kesehatan Anak di Musim Pancaroba

Info Sehat
21 Des

Kepala Peyang pada Bayi, Bisa Diperbaiki?

Info Sehat
17 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat