Manfaat Minyak Cengkeh untuk Menghilangkan Jerawat Punggung

Ada satu essential oil yang dipercaya bisa bantu hilangkan jerawat punggung, yaitu minyak cengkeh. Benar tidaknya khasiat dari minyak tersebut, ini tanggapan dokter.
Manfaat Minyak Cengkeh untuk Menghilangkan Jerawat Punggung

Klikdokter.com, Jakarta Tak cuma di wajah, jerawat juga kerap muncul di punggung (back acne). Meski tidak langsung kelihatan seperti di muka, tapi bagi sebagian orang, jerawat punggung juga bikin tak nyaman! Apalagi kalau jumlahnya cukup banyak dan bergesekan dengan pakaian yang agak ketat.

Untuk menghilangkan masalah tersebut, minyak cengkeh dipercaya bisa berguna. Caranya mudah, tinggal dioleskan dengan rutin di bagian punggung yang berjerawat.

Namun, apa khasiat tersebut benar bisa menyembuhkan? Atau jangan-jangan, minyak cengkeh justru memperparah jerawat?

Mengintip Kandungan dalam Minyak Cengkeh

Tak kenal maka tak sayang. Sebelum menjelaskan lebih lanjut soal efektivitas minyak cengkeh, sebaiknya ketahui dulu zat apa saja yang terkandung dalam minyak esensial satu ini.

Dalam penelitian berjudul Handbook of Herbs and Spices (Second Edition) yang diterbitkan tahun 2012 silam, minyak cengkeh merupakan campuran berbagai senyawa dengan tiga bahan aktif utama.

Pertama ada bahan eugenol (89,6 persen), eugenyl acetate (1,7 persen), dan caryophyllene (8,6 persen).

Menurut Food and Agricultural Organization (FAO), Indonesia menghasilkan 70 persen minyak cengkeh. Minyak ini didapatkan dari penyulingan pucuk, daun, atau batang cengkeh.

Sedangkan di Inggris, minyak cengkeh yang dianggap baik umumnya mengandung 85-89 persen zat eugenol.

Artikel Lainnya: Segudang Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

1 dari 4

Manfaat Minyak Cengkeh untuk Jerawat Punggung

Manfaat Minyak Cengkeh untuk Jerawat Punggung
loading

Sejauh ini, minyak cengkeh telah digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi, khususnya nyeri gigi dan otot. Tak cuma itu, minyak ini juga sering digunakan untuk membunuh bakteri, melegakan saluran pernapasan, hingga mengatasi gangguan pencernaan.

Lalu, bagaimana dengan kulit? Ternyata, sudah ada penelitian yang membahas khasiat minyak cengkeh terhadap kondisi gatal yang parah (pruritus).

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Cosmetic of Dermatology tahun 2017 sempat mencari tahu efektivitas minyak cengkeh terhadap 50 pasien. 

Dua puluh lima pasien diberikan pengobatan topikal dengan minyak cengkeh, sedangkan sebagian lainnya hanya menggunakan petroleum jelly.

Hasilnya, mereka yang memakai minyak esensial terbukti lebih cepat sembuh dari gatal ketimbang yang tidak menggunakannya. Pengobatan dengan minyak cengkeh juga dianggap sebagai sebagai metode yang aman, murah, dan minim efek samping.

Menanggapi hal itu, dr. Arina Heidyana menjelaskan, “Minyak ini bisa mengatasi jerawat karena kandungan antimikroba dan antiseptiknya. Cara menggunakannya juga mudah, oleskan saja di bagian yang berjerawat,” jelasnya.

Di dalam minyak cengkeh, eugenol adalah zat yang diyakini berjasa dalam membasmi jerawat punggung karena mengandung sifat antimikroba dan antiseptik.

Eugenol dalam minyak cengkeh juga memiliki kualitas antiseptik yang baik sehingga bisa mengobati berbagai masalah kulit dan mencegah kekambuhannya.

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Cengkeh untuk Sakit Gigi yang Perlu Anda Tahu

2 dari 4

Tips Memakai dan Memilih Produk Minyak Cengkeh

Minyak Cengkeh
loading

Ada hal yang menurut dr. Arina harus diperhatikan sebelum memakai minyak cengkeh. Sebab, jika digunakan sembarangan, minyak cengkeh dapat menimbulkan risiko efek samping.

“Yang perlu diingat, tetap cek alergi sebelum pakai minyak cengkeh sebagai cara menghilangkan jerawat punggung. Coba oleskan sedikit dulu, jika tak ada reaksi negatif selama beberapa jam, maka aman. Untuk yang kulitnya sensitif, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengoleskan demi mencegah iritasi,” saran dr. Arina.

Tertarik untuk membeli minyak esensial ini untuk menghilangkan jerawat punggung dan rasa gatalnya? Dilansir dari Healthline, berikut tips membeli minyak cengkeh yang asli dan aman digunakan:

  • Minyak Harus Dalam Botol Kaca Gelap

Beli minyak cengkeh dengan botol kaca berwarna gelap. Kaca gelap dapat menahan cahaya atau sinar yang berisiko merusak kandungan minyak cengkeh.

  • Ketahui Nama Ilmiah Cengkeh

Nama ilmiah cengkeh harus disertakan dalam label produk, yaitu Syzygium aromaticum atau Eugenia caryophyllata.

  • Perhatikan Kemurniannya

Beli minyak yang mengandung cengkeh 100 persen. Jika ada bahan lain, bahan-bahan tersebut harus dicantumkan di label.

Artikel Lainnya: Jerawat di Punggung, Atasi dengan Cara Efektif Ini!

3 dari 4

Bagaimana Caranya agar Jerawat Punggung Tak Muncul Lagi?

Jerawat di Punggung
loading

Apabila Anda berhasil menghilangkan jerawat punggung dengan minyak cengkeh, ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya masalah tersebut tak datang lagi. Misalnya saja:

  • “Hindari menggunakan pakaian ketat dan lebih rajin mandi,” saran dr. Arina. Munculnya jerawat punggung biasanya disebabkan oleh keringat dan penyumbatan folikel oleh sel kulit mati. Dengan rajin mandi dan pakai baju yang longgar serta menyerap keringat, hal tersebut bisa dicegah.
  • “Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sabun yang memang khusus untuk mencegah timbulnya jerawat,” kata dr. Arina.
  • Apabila cara menghilangkan jerawat punggung dengan minyak cengkeh kurang ampuh, Anda bisa mencoba mengoleskan atau menggunakan produk kulit yang mengandung tea tree oil. “Obat benzoil peroksida pun bisa menghilangkan jerawat,” kata dr. Arina.

Minyak cengkeh memang bisa menjadi salah satu essential oil yang dapat mengatasi jerawat punggung. Untuk pemakaiannya, Anda tetap harus berhati-hati karena tak semua orang cocok dengan minyak tersebut.

Karena itulah, penting untuk melakukan tes alergi dan mengoleskan sedikit dulu demi melihat reaksinya.

Baca Juga

Apabila masih ada pertanyaan seputar jerawat atau keluhan kulit lain, langsung saja konsultasikan hal tersebut kepada dokter kami lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Benarkah Amoxicillin Bisa Obati Jerawat?

Info Sehat
06 Okt

Jerawat di Punggung, Atasi dengan Cara Efektif Ini!

Info Sehat
21 Sep

Sering Beruntusan, Ketahui Cara Hilangkan Jerawat Pasir

Info Sehat
18 Sep

Mengulik Manfaat Masker Kayu Manis untuk Jerawat

Info Sehat
17 Sep

Hindari Yuk, Ini Alasan Jerawat Muncul di Bibir!

Info Sehat
12 Sep

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk