Balita Sulit BAB Akibat Makan Pisang, Ini Penjelasannya!

Ada beberapa orang tua yang takut memberikan anaknya buah pisang karena bisa sebabkan susah BAB. Benarkah demikian?
Balita Sulit BAB Akibat Makan Pisang, Ini Penjelasannya!

Klikdokter.com, Jakarta Beberapa makanan, khususnya buah-buahan, bisa menyebabkan balita susah buang air besar (BAB) atau sembelit. Kalau sudah begini, orang tua biasanya panik bukan kepalang.

Salah satunya Oki (29), ia kerap khawatir saat anaknya sembelit setelah makan pisang. Ia mengaku, pisang membuat anaknya yang masih berusia 2 tahun kadang menangis sambil memegangi perutnya.

"Saya perhatikan kalau sehabis makan pisang, anak saya susah BAB. Suka juga memegangi perutnya, mungkin merasakan kesakitan karena susah BAB, ya. Saya jadi takut kasih pisang ke anak saya, akhirnya saya kurangi pemberiannya,” curhat Oki.

Apa yang dialami oleh Oki, bisa jadi dialami juga oleh orang tua lainnya. Lantas, apa benar makan pisang menyebabkan anak susah BAB?

Artikel Lainnya: Sederet Manfaat Pisang untuk si Kecil Usia 6 Bulan

1 dari 3

Benarkah Pisang Menyebabkan Anak Sembelit?

Pisang
loading

Menurut dr. Devia Irine Putri, jawabannya bisa iya dan juga bisa tidak. Bagaimana buah ini menyebabkan susah BAB tergantung dari jenis pisang yang diberikan ke anak. 

"Kalau yang dikonsumsi masih setengah matang atau kulitnya masih hijau, bisa buat konstipasi karena ada kandungan pati yang sulit dicerna. Kalau yang sudah matang (warna kulit pisang kuning atau ada bintik cokelat) justru bisa membantu mengurangi sembelit," ungkap dr. Devia Irine.

Ia juga menambahkan, pisang memang buah yang mengandung serat. Jadi, kalau terlalu banyak dikonsumsi bayi, bisa berisiko mengalami sembelit juga.

Apa ada porsi atau takaran ideal saat memberikan buah pisang ke anak? Dokter Devia menjawab, "Kalau jumlahnya tidak ada aturan bakunya, mungkin bisa dimulai bertahap. Misalnya, pertama kasih pisang yang kecil atau setengahnya. Kemudian kalau tidak ada keluhan bisa dinaikkan bertahap.” 

Artikel Lainnya: Apakah Pisang Kerok Aman untuk si Kecil?

2 dari 3

Penyebab Lain Anak Susah Buang Air Besar

Ilustrasi Anak Susah Buang Air Besar
loading

Beberapa jenis buah pisang memang bisa menyebabkan anak susah BAB. Akan tetapi, ada beberapa hal lain yang lebih sering menyebabkan anak sembelit. Berikut daftar pemicu anak sembelit menurut dr. Devia Irine:

  • Ketika bayi diperkenalkan makanan baru, biasanya di masa-masa awal pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI).
  • Anak yang tubuhnya kekurangan cairan karena kurang minum air putih atau ASI juga bisa sulit BAB.
  • Mengonsumsi susu formula juga bisa menyebabkan anak sembelit.
  • Anak yang kurang gerak akibat terlalu banyak menonton televisi, main video games, dan jarang olahraga.
  • Masalah psikologis seperti sedang toilet training atau stres berada di lingkungan baru (misalnya sekolah) dapat membuat si kecil merasa tertekan dan sulit BAB.
  • Anak yang mengonsumsi obat-obatan dari dokter, misalnya suplemen atau vitamin yang tinggi zat besi berisiko mengalami sembelit.
Baca Juga

"Untuk pengenalan makanan baru, bisa juga karena anak terlalu banyak makan serat. Perubahan tekstur makanan juga bisa, misalnya dari yang lembut jadi agak kasar," kata dr. Devia

Itu dia penjelasan buah pisang yang menyebabkan anak mengalami susah BAB. Apabila ingin tahu lebih lanjut seputar buah, sayuran, atau faktor lain pemicu sembelit, baca terus artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter. Untuk konsultasi langsung dengan dokter, gunakan fitur Live Chat. 

(OVI/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Anak Sembelit? Ini Cara Mengatasinya

Info Sehat
25 Sep

Asupan Probiotik untuk Mengatasi Sembelit pada Anak

Info Sehat
26 Jun

Bedanya Sakit Perut karena Radang Pencernaan dengan Keracunan

Info Sehat
25 Mar

Atasi Sembelit dengan Kopi, Efektifkah?

Info Sehat
25 Feb

Susah BAB Sampai Terkena Demam, Kok Bisa?

Info Sehat
25 Jan

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk