3 Buah Terbaik untuk Mengurangi Mata Minus
searchtext customer service

Jenis Buah yang Bisa Mengurangi Minus pada Mata

Anda punya gangguan rabun jauh? Coba konsumsi beberapa jenis buah untuk mata minus ini guna mengurangi keluhan yang dirasakan. Apa saja?
Jenis Buah yang Bisa Mengurangi Minus pada Mata

Klikdokter.com, Jakarta Untuk bisa melihat suatu objek dengan jelas, penderita rabun jauh biasanya akan memakai kacamata minus sesuai kebutuhannya.

Namun, di samping menggunakan kacamata, cara-cara penyembuhan dengan konsumsi buah-buahan untuk mata minus turut dipraktikkan.

Ya, buah-buahan tertentu dipercaya berkhasiat untuk menurunkan minus pada mata. Apakah hal ini sudah tepat? Mari simak ulasannya berikut.

1 dari 3

Mengenal Mata Minus Lebih Dekat

Mengenal Mata Minus Lebih Dekat
loading

Sebelum membahas lebih jauh, Anda harus tahu mengapa mata minus bisa terjadi. Dokter Devia Irine Putri menjelaskan, miopi atau mata minus disebabkan oleh kondisi bola mata seseorang yang terlalu panjang.

Selain itu, mata minus juga bisa terjadi karena kornea mata yang terlalu melengkung. Kondisi tersebut biasanya diwariskan dari orang tua ke anak.

“Anak-anak yang orang tuanya punya miopia memang umumnya berisiko mengalami hal serupa,” kata dr. Devia. 

Dalam studi, Pusat Nasional untuk Informasi Bioteknolog (NCBI), Amerika Serikat, kedua orang tua yang memiliki mata minus berisiko enam kali lipat memiliki anak dengan kondisi serupa.

Di samping faktor keturunan, kebiasaan menatap objek jarak dekat terlalu lama juga menyebabkan gangguan mata minus. Mata juga harus digunakan untuk melihat objek jarak jauh agar tetap sehat. 

Artikel Lainnya: Selain Wortel, Ini Makanan yang Membuat Mata Sehat

2 dari 3

Buah untuk Atasi Mata Minus

loading

Beragam cara dilakukan untuk mengatasi rabun jauh, mulai dari prosedur medis hingga yang bersifat alami. Salah satunya melalui konsumsi buah-buahan.

Menurut dr. Dyah Vita Anggraini beberapa buah yang bagus untuk mata minus. Dengan catatan, angka minus mata masih rendah. 

“Kalau minus masih rendah, minus setengah atau 1 bisa dibantu vitamin A.  Namun, tetap kalau minusnya sudah tinggi banget itu enggak bisa pakai buah-buahan saja. Harus melalui terapi LASIK (Laser-Assisted in situ Keratomileusis),” dia menambahkan. 

Adapun beberapa buah yang diyakini dapat mengurangi minus pada mata, antara lain:

1. Tomat

Tomat
loading

Perlu diketahui, tomat dapat digolongkan sebagai buah sekaligus sayuran. Tomat kaya akan vitamin A sehingga dipercaya bisa mengurangi minus pada mata. 

“(Itu karena) kandungan carotinoidnya atau caroten (pada tomat),” sebut dr. Dyah Novita.

Caroten memiliki sifat antioksidan sehingga bisa membantu menjaga kesehatan mata. 

2. Buah Sitrus

Lemon Merupakan Buah Sitrus
loading

Buah untuk mengurangi minus mata berikutnya adalah sitrus. Buah dengan rasa asam ini terkenal akan kandungan vitamin C-nya yang kaya.

Dilansir Medical News, vitamin C adalah antioksidan yang direkomendasikan American Optometric Association (AOA) guna melawan kerusakan mata. 

Beberapa buah untuk mengurangi mata minus lain yang kaya vitamin C antara lain:

  • Jeruk
  • Lemon
  • Anggur

3. Blewah

Blewah (Foto: Liputan6)
loading

Blewah dikenal dengan kandungan vitamin A-nya yang tinggi. Karena itu, mengonsumsi buah untuk mata minus ini secara teratur baik untuk kesehatan indera penglihatan Anda. 

Selain konsumsi buah untuk kesehatan mata minus, Anda juga harus mengatur gaya hidup sehat. "Contohnya kalau membaca jangan di tempat yang gelap,” dr. Vita menyarankan. 

Artikel Lainnya: 10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

Di samping itu, saat menatap layar komputer, penting juga menerapkan metode 20-20-20. Maksudnya, setelah melihatnya 20 menit, istirahatkan mata selama 20 detik. Juga, pastikan jarak dengan gawai sejauh 20 kaki dari posisi Anda. 

“Pastikan juga memperhatikan jarak antara mata dengan gadget atau TV. Jangan lupa untuk mengistirahatkan mata. Selalu rutin cek kesehatan mata, terutama jika memang punya masalah kesehatan mata,” urai dr. Devia.

Baca Juga

Menerapkan pola hidup sehat di atas, membuat mata minus sebisa mungkin dapat dikurangi. Dengan demikian, hal tersebut tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jangan lewatkan informasi seputar penyakit, nutrisi, dan juga gaya hidup dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

ARTIKEL TERKAIT

Nanas Muda Bisa Mencegah Hamil, Mitos Atau Fakta?

Info Sehat
01 Jan

Makan Apel, Lebih Baik dengan Kulitnya atau Dikupas?

Info Sehat
30 Des

Buah Ini Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan

Info Sehat
30 Des

Bolehkah Penderita Asam Lambung Makan Buah Naga?

Info Sehat
19 Des

Manfaat Aneka Jenis Buah Berry bagi Kesehatan Anda

Info Sehat
17 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat