Menyingkap Manfaat Bekam untuk Jerawat

Bekam bukan hanya untuk tubuh. Terapi tradisional ini bisa juga dilakukan di wajah untuk mengatasi jerawat. Seberapa efektif manfaat bekam jerawat?
Menyingkap Manfaat Bekam untuk Jerawat

Klikdokter.com, Jakarta Bekam merupakan terapi tradisional yang dipercaya bisa mengatasi berbagai penyakit. Terapi ini ternyata tak hanya bisa dilakukan di tubuh, tapi juga di wajah. Sebutannya, bekam jerawat.

Bagi orang-orang yang telah mencoba bekam jerawat, terapi ini dinilai efektif dalam membantu mengurangi keluhan. Lantas, apakah medis setuju dengan hal tersebut?

 

1 dari 3

Mengenal Bekam Lebih Dekat

Mengenal Bekam Lebih Dekat
loading

Bekam dilakukan dengan bantuan cangkir khusus. Terapis akan meletakkan cangkir tersebut di kulit selama beberapa menit untuk menyedot.

Alat bekam atau cangkir untuk menyedot kulit biasanya terbuat dari kaca, bambu, tembikar, atau silikon.

Bekam terbagi menjadi dua, yakni basah dan kering. Keduanya dibedakan dari jenis terapi yang menyertai.

Dalam bekam kering, terapis hanya akan ‘menyedot’ kulit menggunakan alat khusus tanpa disertai dengan tindakan lanjutan.

Sedangkan pada bekam basah, kulit yang telah selesai ‘disedot’ dengan alat khusus akan diberikan luka ringan menggunakan pisau bedah untuk mengeluarkan sedikit darah.

Setelah itu, pasien juga mungkin akan mendapatkan salep dan perban antibiotik untuk mencegah infeksi. Kulit akan terlihat normal kembali dalam 10 hari.

Artikel Lainnya: Mengenal Efek Samping Terapi Bekam

2 dari 3

Menyingkap Efektivitas Bekam Jerawat Menurut Medis

Menyingkap Efektivitas Bekam Jerawat Menurut Medis
loading

Masih belum banyak penelitian medis yang membahas efektivitas bekam. Satu studi pada tahun 2015 yang terbit di Journal of Traditional and Complementary Medicine mencatat, bekam dapat membantu mengatasi jerawat, herpes zoster, dan manajemen nyeri.

Hal serupa juga pernah ditemukan pada penelitian sebelumnya di tahun 2012. Penelitian yang terbit di jurnal PLoS One ini meninjau 135 studi tentang bekam.

Para peneliti menyimpulkan, terapi bekam mungkin efektif ketika orang juga mendapatkan perawatan lain, seperti akupunktur atau obat-obatan. Dengan kata lain, bekam diduga hanya dapat bersifat sebagai terapi pendukung.

Artikel Lainnya: Benarkah Bekam Efektif Atasi Hipertensi?

Bagaimana dengan bekam jerawat? Menurut dr. Valda Gracia, bekam jerawat tidak terlalu disarankan. Sebab, tidak semua orang cocok untuk melakukannya.

“Hal ini (bekam jerawat) sebenarnya tidak disarankan,” kata dr. Valda.

“Peningkatan tekanan di permukaan kulit wajah bisa memperparah peradangan. Pada dasarnya, wajah lebih sensitif dibanding kulit bagian tubuh lain, terlebih jika sedang berjerawat,” tegasnya.

Jika Anda memaksakan diri untuk melakukan bekam jerawat, ada pula beberapa efek samping yang mungkin timbul. Misalnya, pusing, mual, keringat dingin, dan lainnya.

Jika sudah siap dengan kemungkinan efek samping dan hasil yang belum tentu optimal, berikut ini beberapa langkah persiapan bekam jerawat yang perlu dilakukan:

  • Cuci wajah dan keringkan dengan lembut.
  • Pijat lembut wajah Anda dengan tangan untuk melepaskan ketegangan awal.
  • Pastikan cangkir atau alat bekam dalam keadaan bersih.
  • Gunakan sedikit air hangat untuk membuka kembali pori-pori di wajah.
Baca Juga

Manfaat bekam jerawat masih belum dapat dibuktikan secara medis. Tindakan tersebut bahkan berpotensi menyebabkan efek samping merugikan, apalagi bila dilakukan sembarangan.

Jika Anda masih punya pertanyaan mengenai bekam jerawat atau terapi kesehatan lainnya, tak perlu sungkan untuk bertanya kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Obat Jerawat yang Ampuh dan Dijual Bebas

Info Sehat
10 Nov

Sering Minum Minuman Beralkohol Bikin Jerawatan? Ini Faktanya!

Info Sehat
09 Nov

Ampuhkah Hilangkan Jerawat dengan Es Batu?

Info Sehat
27 Okt

Fakta Penggunaan Baking Soda untuk Hilangkan Jerawat

Info Sehat
21 Okt

Manfaat Minyak Cengkeh untuk Menghilangkan Jerawat Punggung

Info Sehat
12 Okt

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk