5 Manfaat Minum Jeruk Setelah Makan Daging
searchtext customer service

Tak Cuma Segar, Ini Manfaat Minum Jeruk Setelah Makan Daging

Jarang pesan es jeruk atau jeruk hangat di tempat makan? Sayang sekali! Padahal, minum air jeruk setelah makan daging ada manfaat sehatnya buat tubuh, lo!
Tak Cuma Segar, Ini Manfaat Minum Jeruk Setelah Makan Daging

Klikdokter.com, Jakarta Teh barangkali merupakan minuman yang paling sering dipesan di warung makan, termasuk di gerai yang menjajakan menu olahan berbahan daging. 

Kalau mau makan daging, kamu juga bisa mempertimbangkan memesan segelas jeruk hangat, jus jeruk, atau es jeruk. 

Soalnya, minum jeruk setelah makan daging terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat minum es jeruk setelah makan daging? Yuk, cari tahu.

Manfaat Minum Jeruk setelah Makan Daging

Manfaat Minum Jeruk setelah Makan Daging

Ada sejumlah manfaat minum jeruk setelah makan daging, di antaranya:

  1. Membantu Penyerapan Zat Besi

Ketika kafein dalam teh bisa menghambat penyerapan zat besi yang kamu peroleh dari aneka daging, jeruk justru sebaliknya. Vitamin C dalam jeruk membantu penyerapan zat besi. 

Manfaat sehat yang satu ini berlaku untuk semua jenis jeruk, baik itu jeruk mandarin, jeruk bali, jeruk nipis, jeruk lemon, dan lain sebagainya.

  1. Jantung, Pembuluh Darah, dan Kolesterol Terjaga 

Tak cuma membantu penyerapan zat besi, antioksidan dalam jeruk juga membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.  Alhasil, tekanan darah kamu tetap stabil.

Serat yang ada di jeruk pun mampu menurunkan kolesterol jahat sehingga risiko penyakit jantung turut menurun.

Artikel Lainnya: Sakit Gigi Sehabis Makan Daging Kambing? Ini Penyebabnya

  1. Meski Kenyang, Tapi Tak Bikin Lemas

Makan daging memang bikin kenyang. Namun, ketika penyerapan zat besi dari daging terhalang oleh kafein yang diminum, badan bisa jadi sedikit lemas. 

Lain halnya jika yang kamu konsumsi adalah air jeruk. Vitamin C di dalam minuman penetralisir setelah makan daging ini bisa membantu penyerapan zat besi.

Sehingga, pembentukan sel darah merah jadi lebih optimal dan tubuh mendapatkan oksigen yang cukup. Alhasil, kamu tidak akan mengalami badan lemas setelah makan daging.

  1. Tidak Menambah Kalori Berlebih

Kalori bisa datang dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Bayangkan, sudah makan banyak daging lalu minuman yang dipilih adalah milkshake cokelat. 

Tentunya, hal ini bisa membuat tubuh kemasukan kalori berlebih. Nah, jeruk manis berukuran sedang mengandung 62 kalori. 

Agar kamu bisa memperoleh manfaat minum es jeruk tanpa menambah kalori berlebih, hindari menambahkan gula, ya!

  1. Imunitas Tubuh Jadi Lebih Baik 

Manfaat minum atau makan jeruk setelah makan daging adalah menjaga daya tahan tubuh. Khasiat ini berasal dari kandungan vitamin C yang ada pada jeruk.

Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang melawan peradangan akibat stres oksidatif. Stres oksidatif adalah kondisi ketika kadar radikal bebas di dalam tubuh lebih banyak dibandingkan antioksidan.

Kondisi ini bisa menyebabkan peradangan dan mengurangi daya tahan tubuh. Nah, manfaat vitamin C di dalam jeruk bisa bantu mengurangi risiko peradangan. Pada gilirannya, minum jeruk bisa membantu menjaga imunitas tubuh menjadi lebih prima. 

Artikel Lainnya: Sakit Perut Setelah Makan Daging, Apa Penyebabnya?

Tips Minum Jeruk setelah Makan Daging

Minum Jeruk setelah Makan Daging

Di balik manfaat yang ditawarkan, terkadang ada efek lain yang perlu diperhatikan. Memang, secara umum efek samping minum es jeruk setelah makan daging itu tidak ada. Namun, kamu tetap perlu waspada. 

Beberapa efek samping yang mungkin muncul, misalnya sakit perut, mual, hingga diare. Efek samping bisa muncul apabila kamu terlalu banyak minum es jeruk. 

Nah, jika kamu punya keluhan asam lambung dan lambungnya sering terasa perih, hindari mengonsumsi jeruk yang terlampau asam. Kamu bisa memilih jeruk yang manis, misalnya jeruk mandarin. 

Apabila air jeruk yang diminum terlalu asam, lebih baik tambahkan kadar air putihnya atau sedikit gula. Meski begitu, hindari menggunakan gula terlalu banyak agar jumlah kalori tidak bertambah. 

Jika kamu tak mau menambah gula karena dapat merusak gizi di dalamnya, pilih buah lain yang kaya akan vitamin C dengan rasa yang lebih netral atau manis. Buah yang dimaksud, misalnya, kiwi, jambu merah, atau nanas. 

[bacajuga:Baca Juga](2698715 3645807 3646387)

Enggak cuma bikin dahaga hilang, minum jeruk setelah makan daging ternyata menawarkan sejumlah manfaat kesehatan. Kamu bisa menggunakan jeruk jenis apa saja untuk mendapatkan manfaat di atas.

Yuk, #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengetahui informasi seputar asupan sehat yang baik untuk tubuh. Kamu juga bisa berkonsultasi mengenai masalah kesehatan melalui fitur tanya dokter online di KlikDokter. Jangan tunggu sakit, ayo segera konsultasi!

(ADT/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Ragam Manfaat Buah Mengkudu untuk Wajah Mulus dan Sehat

Info Sehat
15 Jul

Pilihan Jus Buah Segar untuk Dukung Program Hamil

Info Sehat
08 Jul

Baca Ini Sebelum Memanggang Daging Saat Iduladha

Info Sehat
08 Jul

Bahaya Daging Olahan yang Harus Diwaspadai

Info Sehat
06 Jul

Cara Memasak Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak Bau

Info Sehat
04 Jul

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat