Menangani Gangguan Kecemasan pada Anak Down Syndrome

Anak down syndrome rentan alami anxiety disorder, bagaimana orang tua mengatasinya? Intip tips dari psikolog lewat pembahasan berikut ini.
Menangani Gangguan Kecemasan pada Anak Down Syndrome

Klikdokter.com, Jakarta Merawat dan mengasuh anak dengan down syndrome butuh usaha ekstra. Terlebih, jika anak dengan down syndrome memiliki anxiety disorder. Orang tua harus bersabar dan tahu trik untuk meredakan kecemasan si buah hati.

Untuk itu, ketahui beberapa tips dari psikolog untuk menangani gangguan kecemasan yang dialami oleh anak down syndrome.

 

1 dari 3

Gejala Anxiety Disorder yang Dialami Anak Down Syndrome

Gejala Anxiety Disorder yang Dialami Anak Down Syndrome
loading

Anxiety disorder atau gangguan kecemasan merupakan perasaan cemas dan takut secara berlebihan. Kecemasan yang dialami bisa muncul tanpa sebab. Meski pada dasarnya setiap orang pernah mengalami cemas, orang dengan anxiety disorder umumnya lebih sulit untuk mengendalikan perasaannya.

Anxiety disorder bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak dengan down syndrome. Dijelaskan oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, gejala gangguan kecemasan yang dialami anak down syndrome sebenarnya sama dengan gejala anxiety disorder pada umumnya.

Psikolog Ikhsan mengatakan, orang yang mengidap anxiety disorder umumnya menunjukan perilaku tidak tenang, jantung berdebar, keringat dingin, dan panik. Bahkan, beberapa ada yang sampai gemetar di sekujur atau hanya bagian tubuh tertentu dan tidak bisa berkonsentrasi dalam waktu yang lama.

Artikel Lainnya: Cara Melatih Kemampuan Mengingat Anak Down Syndrome

“Pada anak down syndrome, kemungkinan mereka tidak bisa konsentrasi memang bisa terjadi kapan saja. Tapi, ketika anxiety disorder menyerang, gejala ini akan semakin parah, bahkan anak jadi tidak bisa diam dan terus terlihat gelisah,” jelas Ikhsan.

Adapun beberapa penyebab anxiety disorder yang dapat dialami anak down syndrome.Di antaranya sebagai berikut:

  • Anak kurang bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Sehingga pada masa transisi tersebut, anak tidak bisa menyesuaikan diri, lalu ia menjadi stres dan cemas.
  • Sedang berada di tempat yang asing juga bisa jadi alasan lainnya mengapa anak mengalami anxiety disorder. Karena merasa tidak kenal dengan wilayah yang mereka datangi, anak jadi merasa cemas dan ketakutan.
  • Anak ditinggal bersama orang yang baru dikenalnya juga bisa memicu gangguan kecemasannya muncul.

Apabila anxiety disorder yang dialami anak down syndrome tidak ditangani dengan tepat, kondisi tersebut dapat memengaruhi kehidupannya dewasa nanti.

“Dampaknya si anak bisa menarik diri dari lingkungan dan banyak aktivitasnya terganggu. Selain itu, anak dengan down syndrome juga bisa mengalami insomnia atau gangguan tidur. Anak juga jadi memiliki emosi yang semakin tidak stabil dan ini membuatnya jadi sulit untuk berinteraksi sosial,” jelas Ikhsan.

Artikel Lainnya: Cara Melatih Kemampuan Mengingat Anak Down Syndrome

2 dari 3

Penanganan Anxiety Disorder pada Anak Down Syndrome

Penanganan Anxiety Disorder pada Anak Down Syndrome
loading

Umumnya, anak dengan down syndrome tidak menyadari bahwa mereka sedang mengalami gangguan kecemasan. Karena itu, peran orang tua dibutuhkan untuk membantu menenangkan anak down syndrome saat gangguan kecemasan menyerang.

Dijelaskan oleh psikolog Ikhsan, berikut beberapa cara menangani gangguan kecemasan yang dialami oleh anak down syndrome:

  • Anda bisa mengalihkan perhatian anak dengan kegiatan lainnya. Misalnya, ajak mereka untuk bermain ke luar rumah, bermain dengan mainan kesukaan, atau sekedar mengajaknya bernyanyi bersama. Dengan cara ini, anak bisa lebih tenang dan lupa dengan kecemasan yang dimiliki.
  • Apabila gejala yang dialami sangat kuat dan sudah melukai fisik sang anak, penanganan anxiety disorder butuh terapi dari psikolog/psikiater. Jika gejalanya sampai merugikan atau melukai diri sendiri psikiater akan memberikan obat untuk menenangkan anak dengan down syndrome.

Namun biasanya, terapi ke psikolog saja sudah cukup untuk membantu mengurangi kecemasan pada anak down syndrome, kok.

  • Ajak mereka olahraga agar tubuh dan pikirannya jadi lebih rileks. Anda bisa mengajak anak olahraga yang menyenangkan seperti bermain sepak bola, berenang, bermain sepatu roda, jalan santai, dan sebagainya.

“Jangan panik melihat anak down syndrome mengalami anxiety disorder. Semakin Anda panik, semakin cemas juga perasaan anak. Karena itu, tetap tenang dan berikan mereka segelas air putih agar perasaannya lebih tenang,” tutup Ikhsan.

Baca Juga

Itu dia cara menangani gangguan kecemasan yang dialami oleh anak down syndrome. Untuk tahu tips parenting lainnya, baca terus artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Cara Menyalurkan Bakat Anak dengan Down Syndrome

Info Sehat
12 Nov

Peran Ayah saat Anak Down Syndrome Di-bully

Info Sehat
11 Nov

Olahraga yang Tepat untuk Anak Down Syndrome

Info Sehat
13 Mei

Kenali Ciri-Ciri Bayi Down Syndrome

Info Sehat
13 Mei

Komplikasi yang Sering Terjadi pada Anak Down Syndrome

Info Sehat
05 Mei

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk