Penyebab dan Cara Menghilangkan Kutil pada Anak
searchtext customer service

Penyebab dan Cara Mengatasi Kutil di Tubuh Anak

Kutil juga bisa muncul di tubuh anak-anak. Simak apa saja penyebab dan cara menghilangkan kutil pada anak berikut ini.
Penyebab dan Cara Mengatasi Kutil di Tubuh Anak

Klikdokter.com, Jakarta Kutil tidak hanya dialami orang dewasa, tapi bisa juga terjadi pada anak-anak. Meski tidak berbahaya, keluhan kutil pada anak tetap harus diperhatikan oleh orang tua.

Layaknya masalah kulit lainnya pada anak, kutil perlu penanganan secara tepat dan tuntas. Simak penyebab dan cara menghilangkan kutil pada anak berikut ini!

Penyebab Kutil pada Anak

Penyebab Kutil pada Anak

Kutil disebabkan oleh virus dalam keluarga human papillomavirus (HPV). Kutil umum terjadi pada anak-anak dan dapat memengaruhi area tubuh mana pun. Benjolan ini sering terlihat di sekitar kuku, kaki, wajah, dan dekat lutut.

Kebanyakan kutil tidak terasa sakit. Namun, bila berada di telapak kaki atau lokasi yang sering terbentur, maka bisa terasa nyeri.

Penyebab kutil pada anak belum dapat dipastikan dengan jelas. Namun, ada sejumlah faktor risiko munculnya kutil di tubuh yang perlu diperhatikan, yakni:

  • Kondisi anak lemah atau punya imunitas rendah.
  • Kontak kulit dengan orang yang terinfeksi HPV.
  • Kebiasaan tidak memakai sandal saat berjalan.
  • Berenang di tempat umum.
  • Pinjam-meminjam handuk dengan orang lain.
  • Kebiasaan menggigit kuku atau punya luka yang tidak terobati dengan baik. Hal ini bisa meningkatkan risiko masuknya virus HPV.

Artikel Lainnya: Mengenal Fordyce Spot, Benjolan di Kelamin yang Mirip Kutil

Gejalanya sangat mudah ditemukan. Biasanya dapat terlihat adanya pertumbuhan kulit berlebih, seperti benjolan atau mirip bunga kol di sekitar telapak kaki, jari, punggung tangan, kadang juga di wajah.

Meskipun dapat terlihat dengan jelas, umumnya kutil tidak memberikan gejala gatal atau nyeri.

Cara Mengobati Kutil pada Anak

Cara Mengobati Kutil pada Anak

Kutil sering kali akan hilang dengan sendirinya. Namun, waktu kesembuhan dapat memakan waktu beberapa bulan hingga beberapa tahun.

Dokter mungkin memutuskan untuk mengangkat kutil bila terasa sakit, mengganggu aktivitas, atau pasien merasa kurang percaya diri dengan adanya kutil.

Sementara, beberapa penanganan kutil pada anak yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Penggunaan Obat Kutil

Bila terdapat kutil pada kulit anak, orang tua bisa menggunakan obat kutil oles yang dijual bebas. Salah satu contoh obat kutil untuk anak yang ada di apotek berbahan salicylic acid.

Cara penggunaannya cukup mudah. Setelah mandi, orang tua bisa menggosok perlahan permukaan kutil, kemudian pakai obat oles.

Obat ini diharapkan dapat mengikis kutil perlahan-lahan. Selain dalam bentuk oles, obat kutil yang dijual bebas juga tersedia dalam bentuk plester.

Artikel Lainnya: Cara Alami Menghilangkan Kutil di Wajah

  1. Ingatkan Anak untuk Tidak Menyentuh Kutil

Satu hal yang penting dilakukan saat mengobati kutil pada anak, ingatkan mereka untuk tidak mengopek atau menggaruk kutil.

Pasalnya, menggaruk malah dapat menyebabkan kutil semakin mudah menyebar. Hal ini bisa memperparah kondisi yang sudah ada.

  1. Konsultasikan ke Dokter 

Jika menemukan bintik atau bintil seperti kutil pada anak, orang tua sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter agar ditangani dengan tepat. 

Salah satu terapi bedah yang mungkin disarankan, yaitu terapi bedah beku dan electrocauter. Dokter juga dapat melakukan operasi untuk pemotongan kutil. 

Cegah Kutil Muncul di Tubuh Anak

Cegah Kutil Muncul di Tubuh Anak

Kutil pada anak tidak berbahaya karena ada kemungkinan akan sembuh dengan sendirinya. Sebuah studi menyebutkan, kutil dapat sembuh pada 40 persen anak dalam waktu 2 tahun tanpa pengobatan apa pun.

Kendati begitu, ketika kutil yang ada sangat mengganggu dan menyebabkan nyeri, sebaiknya periksakan ke dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Namun tentunya, sebelum kondisi ini menimpa sang buah hati, tidak ada salahnya bagi orang tua untuk melakukan tindakan pencegahan. Berikut beberapa tips agar si Kecil terbebas dari kutil:

  • Hindari pinjam-meminjam alat-alat pribadi dengan orang lain, misalnya handuk.
  • Rawat luka di tubuh anak dengan baik.
  • Jaga kebersihan tubuh anak, cuci tangannya setelah bermain.
  • Pastikan anak memakai alas kaki saat beraktivitas di luar.
  • Hentikan kebiasaan menggigit kuku bila anak sering melakukannya.
  • Tingkatkan daya tahan tubuh anak dengan pola hidup sehat.
Baca Juga

Itulah beberapa faktor penyebab dan cara mengobati kutil pada anak. Usahakan untuk melakukan cara-cara pencegahan agar anak bebas dari kutil dan kesehatan kulitnya tetap terjaga. 

Bila ingin konsultasi ke dokter kulit lebih mudah, gunakan fitur Live Chat. Dapatkan juga informasi menarik lain seputar kesehatan anak dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu dan keluarga selalu!

[WA]

Referensi

Hopkins Medicine. Diakses 2022. Warts in Children. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/warts-in-children

ARTIKEL TERKAIT

Begini Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir

Info Sehat
27 Jul

Mengenal Prosedur Suntik Keloid dan Potensi Efek Sampingnya

Info Sehat
27 Jul

Terlanjur Pencet Jerawat? Segera Lakukan Hal Ini

Info Sehat
25 Jul

Menilik Manfaat Alpha-Lipoic Acid (ALA) untuk Kulit kamu

Info Sehat
25 Jul

Beragam Minyak Non-Komedogenik yang Aman untuk Kulit

Info Sehat
21 Jul

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat