Manfaat Makan Mangga untuk Kecantikan Kulit
searchtext customer service

Khasiat Makan Mangga untuk Kesehatan Kulit

Selain bernutrisi untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, mangga juga punya manfaat yang baik untuk kecantikan kulit!
Khasiat Makan Mangga untuk Kesehatan Kulit

Klikdokter.com, Jakarta Mangga adalah salah satu buah yang mudah dijumpai dan populer untuk beragam dessert. Selain manis dan menyegarkan, buah mangga nyatanya juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Apa saja manfaat makan mangga untuk kulit? Yuk, simak di bawah ini.

 

1 dari 3

Kandungan Gizi di Dalam Mangga

Kandungan Gizi di Dalam Mangga
loading

Mangga memiliki banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh. Melansir Healthline, berikut beberapa nutrisi yang terkandung di dalam satu cup (sekitar 165 gram) buah mangga:

  • Protein
  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Serat
  • Vitamin C
  • Asam folat
  • Vitamin A
  • Vitamin B6
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Tiamin
  • Magnesium
  • Riboflavin
  • Mangan

Selain itu, mangga juga mengandung sejumlah kecil fosfor, asam pantotenat, kalsium, selenium, dan zat besi.

Sebanyak 165 gram mangga menyediakan hampir 70 persen kebutuhan vitamin C. Vitamin ini membantu menguatkan sistem kekebalan, membantu tubuh menyerap zat besi, serta mendorong pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.

Kemudian, mangga juga mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Perannya adalah melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas penyebab penyakit.

Karenanya, makan mangga dalam jumlah yang tepat sangat dianjurkan agar tubuh mendapat nutrisi yang lengkap.

Artikel lainnya: Ternyata Kulit Mangga Punya Segudang Manfaat untuk Tubuh

2 dari 3

Manfaat Mangga untuk Kulit

Manfaat Mangga untuk Kulit
loading

Melihat beragam nutrisi yang dikandungnya, mangga memang jadi salah satu buah yang bagus untuk menyehatkan kulit.

Dokter Adeline Jaclyn mengatakan, mangga mengandung cukup banyak vitamin penting, asam folat, dan tembaga yang semuanya berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit.

“Mangga juga kaya akan mangiferin, yaitu salah satu jenis antioksidan untuk bantu melindungi tubuh dari kerusakan sel. Vitamin E, C, dan A juga berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh,” ujar dr. Adeline.

“Antioksidan yang tinggi dapat membantu mencegah dan mengurangi tanda kerusakan kulit akibat sinar matahari dan penuaan dini.”

Lalu, apalagi manfaat buah mangga untuk kesehatan kulit? Berikut penjelasannya:

1. Mengurangi Efek Buruk dari Sinar Matahari

Antioksidan di dalam mangga memiliki potensi untuk mengurangi timbulnya berbagai tanda kerusakan akibat paparan sinar matahari. Prosesnya yaitu mengurangi oksidasi sel kulit.

Sebuah studi dari Korea meneliti dampak buah mangga terhadap efek buruk akibat paparan sinar matahari pada tikus tidak berbulu. Tikus tersebut diberi plasebo atau air dengan 100 mg ekstrak buah mangga per kg berat badan tikus setiap hari.

Peneliti menemukan, tikus yang mendapat perlakuan tersebut mempunyai kerutan lebih kecil dan mengalami lebih sedikit efek buruk akibat paparan sinar matahari.

Artikel lainnya: Bumil, Ini Manfaat Makan Mangga dan Efek Sampingnya

2. Meningkatkan Jumlah Kolagen

Kadar vitamin C yang tinggi pada mangga juga dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen sendiri adalah protein asam amino yang berfungsi penting untuk pertumbuhan sel kulit.

Kolagen bekerja dengan keratin untuk membentuk jaringan kulit yang lebih sehat, bersih, halus, dan cantik. Selain itu, kolagen berfungsi juga untuk meningkatkan elastisitas kulit. Jadi, kulit tidak mudah kendur atau keriput.

3. Mengurangi Jerawat

Kurangnya asupan vitamin A diduga dapat membuat risiko timbulnya jerawat jadi lebih besar. Sebab, kondisi ini bisa mendorong produksi protein keratin di tubuh secara berlebihan.

Produksi keratin terlalu banyak bisa mengakibatkan penyumbatan folikel rambut dan kelenjar keringat. Hal ini dapat berujung pada timbulnya jerawat.

Nah, mangga memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Jadi, bisa mengurangi pertumbuhan jerawat pada kulit wajah maupun bagian tubuh lainnya.

Namun, makan mangga saja tidak cukup untuk mencegah jerawat. Upaya ini perlu diimbangi juga dengan pola hidup sehat dan rajin membersihkan muka dengan maksimal.

“Untuk mendapatkan ketiga manfaat di atas, Anda bisa mengonsumsi buah mangga secara rutin dengan tetap membatasi porsinya,” saran dr. Adeline.

Baca Juga

“Selain itu, Anda bisa menggunakan produk masker atau scrub yang mengandung ekstrak mangga agar hasil lebih maksimal.”

Itu dia beberapa manfaat makan mangga untuk kulit yang dapat menunjang kecantikan Anda. Bila ingin konsultasi ke dokter kulit lebih mudah, pakai Live Chat dari KlikDokter. Anda juga bisa baca beragam tips kecantikan menarik lainnya di KlikDokter!

(FR/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Benarkah Kulit Durian Bisa Atasi Jerawat? Ini Kata Dokter

Info Sehat
01 Des

Benarkah Ekstrak Kulit Manggis Menyehatkan?

Info Sehat
30 Nov

Benarkah Buah Ciplukan Dapat Mengatasi Kondisi Diabetes?

Info Sehat
29 Nov

Bahaya Buah Ciplukan bagi Kesehatan

Info Sehat
27 Nov

Panduan Mencuci Buah Agar Bebas Pestisida

Info Sehat
25 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat