Obat Vertigo yang Dijual di Apotek Secara Bebas
search

Daftar Obat Vertigo yang Dijual Bebas di Apotek

Terdapat beberapa obat vertigo yang dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter di apotek. Obat apa saja yang termasuk? Yuk, cari tahu!
Daftar Obat Vertigo yang Dijual Bebas di Apotek

Klikdokter.com, Jakarta Vertigo adalah gangguan kesehatan yang mencetuskan keluhan kepala berputar. Kondisi ini bisa terjadi dalam waktu singkat, atau bahkan bertahan hingga berjam-jam atau hari.

Seseorang yang mengalami vertigo pasti ingin segera terbebas dari keluhan yang dialami. Mereka pun cenderung mencari obat vertigo di apotek terdekat agar dapat dibeli secara bebas tanpa perlu berobat ke dokter.

1 dari 3

Daftar Obat Vertigo yang Tersedia di Apotek

Daftar Obat Vertigo yang Tersedia di Apotek
loading

Obat vertigo termasuk sebagai golongan obat bebas terbatas dan hanya bisa ditemukan di apotek. Cukup berbeda dengan obat flu, yang dapat ditemukan di warung pinggir jalan. 

Sebab, obat vertigo biasanya diberikan berdasarkan kondisi dan gejala yang dialami penderita. Karena, berbeda kondisi dan gejala, berbeda pula jenis obat yang perlu dikonsumsi agar manfaat optimal.

Artikel Lainnya: Penyebab Penyakit yang disebabkan Vertigo dan Cara Mengatasinya

Nah, bagi Anda yang ingin beli obat vertigo tanpa perlu konsultasi ke dokter, berikut ini pilihannya:

  1. Dimenhidrinat

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, obat vertigo yang dapat dibeli bebas adalah antihistamine, misalnya dimenhidrinat.

Obat tersebut biasanya digunakan untuk mengatasi mual, muntah, dan pusing karena mabuk perjalanan. Efek samping dari obat ini adalah mengantuk.

  1. Meclizine

Jenis obat ini juga merupakan antihistamine dan biasanya untuk mengobati mual maupun muntah. Obat jenis ini biasanya dikonsumsi setelah makan.

Hanya saja, meclizine sangat sulit ditemukan di Indonesia. Namun, obat ini dapat ditemukan dengan mudah di Amerika Serikat.

Kedua jenis obat vertigo tersebut tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka panjang. Apabila memang perlu dikonsumsi terus-menerus, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Artikel Lainnya: Waspadai Vertigo Disertai Muntah

2 dari 3

Perhatikan Ini Sebelum Konsumsi Obat Bebas

Perhatikan Ini Sebelum Konsumsi Obat Bebas
loading

Sah-sah saja jika Anda ingin mengonsumsi obat vertigo yang dijual bebas di apotek. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati agar tidak malah mengalami efek samping yang merugikan kesehatan.

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum konsumsi obat bebas, yaitu:

  • Baca Aturan Pakai

"Baca aturan pakai sebelum konsumsi obat apa pun. Membaca aturan pakai itu wajib!" tegas dr. Astrid.

Mematuhi aturan pakai dapat meningkatkan efektivitas obat, sekaligus mencegah kemungkinan munculnya efek samping merugikan. 

  • Lihat Tanggal Kedaluwarsa

Obat yang sudah lewat masa kedaluwarsa wajib dihindari. Selain itu, pastikan juga obat yang Anda beli disimpan sesuai petunjuk agar kandungan di dalamnya tidak mengalami perubahan.

Baca Juga

Meski dapat dibeli secara bebas, obat vertigo yang dijual di apotek tetap perlu dikonsumsi sesuai dengan dosis yang tertera di label kemasan. 

Jika ingin lebih aman, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut kepada dokter sebelum mengonsumsi obat vertigo. Gunakan layanan LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter untuk chatting langsung dengan dokter.

(NB/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Peter Fernando

Dokter Umum
wallet
Rp. 35.000
avatar

dr. Wendri Wildiartoni Pattiawira

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Waspadai Bahaya Vertigo pada Ibu Hamil!

Info Sehat
02 Nov

Minum Obat Tidur untuk Atasi Vertigo, Amankah?

Info Sehat
30 Okt

Vertigo Bisa Disebabkan oleh Gangguan Lambung?

Info Sehat
18 Sep

5 Olahraga yang Aman untuk Penderita Vertigo

Info Sehat
30 Des

Penyebab Penyakit yang disebabkan Vertigo dan Cara Mengatasinya

Info Sehat
20 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat