search

Manfaat Pepaya untuk Jerawat, Apakah Terbukti Efektif?

Selain baik untuk saluran pencernaan, makan buah pepaya juga disebut efektif dalam menghilangkan jerawat. Apa kata medis terkait hal ini? Cari tahu faktanya!
Manfaat Pepaya untuk Jerawat, Apakah Terbukti Efektif?

Klikdokter.com, Jakarta Pepaya merupakan buah khas negara tropis yang telah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini tidak hanya bisa melancarkan saluran pencernaan, tapi juga diduga dapat bantu mengobati jerawat. 

Manfaat pepaya untuk jerawat diduga berkat kandungan vitamin A, E, B, dan C yang ada di dalamnya. Pertanyaannya, apakah medis setuju dengan manfaat pepaya untuk jerawat? Yuk, cari tahu!

1 dari 3

Menyingkap Manfaat Pepaya untuk Jerawat

Menyingkap Manfaat Pepaya untuk Jerawat
loading

Berdasarkan dr. Adeline Jaclyn, kandungan vitamin di dalam buah pepaya memang dapat meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit secara efektif.

Selain itu, dr. Adeline juga mengatakan, pepaya mengandung enzim yang disebut dengan papain dan chymopapain. Kedua enzim tersebut dapat mendukung dan mengoptimalkan proses penyembuhan luka di kulit. Kedua enzim tersebut dapat pula mencegah infeksi akibat jerawat. 

“Pepaya juga mengandung vitamin A, yaitu senyawa yang dibutuhkan produksi sebum dalam menjaga kelembapan, serta perkembangan kulit dan rambut. Vitamin C di dalam pepaya berguna untuk pembentukan dan pemeliharaan kolagen,” jelas dr. Adeline. 

Artikel Lainnya: Pakai Sabun Pepaya Palsu, Ini Efeknya Bagi Kulit

“Enzim papain dan chymopapain juga bisa mengurangi peradangan, termasuk akibat jerawat, dengan membuang sel kulit mati yang menyumbat pori-pori,” tambahnya.

Tidak hanya sekadar mengobati jerawat, pepaya ternyata juga bisa memberikan manfaat sehat berikut ini bagi kulit Anda:

  • Mencerahkan Kulit Wajah 

Kandungan vitamin A dan C dalam pepaya dipercaya dapat secara efektif memutihkan kulit wajah. Anda cukup menjadikannya sebagai masker mingguan. 

Caranya, haluskan pepaya dan campur dengan satu sendok kunyit. Aduk hingga rata dan tambahkan satu sendok makan madu. Kembali aduk hingga rata, dan oleskan pada wajah. Diamkan selama beberapa menit, dan bilas dengan air sejuk setelahnya. 

  • Mengurangi Kerutan 

Faktanya, sebagian besar kerusakan kulit dan kerutan akibat penuaan berhubungan dengan aktivitas radikal bebas yang berlebihan. 

Di sisi lain, pepaya kaya akan antioksidan, seperti likopen, yang membantu menghambat aktivitas radikal bebas sehingga melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan.

Artikel Lainnya: 5 Bahan Alami Mengatasi Jerawat

  • Pengobatan Melasma 

Melasma adalah masalah kulit yang ditandai dengan bercak kecokelatan pada wajah. Kondisi ini diduga bisa diperbaiki dengan memanfaatkan masker pepaya. Pasalnya, pepaya memiliki enzim, beta-karoten, vitamin, dan fitokimia yang semuanya memiliki efek pencerah kulit. 

Meski begitu, belum ada penelitian lanjutan mengenai manfaat masker pepaya yang satu ini. Dengan kata lain, manfaatnya untuk pengobatan melasma masih bersifat abu-abu alias belum pasti.

2 dari 3

Cara Pakai Pepaya Untuk Atasi Jerawat

Cara Pakai Pepaya Untuk Atasi Jerawat
loading

Untuk mengatasi permasalahan jerawat, Anda bisa mengonsumsi langsung buah pepaya sebagai pengobatan dari dalam. Anda pun dapat mengolah pepaya untuk digunakan sebagai masker wajah.

Cara membuat masker pepaya, yaitu dengan menghaluskan beberapa potong buah tersebut dan langsung dioleskan ke wajah. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. 

Imbangi terapi tersebut dengan rajin mencuci wajah, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, serta memakai produk perawatan jerawat yang paling sesuai. 

Ingat, masker pepaya hanya sebatas mengurangi peradangan; bukan menyembuhkan jerawat. Artinya, butuh terapi pendukung lain agar manfaat pepaya untuk jerawat dapat dirasakan dengan optimal.

Baca Juga

Punya pertanyaan mengenai pepaya untuk jerawat atau hal lain yang berhubungan dengan kesehatan kulit? Konsultasikan secara langsung kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Monalisa Manik, M.Ked, Sp.KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Julieta Diana Pricillia Dotulong, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Hervina, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 35.000

ARTIKEL TERKAIT

Dahi Jadi Jerawatan Akibat Rambut Berponi? Ini Cara Mengatasinya!

Info Sehat
11 Des

Semangka untuk Jerawat, Bikin Sembuh atau Tambah Banyak?

Info Sehat
08 Des

Kesalahan Pakai Skincare yang Bikin Kulit Jadi Jerawatan

Info Sehat
26 Nov

Menyingkap Manfaat Bekam untuk Jerawat

Info Sehat
21 Nov

Daftar Obat Jerawat yang Ampuh dan Dijual Bebas

Info Sehat
10 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat