Hubungan Seks Tak Disarankan saat Kena Penyakit Kulit Ini!
searchtext customer service

Penyakit Kulit yang Jadi Pantangan Berhubungan Seks

Jika sedang mengalami beberapa penyakit kulit ini, maka Anda tidak dianjurkan untuk melakukan hubungan seks. Apa saja?
Penyakit Kulit yang Jadi Pantangan Berhubungan Seks

Klikdokter.com, Jakarta Pantangan berhubungan seks perlu dilakukan karena beberapa alasan. Bisa karena datang bulan, mencegah kehamilan, atau justru karena penyakit kulit. 

Ya, memang ada beberapa penyakit kulit yang membuat Anda tidak dianjurkan berhubungan seks karena terdapat peningkatan risiko tertentu. 

Simak apa saja penyakit kulit yang dimaksud dan mengapa hubungan seks menjadi tak dianjurkan ketika mengalaminya. 

1 dari 3

Hubungan Seks Tak Disarankan saat Alami Penyakit Kulit Ini

Hubungan Seks Tak Disarankan saat Alami Penyakit Kulit Ini
loading

Punya penyakit kulit memang terkadang membuat penderitanya jadi merasa tidak nyaman dan risi dengan tubuhnya sendiri. Bahkan, penyakit kulit tertentu juga dapat membuat Anda memiliki risiko bila berhubungan seks. 

Tapi, menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, tidak semua penderita penyakit kulit tidak bisa berhubungan seks. Karena, beberapa penyakit kulit tidak menular melalui hubungan seks. 

Lalu, penyakit kulit apa saja yang membuat Anda tidak dianjurkan berhubungan seks? Dijelaskan oleh dr. Sepriani, berikut rinciannya: 

  1. Herpes Simpleks Genital 

Herpes genital atau herpes simpleks genital adalah penyakit infeksi menular seksual yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Virus ini sangat menular dan bisa cepat menularkan orang yang bersentuhan langsung dengan penderita. 

Inilah alasannya mengapa penderita herpes simpleks genital tidak dianjurkan berhubungan seks karena bisa dengan mudah menginfeksi pasangannya. 

Beberapa gejala orang menderita herpes simpleks genital yaitu: 

  • Luka merah terbuka tanpa disertai rasa gatal
  • Rasa nyeri atau gatal di daerah genital atau anal 
  • Nyeri saat buang air kecil 
  • Nyeri pada bagian punggung bawah
  • Tidak nafsu makan
  • Muncul cairan yang keluar dari alat kelamin

Artikel lainnya: Penyakit Kulit yang Bisa Jadi Penyebab Gangguan Ejakulasi

  1. Cacar Air 

Cacar air atau dalam bahasa medisnya varisela merupakan salah satu penyakit kulit yang umum dialami banyak orang, terutama anak kecil. Tapi, bukan berarti orang dewasa tidak mungkin terkena penyakit ini. 

Orang yang mengalami cacar air juga tidak disarankan untuk berhubungan seks. Hanya saja, dr. Sepriani mengatakan hal ini tergantung dari hari keberapa penderita telah terinfeksi.

“Jika cacar air baru saja muncul dan lukanya masih basah, maka penderita tidak dianjurkan berhubungan seks. Fase penularannya satu hari sebelum lenting muncul sampai luka mengering,” jelas dr. Sepriani.

“Kalau lukanya sudah kering dan tinggal krusta (koreng), boleh-boleh saja berhubungan seks.” 

Dokter Sepriani mengungkapkan, “Selain kedua penyakit tadi, penyakit yang membuat seseorang tidak disarankan berhubungan seks adalah infeksi menular seksual. Karena, penyakit tersebut memang ditularkan langsung melalui hubungan seksual.”

“Penyakit ini juga bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti infeksi virus, bakteri, parasit, dan jamur. Contoh penyakitnya adalah herpes simpleks, gonorrhea, infeksi chlamydia, dan sifilis,” jelasnya. 

Artikel lainnya: Jadi Silent Disease, Ini yang Perlu Kamu Tahu soal Sifilis!

2 dari 3

Kapan Penderita Penyakit Kulit Menular Boleh Berhubungan Seks?

Kapan Penderita Penyakit Kulit Menular Boleh Berhubungan Seks?
loading

Dokter Sepriani menjelaskan, seseorang baru boleh kembali berhubungan seksual bila ia sudah benar-benar dinyatakan sembuh. Misalnya, jika Anda mengalami cacar, maka sebaiknya tunggu luka sampai mengering dan tidak menimbulkan rasa gatal lagi. 

“Kondisi penyakit kulit juga harus dilihat dari stadiumnya. Karena itu, penyakit menular seksual wajib periksa ke dokter untuk penanganan yang optimal dan tepat. Jadi, jangan mengira-ngira sendiri kapan Anda sudah sembuh dan belum,” tutupnya.

Baca Juga

Jadi, jangan terburu-buru untuk melakukan hubungan seks ketika menderita penyakit kulit, ya. Lebih baik berkonsultasi dulu dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Pakai Live Chat di KlikDokter untuk konsultasi dengan mudah.

(FR/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Penyakit Kulit Menular yang Sering Dikeluhkan dan Cara Menghindarinya

Info Sehat
18 Des

Hati-hati, Ini Beda Gejala Kusta dan Panu!

Info Sehat
17 Okt

Cara Penularan Kusta yang Perlu Anda Tahu

Info Sehat
10 Sep

Mengenal Kusta, Penyakit Kulit yang Bisa Sebabkan Kebutaan

Info Sehat
09 Sep

Kulit dan Jari Kebas, Gejala Penyakit Kusta?

Info Sehat
08 Sep

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat