Penyebab Mata Bayi Berair dan Cara Mengatasinya

Mata bayi sering berair, apakah ini pertanda ada gangguan kondisi kesehatan tertentu? Mari simak info selengkapnya di sini.
Penyebab Mata Bayi Berair dan Cara Mengatasinya

Klikdokter.com, Jakarta Bayi memang lebih rentan mengalami keluhan kesehatan ketimbang anak yang sudah beranjak dewasa. Ada banyak gejala penyakit pada bayi yang cukup mudah dikenali, salah satunya mata bayi yang terus berair. 

Apa penyebab di balik mata bayi yang berair? Simak penjelasannya berikut ini.

1 dari 3

Penyebab Mata Bayi Berair

Penyebab Mata Bayi Berair
loading

Ada banyak penyebab mata bayi berair. Penanganannya pun harus dilakukan sesuai penyebabnya. Ada perawatan yang bisa dilakukan di rumah dan yang perlu pertolongan dokter. 

Melansir Healthline, berikut penyebab-penyebab mata bayi berair: 

  1. Saluran Air Mata Tersumbat 

Bayi mungkin mengalami penyumbatan saluran air mata yang menyebabkan mata berair. Kondisi ini cukup umum terjadi pada bayi. 

Saluran air mata yang tersumbat terjadi ketika air mata tidak dapat bergerak dari sudut kelopak mata ke saluran yang melapisi hidung. 

Banyak bayi mengalami hal itu salah satunya akibat ujung membran saluran air mata tidak terbuka. Tapi jangan khawatir, kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya. 

Beberapa penyebab saluran air mata tersumbat yaitu polip hidung, kista atau tumor, dan trauma pada mata (cedera). 

  1. Alergi 

Mata berair pada bayi juga bisa disebabkan oleh alergi. Misalnya, alergi terhadap debu, kotoran, atau bulu yang ada di sekitar rumah. 

Selain menyebabkan mata jadi berair, alergi juga bisa membuat anak merasa tidak nyaman dan menimbulkan gejala lainnya, seperti pilek, hidung gatal, bersin, dan hidung tersumbat. 

Artikel lainnya: Mata Bayi Belekan Terus, Apa Penyebabnya?

  1. Infeksi 

“Salah satu infeksi pada mata yang sering dialami banyak orang termasuk bayi adalah konjungtivitis. Kondisi ini bisa terjadi ketika ada infeksi virus atau bakteri masuk ke mata dan menyebabkan mata jadi berwarna merah, berair, bengkak, dan nyeri,” ujar dr.  Muhammad Iqbal Ramadhan.

“Bayi rentan mengalami kondisi ini. Jadi, orang tua perlu waspada dengan gejala konjungtivitis,” tambahnya. 

  1. Flu 

Mata berair pada bayi juga bisa disebabkan karena gejala flu biasa. Ingat, bayi lebih rentan terkena flu dibanding orang dewasa. 

Hal ini dikarenakan bayi belum memiliki sistem imunitas yang kuat untuk menangkal virus atau bakteri penyebab penyakit, dan lebih sering menyentuh wajahnya. 

Sering menyentuh wajah bisa menyebabkan bakteri pindah ke wajah. Pada akhirnya, bayi bisa mudah mengalami flu. 

  1. Iritasi 

Iritasi terhadap bahan kimia tertentu juga bisa menyebabkan mata bayi berair. Misalnya, mata bayi kemasukan debu atau cairan semprotan ruangan. 

Selain menyebabkan mata berair, iritasi juga membuat mata bayi gatal, bengkak, dan rewel kesakitan. 

Artikel lainnya: Mata Juling pada Anak, Penyebab dan Cara Mengatasinya

2 dari 3

Cara Mengatasi Mata Bayi Berair

Cara Mengatasi Mata Bayi Berair
loading

Mata berair pada bayi bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi, jika mata berair disebabkan karena infeksi, iritasi, dan alergi yang menyebabkan mata bengkak dan merah, maka butuh penanganan dokter. 

Saluran air mata yang tersumbat terkadang dapat terinfeksi dan mungkin memerlukan antibiotik atas rekomendasi dokter untuk mengobatinya. 

Selain itu, menurut dr. Iqbal, memijat atau menekan dengan lembut bagian bawah mata dan hidung bayi juga bisa membantu mengatasi air mata tersumbat. 

Jika penyumbatan saluran air mata tidak sembuh dengan sendirinya, maka si kecil butuh perawatan medis yang lebih baik. 

Untuk mata berair yang disebabkan oleh infeksi konjungtivitis, kondisi ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Biasanya, dokter akan memberikan antibiotik berupa tetes mata, obat topikal, atau lainnya.

“Orang tua bisa membawa bayi ke dokter ketika mata berair disertai bengkak, mengeluarkan kotoran dalam jumlah banyak, warna memerah, dan ada gatal atau nyeri,” jelas dr. Iqbal.

Baca Juga

“Selain itu, anak yang sensitif terhadap paparan cahaya juga perlu dibawa ke dokter karena bisa berisiko infeksi yang lebih serius,” tutupnya.

Jangan ragu membawa bayi ke dokter spesialis anak bila gejala mata berair tidak menghilang atau semakin parah. Konsultasikan lebih mudah lewat Live Chat di KlikDokter!

(FR/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Nofiyanty Nicolas, Sp.A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 15.000
avatar

dr. Mervin Tri Hadianto, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 25.000
avatar

dr. Karel Albert Lodewijk STAA, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 70.000

ARTIKEL TERKAIT

Waspada Infeksi Cacing Mata, Kenali Penyebab dan Gejalanya!

Info Sehat
24 Des

Cara Menjaga Kesehatan Mata saat Maraton Nonton Drakor

Info Sehat
18 Okt

Ini Buah dan Sayur yang Bisa Digunakan untuk Masker Mata Alami!

Info Sehat
13 Sep

Terlalu Lama Menonton TV Turunkan Fungsi Retina Anak

Info Sehat
04 Sep

Awas, Infeksi dari Lensa Kontak Bisa Sebabkan Kebutaan

Info Sehat
19 Agt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk