7 Pantangan Makanan yang Harus Dihindari Penderita COVID
searchtext customer service

Makanan yang Harus Dihindari Pasien COVID-19

Asal makan bisa bikin kondisi tubuh susah membaik! Karena itu, ketahuilah pantangan makanan untuk penderita COVID-19 di sini.
Makanan yang Harus Dihindari Pasien COVID-19 (Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Klikdokter.com, Jakarta Ketika seseorang terinfeksi COVID-19, asupan gizi yang baik dan sesuai adalah salah satu faktor yang mempercepat proses penyembuhan. 

Sayangnya, masih banyak yang berpikir bahwa penyakit ini hanya menyerang saluran pernapasan sehingga tidak harus menjaga makan. Padahal, gejala-gejala yang dialami juga dapat mengenai saluran pencernaan. 

Oleh karena itu, ketahuilah apa saja makanan yang harus dihindari oleh penderita COVID-19:

1 dari 8

1. Makanan Cepat Saji

Makanan Cepat Saji
loading

Makanan cepat saji sebaiknya dihindari karena biasanya dimasak dengan metode deep frying. Metode ini membuat makanan tersebut menjadi berminyak. 

Selain itu, untuk menambahkan kelezatannya, makanan cepat saji kerap ditambahkan gula, garam, dan penyedap rasa dalam jumlah yang banyak. 

Makanan seperti ini tidak disarankan untuk dikonsumsi orang yang sedang sakit, apalagi jika sedang sakit tenggorokan dan batuk. Konsumsi makanan berminyak akan membuat tenggorokan semakin tidak nyaman. 

Artikel lainnya: Penyebab Seseorang Bisa ‘Clean Sheet’ dari COVID-19

2 dari 8

2. Minuman Berkafein

loading

Saat sedang sakit, sebaiknya Anda tidur lebih banyak. Dengan banyak istirahat, proses penyembuhan akan lebih cepat terjadi. 

Nah, apabila Anda mengonsumsi kopi atau teh secara berlebihan, asupan kafein akan tinggi. Akibatnya, Anda tidak mengantuk, sulit tidur, atau bahkan timbul perasaan cemas. 

Lebih baik konsumsilah minuman lain yang lebih sehat seperti air putih, susu, air kelapa, atau jus buah rendah gula.

3 dari 8

3. Makanan Kaleng

Makanan Kaleng
loading

Ini juga termasuk makanan yang harus dihindari penderita COVID-19. Walau terkadang pasien mengalami kesulitan untuk mendapatkan makanan karena harus diisolasi, ada baiknya agar tidak mengonsumsi makanan kaleng. 

Selain mengandung garam yang tinggi, makanan yang dikemas dalam kaleng biasanya juga menyimpan pengawet di dalamnya. Bahan pengawet ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan. 

4 dari 8

4. Makanan Tinggi Lemak

loading

Perlu Anda ketahui, makanan tinggi lemak tidak selalu diolah dengan cara digoreng seperti makanan cepat saji. 

Meskipun dipanggang atau direbus, makanan tinggi lemak seperti yang mengandung banyak mentega, santan, jeroan, dan gajih sebaiknya dihindari oleh para penderita COVID-19 dengan riwayat kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan hipertensi

Selain itu, makanan tinggi lemak dapat membuat gejala mual Anda semakin parah. Karenanya, ini menjadi makanan yang tidak boleh dimakan saat Anda sedang terinfeksi COVID-19. 

Artikel lainnya: Hati-Hati Masalah Penis ini Muncul Pada Beberapa Pasien COVID-19

5 dari 8

5. Makanan Pedas dan Asam

Makanan Pedas dan Asam
loading

Walaupun tidak sebanyak gejala gangguan pernapasan, mual dan muntah juga merupakan gejala COVID-19. 

Atas dasar ini, makanan pedas dan asam menjadi makanan yang harus dihindari penderita COVID-19 agar lambung tidak semakin bermasalah. 

Bila Anda kehilangan indra perasa, memaksakan diri untuk mengonsumsi makanan pedas dan asam bukanlah solusinya.

6 dari 8

6. Makanan Tinggi Gula

loading

Makanan tinggi gula merupakan salah satu pantangan makanan untuk penderita COVID-19. 

Sebab, mengonsumsi asupan yang tinggi gula seperti kue, cokelat, biskuit, atau minuman dengan pemanis buatan dapat menurunkan imunitas tubuh. Selain itu, risiko penyakit diabetes juga akan meningkat. 

7 dari 8

7. Makanan Tinggi Garam

Makanan Tinggi Garam
loading

Anda mungkin sudah tahu, makanan yang tinggi garam dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Mengonsumsi makanan tinggi garam mirip dampaknya seperti mengonsumsi makanan tinggi gula. 

Kelebihan garam dapat menghambat fungsi normal imunitas, memperburuk penyakit autoimun, bahkan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, makanan tinggi garam merupakan pantangan bagi pasien COVID-19. 

Di sisi lain, ada banyak jenis makanan yang direkomendasikan untuk pasien COVID-19. Contohnya adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. 

Karbohidrat yang baik adalah yang termasuk karbohidrat kompleks seperti nasi merah. Protein dapat diperoleh dari daging, telur, atau ikan. Lemak yang disarankan adalah lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, atau ikan. 

Buah-buahan dan sayuran juga penting sebagai sumber vitamin dan mineral. Jangan lupa sebaiknya menghindari cara mengolah makanan dengan menggoreng. 

Baca Juga

Itulah penjelasan mengenai pantangan makanan yang harus dihindari penderita COVID-19. Untuk membantu proses penyembuhan, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan tersebut selama masa isolasi.

Cari tahu informasi kesehatan lainnya mengenai COVID-19 dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter.

[RS]

ARTIKEL TERKAIT

Cara Mempercepat Penyembuhan Pasien COVID-19 Omicron

Info Sehat
01 Apr

Pentingnya Vitamin D3 bagi Pasien COVID-19 Varian Omicron

Info Sehat
01 Apr

Alasan Vaksin Covid dari Tembakau Covifenz Ditolak WHO

Info Sehat
31 Mar

Obat Paxlovid, Dianggap Ampuh Lawan Berbagai Varian COVID

Info Sehat
29 Mar

Lebih Cepat Diserap, Minuman Vitamin D adalah Pilihan Tepat

Info Sehat
25 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat