Pantangan Minum Alkohol Usai Divaksinasi COVID-19, Ini Faktanya!

Konsumsi minuman beralkohol disebut-sebut menjadi pantangan setelah vaksinasi. Untuk tahu alasan medis di balik larangan tersebut, simak penjelasan di bawah ini.
Pantangan Minum Alkohol Usai Divaksinasi COVID-19, Ini Faktanya!  (Foto: ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

Klikdokter.com, Jakarta Vaksin corona yang ada di Indonesia sudah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Oleh karena itu, beberapa kalangan sudah bisa mendapatkan vaksin tersebut secara aman. 

Setelah mendapatkan vaksin COVID-19, pasien tidak boleh langsung pulang dan harus bertahan 30 menit di rumah sakit. Tujuannya, petugas akan melihat apakah ada reaksi alergi atau tidak. 

Tak cuma soal waktu untuk memantau reaksi alergi, tahukah Anda bahwa masih ada lagi pantangan setelah vaksin, yaitu mengonsumsi minuman beralkohol? Adakah hubungan minum alkohol dan vaksin?

1 dari 4

Kontroversi Larangan Minum Alkohol setelah Vaksin

Kontroversi Larangan Minum Alkohol setelah Vaksin (Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
loading

Ya, beredar kabar di media sosial bahwa orang-orang yang habis menerima suntikan vaksin COVID-19 tidak boleh mengonsumsi minuman keras. 

Larangan ini berasal dari Alexander Gintsburg, Kepala Pusat Epidemiologi dan Mikrobiologi Nasional Gamaleya di Moskow, Rusia. 

Dia mengatakan kepada media, “Kami sangat menyarankan untuk menahan diri dari alkohol selama 3 hari setelah Anda mendapatkan vaksin.”

Kendati begitu, sebenarnya ada juga seorang ahli yang menyarankan larangan lebih ketat. 

Anna Popova, Kepala Layanan Federal Rusia untuk Pengawasan Perlindungan Hak Konsumen dan Kesejahteraan, berpendapat, penerima vaksin corona tidak boleh minum alkohol 2 minggu sebelum vaksinasi pertama.

Artikel Lainnya: Benarkah Arak Bali Bisa Jadi Alternatif Pengobatan Virus Corona?

Jeda 3 minggu untuk mendapatkan vaksinasi yang kedua juga tak boleh diisi oleh minuman beralkohol. 

Setelah menerima vaksinasi kedua, tiga minggu setelahnya Anda juga harus menghindari minuman beralkohol sama sekali.

Namun, Gintsburg akhirnya membantah pendapat tersebut karena dinilai terlalu ketat. Di sisi lain, relawan vaksin AstraZeneca di Inggris mengaku tidak menerima arahan untuk menghindari alkohol sebelum dan sesudah mendapat divaksin. 

Bahkan, AstraZeneca yang menandatangani kesepakatan kolaborasi dengan Sputnik V tidak menanggapi info tentang alkohol dan vaksinasi.

Begitu pula dengan Pfizer. Mereka mengatakan, tidak ada peringatan tentang konsumsi alkohol usai menerima suntikan vaksin corona buatannya.

Artikel Lainnya: Lawan Corona, Ini Rekomendasi Disinfektan yang Efektif dari WHO

2 dari 4

Efek Samping Minum Alkohol setelah Vaksin

Efek Samping Minum Alkohol setelah Vaksin
loading

Larangan ini sebenarnya tak cuma berlaku untuk vaksin Sputnik V buatan Rusia atau vaksin COVID-19 dari perusahaan besar lainnya. Vaksin untuk penyakit apa pun tidak boleh berinteraksi dengan alkohol di dalam tubuh. 

Kenapa begitu? Ternyata, alasannya efek samping minuman alkohol akan mengganggu respons pembentukan antibodi di dalam tubuh.

Penyuntikan vaksin bertujuan untuk membangun antibodi sehingga kita terhindar dari penyakit tertentu. Nah, ketika mengonsumsi minuman keras, usaha tersebut akan menjadi sia-sia. 

Pasalnya, minuman beralkohol merupakan asupan yang menyebabkan peradangan dan infeksi di dalam tubuh.

Bahkan, minuman yang satu ini bisa jadi akar permasalahan penyakit komorbid, seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit hati. Penyakit seperti itu akan sangat fatal bila berhadapan dengan infeksi virus corona. 

Sementara itu, dr. Sepriani Timurtini Limbong juga berpendapat, meski belum ada penelitian pasti yang menyimpulkan hal di atas, secara umum minuman beralkohol memang dapat membuat imunitas tubuh relatif lebih rendah.

“Kalau dikonsumsi setelah menerima vaksin corona, kemungkinan bisa menghambat proses terbentuknya antibodi. Hal ini bisa terjadi khususnya pada orang yang memang secara reguler mengonsumsi alkohol,” jelasnya.

Terlepas dari ada atau tidaknya larangan formal setelah suntik vaksin corona, mengonsumsi minuman keras berlebihan memang buruk untuk kesehatan. Jadi, bijaklah terhadap apa yang hendak Anda konsumsi.

Artikel Lainnya: Ternyata Membunuh Virus Corona Bisa Pakai Obat Kumur, Apa Ampuh?

3 dari 4

Adakah Makanan atau Minuman Lain yang Menjadi Pantangan setelah Vaksin?

loading

Kabar baiknya, sejauh ini tidak ada makanan atau minuman tertentu yang benar-benar menjadi pantangan setelah vaksinasi virus corona.

“Yang terpenting adalah, orang tersebut mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang dan lengkap,” kata dr. Sepriani.

Mendapatkan vaksinasi, baik itu vaksin corona ataupun vaksin lain, bertujuan untuk melindungi kita atau setidaknya menurunkan risiko terserang penyakit. 

Jika tidak dikombinasikan juga dengan pola hidup sehat dan bersih, hasilnya tak akan maksimal. 

Baca Juga

Itu dia informasi seputar larangan minum alkohol setelah vaksin yang perlu diperhatikan. 

Bila masih ada pertanyaan seputar COVID-19, vaksinasi, serta keluhan penyakit lainnya, konsultasikan kepada dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

ARTIKEL TERKAIT

Catat, Pengidap Penyakit Komorbid Ini Tak Boleh Terima Vaksin Sinovac

Info Sehat
12 Jan

Makanan yang Harus Dihindari Pasien COVID-19

Info Sehat
11 Jan

Sleep Apnea Bisa Memperburuk Gejala COVID-19, Benarkah?

Info Sehat
08 Jan

Dampak Virus Corona Terhadap Kesehatan Gigi dan Mulut

Info Sehat
08 Jan

Komunitas KILLCOVID19, Bergerak Bersama Melawan COVID-19

Info Sehat
08 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk