Alasan Ilmiah Kenapa Anda Merasa Aneh saat Mendengar Suara Sendiri

Merasa aneh ketika mendengar suara sendiri melalui rekaman? Tenang, Anda tidak sendiri. Banyak yang juga mengalami kondisi tersebut. Ini faktanya menurut psikolog.
Alasan Ilmiah Kenapa Anda Merasa Aneh saat Mendengar Suara Sendiri

Klikdokter.com, Jakarta Pernah merekam suara sendiri karena alasan tertentu? Coba putar kembali rekaman tersebut. Apakah Anda merasa aneh saat mendengar suara suara sendiri yang keluar dari alat perekam?

Jika ya, Anda tidak sendirian. Faktanya, tak sedikit orang yang merasa aneh saat mendengar suara sendiri. Tahukah Anda alasan di balik hal tersebut? Yuk, cari tahu!

 

1 dari 3

Kenapa Mendengar Suara Sendiri Terasa Aneh?

Kenapa Mendengar Suara Sendiri Terasa Aneh? (Foto: yanyong/Canva)
loading

Berikut ini adalah beberapa alasan ilmiah kenapa Anda merasa aneh saat mendengar suara sendiri:

  • Getaran Gelombang Suara

Alasan pertama mengapa seseorang merasa tidak suka mendengar suaranya sendiri adalah karena getaran gelombang suara yang mengenai gendang telinga adalah cara orang lain mendengar suara Anda.

  • Getaran dalam Tengkorak

Munculnya getaran dalam tengkorak yang dipicu oleh pita suara juga dapat menjadi alasan lain mengapa seseorang merasa aneh saat mendengar suara sendiri.

Getaran tersebut nantinya akan menjalar melalui tulang tengkorak, dan membuat gendang telinga bergetar.

Ketidaknyamanan ini akan membuat suara Anda kembali terdengar aneh, dan berbeda dari apa yang diucapkan.

Artikel Lainnya: Bangun Tidur Suara jadi Seksi, Ini Fakta Medisnya!

  • Ideal Self yang Tinggi

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog., punya ideal self yang tinggi juga bisa jadi alasan lainnya kenapa Anda jadi merasa aneh saat mendengar rekaman suara sendiri.

Misalnya, beberapa orang mungkin berpikir bahwa suara yang mereka lontarkan memiliki nada lebih tinggi dan merdu. Jika diputar ulang, suara Anda mungkin terdengar lebih berat.

Ekspektasi tersebut dapat membuat seorang merasa aneh ketika mendengar rekaman suara sendiri.

“Setiap orang pasti punya ideal self sendiri. Mereka merasa memiliki suara yang bagus dan enak didengar oleh orang lain. Namun pada kenyataannya, suara yang dimiliki tidak seperti yang dibayangkan sehingga muncul rasa aneh dan tidak suka saat mendengarkannya,” ujar Ikhsan.

  • Terbiasa Mendengar Suara di Dalam Kepala

Merasa aneh saat mendengar suara sendiri juga bisa disebabkan karena Anda sudah terbiasa mendengar suara di dalam kepala.

“Jadi, ketika Anda kembali mendengar suara lewat audio atau rekaman, muncul perasaan berbeda dan aneh,” ucap Ikhsan.

Artikel Lainnya: Penyebab Suara Berubah pasca Operasi Amandel

2 dari 3

Tidak Suka dengan Suara Sendiri? Coba Lakukan Voice Lift

Tidak Suka dengan Suara Sendiri? Coba Lakukan Voice Lift
loading

Ingin punya suara yang sesuai dengan keinginan diri sendiri? Voice lift mungkin bisa jadi alternatif yang dilakukan.

Voice lift adalah operasi plastik yang dilakukan pada pita suara. Metode ini diharapkan bisa menjadikan suara Anda jadi lebih merdu, indah, dan lebih nyaring dari biasanya.

Voice lift biasanya dilakukan pada orang yang pernah trauma (atau cedera) sehingga menyebabkan pita suara jadi rusak,” kata dr. Sara.

“(Voice lift) juga bisa dilakukan untuk mereka yang sudah mengalami penuaan,” sambungnya.

Prosedur voice lift dilakukan dengan membuat sayatan di leher (letak pita suara), yang nantinya akan dimasukan implan atau injeksi untuk memperindah suara pasien.

Setelah operasi, pasien biasanya akan diminta untuk melakukan berbagai macam prosedur kesehatan pascaoperasi; termasuk terapi vokal.

Baca Juga

Jadi, tidak hanya operasi, tapi masih ada tahapan lainnya yang harus dilakukan guna memaksimalkan efektivitas voice lift dalam memperbaiki kualitas suara yang dikeluarkan.

Sudah tahu kenapa Anda merasa aneh mendengar suara sendiri, bukan? Apabila punya pertanyaan mengenai kondisi tersebut atau hal lain berhubungan dengan kesehatan, Anda bisa konsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Juwita Ninda Suherman

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000
avatar

dr. Wendri Wildiartoni Pattiawira

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk