Tak Sengaja Minum Pil KB saat Hamil, Apakah Berbahaya?

Karena tidak tahu telah berbadan dua, akhirnya Anda tetap mengonsumsi pil KB. Lantas, bagaimana efek minum pil KB saat hamil? Apakah berbahaya bagi janin?
Tak Sengaja Minum Pil KB saat Hamil, Apakah Berbahaya?

Klikdokter.com, Jakarta Pil KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang terbukti efektif menurunkan peluang hamil, khususnya jika dikonsumsi dengan cara yang tepat.

Namun, karena satu dan lain hal, efektivitas pil KB dalam mencegah kehamilan bisa saja menurun. Alhasil, Anda ‘kebobolan’ tanpa diketahui. Di satu sisi, Anda masih melanjutkan minum pil KB lantaran tak tahu sedang hamil.

Lantas, apa yang bakal terjadi akibat minum pil KB saat hamil? Apakah kondisi ini bisa mengancam keselamatan janin dalam kandungan?

1 dari 3

Efektivitas Pil KB dalam Mencegah Kehamilan

Efektivitas Pil KB dalam Mencegah Kehamilan
loading

Mungkin Anda heran, kenapa masih bisa hamil meski sudah minum pil KB? Bagaimana cara kerja pil yang satu ini?

Faktanya, efektivitas pil KB dalam mencegah kehamilan sebenarnya cukup tinggi, yaitu 90 hingga 99 persen. Hal yang perlu digarisbawahi adalah, efektivitas tersebut akan terganggu bila Anda mengonsumsinya secara tidak konsisten.

Sebagai contoh, Anda sempat tidak minum pil KB selama beberapa kali atau mengonsumsinya tiap hari tapi di jam yang berbeda-beda. Hal itu akan membuat kadar hormon menurun dengan cepat, dan meningkatkan risiko ovulasi. Kalau sudah begitu, kehamilan lebih mungkin terjadi.

Efektivitas pil KB juga bisa terganggu apabila terdapat interaksi dengan obat lain. Coba diingat lagi, suplemen atau obat lain apa yang sedang dikonsumsi? Apakah ada suplemen bawang putih atau antibiotik dan antijamur tertentu? Bila ya, obat-obatan tersebut bisa menurunkan efektivitas pil KB.

Artikel Lainnya: Cara Minum Pil KB yang Benar

2 dari 3

Efek Minum Pil KB saat Hamil

Efek Minum Pil KB saat Hamil
loading

Dikatakan oleh dr. Valda Garcia, minum pil KB saat hamil bisa berbahaya untuk janin.

"Minum pil KB saat hamil bisa menyebabkan gangguan kadar vitamin A dan asam folat, sehingga pembentukan struktur organ dan tubuh janin jadi tak maksimal,” kata dr. Valda.

Berikut penjelasan spesifik mengenai efek minum pil kb saat hamil:

1. Konsentrasi Asam Folat Turun

Asam folat merupakan nutrisi penting dalam proses pembentukan struktur tubuh janin dan organ dalamnya.

Terlanjur minum pil KB saat hamil berpotensi menurunkan konsentrasi asam folat di tubuh ibu. Alhasil, proses tumbuh kembang janin dalam kandungan berisiko mengalami gangguan.

2. Konsentrasi Vitamin A Meningkat

Berbeda dengan asam folat yang menurun, pil KB justru bikin konsentrasi vitamin A naik drastis. Hal ini dapat meningkatkan risiko kerusakan retina pada bayi.

Tidak hanya itu, kadar vitamin A dalam tubuh ibu yang terlalu tinggi juga berpotensi menyebabkan kelainan sistem saraf pusat, jantung, telinga, dan tengkorak pada janin.

Artikel Lainnya: 7 Kesalahan yang Membuat Anda Hamil Meski KB

3. Keseimbangan Hormon akan Terganggu

Hormon merupakan faktor penting dalam kehamilan agar janin terpelihara dengan baik.

Pil KB mengandung hormon estrogen dan progesteron sintetis. Efek minum pil KB saat hamil 1 bulan atau trimester pertama akan menyebabkan gangguan keseimbangan hormon. Perkembangan janin pun berisiko terganggu.

4. Cacat Lahir pada Bayi

Minum pil KB saat hamil juga dapat meningkatkan risiko cacat lahir pada bayi.

Kendati demikian, telanjur minum pil KB bukanlah satu-satunya faktor penyebab cacat lahir. Masih ada faktor lain yang mempengaruhi.

5. Kehamilan Ektopik

Risiko kehamilan ektopik dapat meningkat apabila Anda mengonsumsi pil KB mini saat hamil. Pil tersebut hanya berisi hormon progesteron.

Ketika kehamilan terjadi di area yang tidak semestinya, embrio sulit bertahan hidup.

Ukuran tuba falopi juga tidak cukup besar untuk menampung perkembangan embrio. Kebutuhan darah plasenta pun tidak akan tercukupi, sehingga dapat meningkatkan risiko kematian embrio.

Artikel Lainnnya: Efek Samping Pil KB yang Paling Sering Muncul

Selain hal-hal tersebut, efek minum pil KB saat hamil yang diduga juga bisa terjadi adalah kelahiran prematur dan keguguran.

Namun, hingga saat ini, kelahiran prematur dan keguguran akibat minum pil KB saat hamil masih bersifat dugaan alias belum pasti kebenarannya.

Food and  Drug Administration (FDA) bahkan menyatakan, pil KB umumnya tidak begitu berbahaya asalkan dikonsumsi sesuai anjuran dokter.

Hal yang perlu diingat, tiap ibu hamil punya kondisi yang berbeda-beda. Jadi, guna menghindari atau mencegah perburukan kondisi saat terjadi efek samping, lebih baik konsultasikan lebih lanjut kepada dokter kandungan.

Baca Juga

Masih ada pertanyaan tentang efek minum pil KB saat hamil atau hal-hal lain seputar kesehatan kandungan? Anda bisa berkonsultasi kepada dokter melalui layanan LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Veny Melinda, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Donny Sutrisno Winardo, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Bambang Eko Winarno, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Kenali Perbedaan Gejala Haid dan Kehamilan

Info Sehat
09 Feb

Manfaat Konsumsi Daun Kelor untuk Ibu Hamil

Info Sehat
08 Feb

Tidak Selalu Berbahaya, Ini Manfaat Kopi untuk Ibu Hamil

Info Sehat
04 Feb

Minyak Kelapa Lancarkan Persalinan, Mitos atau Fakta?

Info Sehat
03 Feb

Dampak Preeklampsia pada Ibu Hamil dan Janin, Apa Saja?

Info Sehat
02 Feb

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk