Manfaat Sinbiotik di 1.000 Hari Pertama Kehidupan Anak
search

Manfaat Sinbiotik di 1.000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Kebutuhan nutrisi jangan sampai kurang dalam 1.000 hari pertama kehidupan anak. Salah satu komponen yang harus dipenuhi adalah sinbiotik. Simak manfaatnya!
Manfaat Sinbiotik di 1.000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga sistem daya tahan tubuh sangat penting bagi kesehatan sang buah hati. Kekebalan imun yang baik mampu melawan berbagai agen penyebab infeksi, seperti virus dan bakteri.

Si kecil pun dapat terhindar dari berbagai penyakit. Ancaman kuman dan bakteri dapat datang dari mana saja.

Hal ini membuat orangtua harus memberi perhatian ekstra pada asupan dan higienitas anak, khususnya dalam 1.000 hari pertama kehidupannya.

Sudahkah Anda memahami upaya menjaga daya tahan tubuh si kecil dan pemenuhan nutrisinya? Sayangnya, hal tersebut kadang masih dilakukan dengan keliru atau kurang maksimal.

Padahal, langkah awal untuk menjaga sistem imun anak dimulai dari pemahaman orangtua yang baik.

Jangan sampai Anda menyerap informasi yang salah dan mengorbankan kesehatan sang buah hati.

Artikel Lainnya: Lakukan Ini Setelah 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

1 dari 3

Nutrisi Anak Pengaruhi Daya Tahan Tubuhnya

loading

Tahukah Anda? Ketahanan imun sangat dipengaruhi oleh kondisi sistem pencernaan, lho. Beragam bakteri baik di usus yang berperan dalam hal tersebut.

Ada begitu banyak bakteri baik yang hidup di usus kita. Bakteri tersebut dikenal sebagai mikrobioma usus. Fungsinya adalah membantu kesehatan saluran pencernaan.

Nah, peran mikrobioma tersebut dapat menunjang sistem daya tahan tubuh. Beberapa penelitian terbaru menyebutkan, bakteri baik yang menetap di usus membantu memperkuat sistem imun.

Keberadaan bakteri di sistem pencernaan memastikan imun anak bekerja tidak berlebihan dan efektif membunuh agen penyebab penyakit.

Hal ini membuat fungsi tersebut dilakukan tanpa menimbulkan kerusakan kolateral pada usus.

Mikrobioma usus bukan hanya membantu melawan virus yang biasa menyerang sistem pencernaan. Bakteri baik tersebut juga membasmi virus yang menginfeksi paru-paru seperti virus flu.

Jika terjadi masalah pada mikrobioma usus anak, sistem daya tahan tubuhnya akan semakin menurun. Ia akan lebih rawan terkena penyakit.

Untuk menjaga kesehatan usus anak, Anda harus memberikan berbagai nutrisi yang sesuai dan lengkap. Konsumsi banyak serat perlu diutamakan.

Selain itu, asupan mengandung sinbiotik juga tak boleh terlewat. Kandungan ini akan menyehatkan pencernaan buah hati Anda sehingga imunnya semakin kuat.

Artikel Lainnya: Mengetahui Periode Emas Tumbuh Kembang Anak

2 dari 3

Sinbiotik dan Manfaatnya untuk 1.000 Hari Pertama Kehidupan

loading

Sinbiotik adalah kombinasi probiotik dan prebiotik yang bersinergi untuk menjaga keseimbangan bakteri di dalam saluran cerna.

Probiotik adalah bakteri baik, sementara prebiotik merupakan nutrisi untuk bakterinya. Dengan mengonsumsi asupan sinbiotik, anak bisa mendapatkan probiotik dan prebiotik sekaligus dari satu jenis nutrisi.

Berbagai penelitian menunjukkan, rutin mengonsumsi sinbiotik akan berdampak lebih baik bagi kesehatan anak. Hal ini dibandingkan dengan konsumsi hanya probiotik atau prebiotik saja.

Pemberian sinbiotik juga dapat mengatasi kemungkinan bakteri probiotik mengalami kematian akibat tidak mendapatkan nutrisi prebiotik yang cukup.

Secara klinis, asupan sinbiotik juga telah terbukti dapat bantu memkerkuat daya tahan tubuh dan mencegah anak dari berbagai penyakit.

Keuntungan itu dapat dicapai bila nutrisi tersebut diberikan dalam 1.000 hari pertama kehidupan.

Penelitian telah dilakukan oleh Wageningen University and Research, Belanda, pada 767 anak (12-29 bulan).

Anak-anak yang mengonsumsi sinbiotik selama 52 minggu lebih terlindungi dari infeksi saluran pernapasan atas dan infeksi saluran cerna.

Artikel Lainnya: Tahap Tumbuh Kembang Bayi Prematur Usia 0-12 Bulan

Oleh karena itu, pastikan Anda memberikan asupan sinbiotik kepada si kecil khususnya dalam 1.000 hari pertama kehidupannya. Jatuhkan pilihan pada Nutrilon Royal ACTIDuobio+ yang teruji klinis mampu bantu perkuat daya tahan tubuh si Kecil.

Susu Nutrilon Royal ACTIDuobio+ mengandung sinbiotik, serta kombinasi prebiotik FOS:GOS. Kandungan tersebut penting untuk menunjang kesehatan saluran cerna dan memperkuat daya tahan tubuh.

Diperkaya dengan omega-3 dan 6, susu ini juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak. Tak ketinggalan 12 vitamin dan 9 mineral di dalamnya yang mampu mendukung tumbuh kembang.

Yuk, jangan lewatkan pemberian sinbiotik untuk anak dari Nutrilon Royal ACTIDuobio+!

Si kecil akan memiliki sistem imun yang lebih kuat, sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit. Pertumbuhan dan perkembangannya pun akan lebih maksimal.

Baca Juga

Untuk mengetahui informasi nutrisi sinbiotik lebih jauh, konsultasikan dengan dokter kepercayaan. Anda juga bisa pelajari lebih lanjut di Immunity Education Page. Semoga bermanfaat.

Konsultasi ke dokter spesialis anak pilihan lebih cepat di LiveChat Klikdokter.

(FR/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Nofiyanty Nicolas, Sp.A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Sambiloto, Herbal Pahit untuk Antivirus COVID-19

Info Sehat
17 Feb

Lawan Mutasi Virus Corona, Lakukan Proteksi Ekstra di Rumah

Info Sehat
16 Feb

Hadapi Pancaroba Saat Pandemi, Anda Harus Siapkan Ini!

Info Sehat
11 Feb

Rentan Flu Saat Pancaroba dan Pandemi? Tenang, Cegah dengan Ini

Info Sehat
11 Feb

Ibu Hamil Kekurangan Vitamin D, Awas Nyeri persalinan

Info Sehat
05 Feb

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat