Manfaat Shea Butter Untuk Kecantikan Kulit
searchtext customer service

Manfaat Shea Butter Untuk Kecantikan Kulit

Meski harganya mahal, shea butter punya banyak nutrisi yang baik untuk kulit. Salah satunya untuk mengurangi stretch mark dan melembabkan kulit!
Manfaat Shea Butter Untuk Kecantikan Kulit

Klikdokter.com, Jakarta Beberapa tahun belakangan, produk skincare yang terbuat dari shea butter banyak bermunculan. Mulai dari produk krim, masker wajah, body butter, sampai sabun mandi, semua menawarkan shea butter sebagai bahan utamanya.

Lantas, apa, sih, yang dimaksud dengan shea butter? Yuk, ketahui asal-usul serta manfaat shea butter untuk kecantikan kulit lewat ulasan berikut ini.

 

1 dari 3

Apa Itu Shea Butter?

Apa Itu Shea Butter?
loading

Shea butter adalah lemak yang diekstrak dari kacang pohon Shea. Shea butter diolah dengan mengambil biji kacang Shea, lalu dihancurkan, dibakar, dan digiling sampai teksturnya menyerupai krim.

Umumnya, produk shea butter memiliki tekstur yang padat dan berwarna putih pucat.

Shea butter berasal dari Afrika Barat dan sebagian besar produksinya juga masih berasal dari wilayah tersebut.

Karena diimpor dari negara yang cukup jauh, tak heran bila harga shea butter di Indonesia cukup mahal.

Kendati begitu, harga yang dijual sebanding dengan manfaat yang didapat. Sebab, menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti skincare yang terbuat dari kacang shea memiliki nutrisi yang baik bagi kulit.

Shea butter mengandung berbagai vitamin dan asam lemak baik. Teksturnya juga lembut dan mudah diaplikasikan ke kulit, meski kadang terasa cukup tebal saat digunakan. Walaupun terbuat dari kacang, shea butter termasuk produk perawatan yang rendah protein sehingga relatif jarang menimbulkan alergi dibanding produk dari kacang lainnya.”

Artikel Lainnya: Kulit Kering Bisa Menjadi Lembap dengan Cara Ini

2 dari 3

Manfaat Shea Butter Untuk Kulit

Manfaat Shea Butter Untuk Kulit
loading

Penasaran dengan manfaat shea butter? Berikut adalah berbagai kandungan serta manfaat shea butter untuk kecantikan kulit.

1. Melembapkan Kulit

Shea butter paling sering dimanfaatkan untuk melembapkan kulit. Khasiat ini didapat dari kandungan lemak kacang shea yang terdiri dari asam linoleat, stearat, oleat, dan palmitat.

Ketika mengoleskannya kulit, minyak esensial di dalam shea butter akan cepat diserap dan membuat kulit terasa lembap dan lembut.

2. Mengandung Sifat Antiinflamasi

Biji dari kacang shea butter memiliki sifat antiinflamasi atau antiperadangan yang dapat menangkal radikal bebas di kulit.

Tak hanya itu, sifat antiperadangan dari shea butter juga dapat membantu mengatasi eksim dan iritasi kulit akibat cuaca kering.

3. Mengandung Sifat Antibakteri

Menurut sebuah penelitian yang diuji coba ke hewan pada tahun 2012, ekstrak kulit pohon Shea dapat menurunkan aktivitas mikroba karena mengandung zat antibakteri. 

Meski begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk bisa memastikan manfaat tersebut. Shea butter disebut-sebut juga dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Artikel Lainnya: Cara Memilih Sampo yang Tepat untuk Rambut Keriting

4. Mengandung Sifat Antipenuaan

Dokter Astrid Wulan mengatakan, “Shea butter memicu produksi kolagen dan regenerasi sel. Maka itu, shea butter bisa menjaga kulit tetap kenyal, bernutrisi, dan terlihat lebih cerah.

Apabila digunakan secara rutin, efek peningkatan kolagen di kulit dapat mencegah kerutan dan garis halus tanda penuaan di wajah.

5. Meredakan Kulit Gatal

Adanya kandungan antiinflamasi di dalam shea butter diyakini dapat meredakan kondisi gatal. Ketika dioles ke kulit, asam lemak shea butter akan menyerap dan membantu meredakan kulit kering yang sering memicu gatal.

6. Mengandung Sifat Antijamur

Produk yang terbuat dari pohon Shea ditemukan mengandung sifat antijamur dan mampu mengatasi masalah kulit akibat infeksi jamur. Shea butter dipercaya sebagian orang dapat melawan jamur yang menyebabkan kurap dan kutu air.

Artikel Lainnya: Ini yang Dibutuhkan agar Imunitas Kulit Optimal Melawan Kuman

7. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Kandungan vitamin A di dalam shea butter terbukti efektif melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV). Selain itu, kandungan vitamin D di dalam shea butter dapat meregenerasi sel kulit mati akibat paparan sinar matahari.

8. Mengurangi Tampilan Stretch Mark

Shea butter dapat memudarkan stretch mark dengan cara menghentikan produksi fibroblas keloid, jaringan parut, dan mendorong pertumbuhan sel kulit yang sehat.

Namun, imbangi juga dengan makan makanan sehat serta berolahraga agar guratan stretch mark bisa memudar maksimal.

Baca Juga

Cari tahu fakta perawatan kulit lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa konsultasi langsung dengan dokter melalui fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Irwan Junawanto,SpKK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Monalisa Manik, Sp.KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Hervina, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Bahaya Kandungan Kosmetik Hydroquinone untuk Wajah

Info Sehat
16 Feb

Ampuhkah Jeruk Nipis Mengatasi Panu?

Info Sehat
13 Feb

Manfaat Kayu Manis untuk Kecantikan Kulit

Info Sehat
12 Feb

Bolehkah Creambath Saat Hamil? Ini Kata Dokter

Info Sehat
12 Feb

Mengenal Efek Tingling saat Pakai Skincare, Apakah Berbahaya?

Info Sehat
07 Feb

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat