search

Operasi LASIK untuk Mata Silinder, Apakah Terbukti Bermanfaat?

LASIK terbukti dapat membantu mengurangi bahkan menghilangkan minus pada mata. Namun, bagaimana dengan efektivitas operasi LASIK untuk mata silinder?
Operasi LASIK untuk Mata Silinder, Apakah Terbukti Bermanfaat?

Klikdokter.com, Jakarta Operasi LASIK atau Laser-assisted in Situ Keratomileusis telah lama digunakan untuk mengurangi bahkan menghilangkan mata minus. Tindakan tersebut pun terbukti efektif, asalkan dilakukan oleh tenaga profesional dan terlatih.

Lantas, apa jadinya jika operasi LASIK dilakukan untuk orang yang punya mata silinder? Apakah operasi lasik untuk mata silinder terbukti efektif mengurangi atau mengatasi keluhan tersebut?

1 dari 4

Sekilas Tentang Mata Silinder

Sekilas Tentang Mata Silinder
loading

Mata silinder atau astigmatisme merupakan kondisi penglihatan kabur dan berbayang akibat bentuk kornea atau lensa mata tidak cembung sempurna. 

Normalnya, kornea maupun lensa mata akan bekerja sama untuk membuat cahaya masuk dan membentuk gambar pada retina. Tapi, pada mata silinder, kornea tidak dapat mengatur cahaya yang masuk. Alhasil, gambaran objek di retina tidak fokus dan berbayang. 

Gejala paling umum yang dirasakan oleh penderita mata silinder adalah tidak bisa melihat garis lurus. Penderita kondisi tersebut juga sangat kesulitan untuk membuat garis lurus di atas kertas. 

Selain itu, mata silinder juga bisa membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk melihat tulisan kecil atau benda berjarak jauh. 

Tak sedikit juga penderita mata silinder yang sering merasakan pusing atau sakit kepala setelah membaca atau menatap layar laptop maupun ponsel.

Artikel Lainnya: Adakah Batasan Mata Minus untuk Melakukan Lasik?

2 dari 4

Operasi LASIK untuk Mata Silinder, Apakah Efektif?

Operasi LASIK untuk Mata Silinder, Apakah Efektif?
loading

Berdasarkan dr. Sepriani Timurtini Limbong, LASIK terbukti efektif dalam mengatasi mata silinder. 

“Metode operasi LASIK bisa untuk masalah refraktif pada mata. Masalah ini termasuk juga dengan mata silinder,” kata dr. Sepriani.

“Prosedur dilakukan dengan menggunakan laser untuk memodifikasi permukaan kornea,” sambungnya. 

Akan tetapi, guna mendapatkan manfaat yang optimal, penderita mata silinder perlu diperiksa terlebih dahulu oleh dokter sebelum melakukan LASIK. 

Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui keparahan gejala pada pasien, agar nantinya dapat disesuaikan dengan prosedur saat LASIK dan perawatan setelahnya.

Artikel Lainnya: Jangan Lakukan Pantangan Ini Setelah Operasi LASIK

3 dari 4

Perawatan Lainnya Untuk Atasi Mata Silinder

Perawatan Lainnya Untuk Atasi Mata Silinder
loading

Manfaat LASIK untuk mata silinder terbukti efektif, asalkan dilakukan sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh dokter. Namun, Anda perlu merogoh kocek agak dalam untuk melakukan metode tersebut.

Adakah perawatan mata silinder yang ramah di kantong? Ada! Berikut ini beberapa pilihannya:

  • Kacamata 

Menggunakan kacamata khusus juga bisa membantu mengurangi keluhan pada pelinghatan akibat mata silinder. 

Hanya saja, hal tersebut perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat, seperti mengurangi durasi menatap layar ponsel atau laptop. 

Jika pekerjaan membuat mata harus menatap layar dalam waktu lama, Anda wajib menyediakan waktu untuk sesekali memejamkan mata. Anda pun perlu menggunakan air mata buatan agar guna mencegah kekeringan pada indra penglihatan.

Artikel Lainnya: Adakah Batas Usia Lasik Mata untuk Anak?

  • Lensa Kontak

Anda bisa menggunakan lensa kontak untuk membantu mengurangi keluhan mata silinder. 

Hanya saja, lensa kontak untuk mata silinder biasanya perlu penyesuaian khusus dari dokter yang memeriksa. Biasanya dibutuhkan waktu selama 3 hingga 7 hari sampai lensa kontak bisa dipakai dengan nyaman oleh penderita mata silinder.

  • Operasi LASEK

Operasi LASEK atau Laser-assisted Subepithelial Keratomileusis dapat dilakukan untuk membantu mengurangi keparahan mata silinder.

Tindakan ini adalah gabungan antara LASIK dan PRK (Photorefractive Keratectomy), sehingga prosedurnya wajib dilakukan oleh tenaga profesional yang terlatih.

Baca Juga

Manfaat LASIK untuk mata silinder bukanlah isapan jempol belaka. Tertarik dengan prosedur tersebut? Jika ya, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Pakai Gadget Seharian? Waspada Gangguan Mata Lelah!

Info Sehat
23 Feb

Fakta Seputar Air Mata Manusia yang Jarang Diketahui

Info Sehat
22 Feb

Kenapa Penglihatan Berubah Setelah Melahirkan?

Info Sehat
22 Feb

Cara Make Up Mata yang Benar dan Aman

Info Sehat
18 Feb

Manakah Obat Mata yang Lebih Efektif, Salep atau Tetes Mata?

Info Sehat
01 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat