Psychic Numbing, Sikap Tidak Peduli dan Terlalu Pasrah
searchtext customer service

Mengenal Psychic Numbing, Sikap Tidak Peduli dan Terlalu Pasrah

Bagaimana jadinya bila seseorang terlalu cuek dan selalu bersikap tidak peduli? Apakah ini gangguan mental? Ketahui jawabannya dari psikolog di sini.
Mengenal Psychic Numbing, Sikap Tidak Peduli dan Terlalu Pasrah

Klikdokter.com, Jakarta Punya rasa empati terhadap individu lain memang seharusnya dimiliki oleh setiap orang. Hanya saja, ada beberapa yang mungkin terlalu cuek dengan keadaan sehingga dianggap kurang berempati.

Sikap terlalu cuek dan tidak peduli juga bisa dikenal dengan istilah psychic numbing. Apakah kondisi ini termasuk gangguan mental dan berdampak buruk?

 

1 dari 4

Apa Itu Psychic Numbing?

Apa Itu Psychic Numbing?
loading

Emosi merupakan bagian penting dari cara kita berperilaku dalam hidup. Baik sedih, senang, maupun marah, semua emosi tersebut wajar dialami. Tapi, ada juga sebagian orang yang justru kurang merasakan emosi tersebut dan terkesan sangat cuek.

Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, menjelaskan, psychic numbing merupakan suatu kondisi ketika orang yang mengalaminya sudah menarik perhatian (tidak peduli atau bersikap pasrah) pada hal tertentu.

Keadaan tersebut bisa terjadi karena pengalaman traumatis masa lalu atau ancaman yang akan muncul di masa mendatang. Ancamannya sendiri bisa saja jarang ditemukan. Tapi, jika hal itu sampai terjadi, maka konsekuensinya akan sangat besar.

Ikhsan menggambarkan, “Contoh kasusnya adalah di saat pandemi seperti sekarang. Ada beberapa kelompok masyarakat yang mungkin sudah pasrah dan cuek dengan keadaan.”

“Mereka sudah pasrah dengan kondisi pandemi yang memengaruhi ekonomi dan kesehatannya. Tapi, jika sampai terjadi pada diri sendiri, maka pandemi tentu akan memberikan dampak yang berbahaya seperti kematian,” jelasnya.

Artikel lainnya: Kehabisan Rasa Empati, Apa Penyebabnya?

2 dari 4

Apakah Psychic Numbing Termasuk Gangguan Mental?

Apakah Psychic Numbing Termasuk Gangguan Mental?
loading

Bersikap cuek memang umum ditunjukkan banyak orang. Tapi, kalau sudah keterlaluan, apakah hal ini termasuk gangguan mental?

Menurut Ikhsan, psychic numbing bukanlah sebuah masalah kesehatan mental. Kondisi ini hanya merupakan respons seseorang yang merasa tidak siap atau tidak mampu menghadapi masalah besar.

Akibatnya, orang tersebut menjadi bersikap tidak peduli. Di satu sisi, ia juga pasrah dengan keadaan.

Namun, jika psychic numbing dibiarkan terlalu lama, maka individu yang mengalaminya akan dianggap kurang simpatik, empatik, dan tidak ramah dalam beberapa kondisi.

Artikel lainnya: 5 Gangguan Kesehatan Ini Bisa Pengaruhi Kepribadian Anda

3 dari 4

Cara Mengatasi Psychic Numbing

Berkonsultasi dengan Psikolog Tentang Cara Mengatasi Psychic Numbing
loading

Agar sikap terlalu cuek tidak melewati batas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi psychic numbing yaitu:

  • Cari Sumber Kecemasan

Cari tahu akar dari kecemasan yang terjadi. Sebenarnya, kondisi apa yang sebenarnya membuat Anda merasa tidak berdaya dalam menghadapi situasi tersebut.

Setelah ketemu akar permasalahannya, coba perlahan selesaikan masalah itu. Bila tidak berani atau merasa kurang mampu mengatasinya, mintalah bantuan psikolog.

  • Belajar Berpikir Positif

“Belajar untuk berpikir positif terhadap suatu kejadian atau situasi masalah. Pikirkan hal-hal baik yang terjadi di sekitar Anda. Tidak hanya satu, tapi ada banyak hal positif yang masih bisa dilakukan,” saran Ikhsan.

“Kalau ada masalah, cobalah untuk bersikap tenang dalam menghadapinya. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan,” lanjutnya.

  • Ambil Waktu Me Time

Luangkanlah waktu pribadi dan tenangkan diri dengan melakukan kegiatan menyenangkan. Kalau tidak ingin melakukan banyak kegiatan, cobalah beristirahat.

Dengan mendapatkan waktu istirahat cukup, otak akan kembali berfungsi optimal dan pikiran menjadi semakin relaks.

Baca Juga

Bila psychic numbing sampai mengganggu kegiatan sehari-hari atau memperparah kecemasan, segera berkonsultasi dengan psikolog untuk mendapatkan penanganan tepat.

Ketahui info menarik seputar kesehatan mental lainnya dari psikolog hanya di KlikDokter. Anda pun bisa berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kejiwaan lewat Live Chat.

(FR/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

Nunung Sawitri Yulianti, S.Psi, M.Psi., Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 20.000
avatar

Maria Jane Tienoviani Simanjuntak, S.Psi, M.Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 25.000
avatar

Fitri Dian Hapsari, S.Psi, M.Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 25.000

ARTIKEL TERKAIT

Hati-hati, Bullying Juga Bisa Terjadi Meski Sekolah di Rumah

Info Sehat
23 Feb

Jenuh Asuh Anak, Waspada Parental Burnout!

Info Sehat
21 Feb

Jadi Pelakor, Apakah Termasuk Gangguan Mental?

Info Sehat
19 Feb

Dampak Buruk Digital Fatigue pada Kesehatan Fisik dan Mental

Info Sehat
19 Feb

Cara Menjaga Kesehatan Mental Remaja di Masa Pandemi COVID-19

Info Sehat
18 Feb

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat