Benarkah Cuka Apel Efektif Atasi Vertigo?
search

Cuka Apel untuk Vertigo, Benarkah Efektif?

Cuka apel sejak lama dikenal memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan. Akan tetapi, efektifkah cuka apel untuk vertigo? Simak ulasannya di sini.
Cuka Apel untuk Vertigo, Benarkah Efektif?

Klikdokter.com, Jakarta Kekambuhan vertigo ditandai dengan sensasi diri ataupun ruangan di sekeliling terasa berputar-putar. 

Penderita juga sering merasa kalau tubuhnya melayang-layang seperti akan jatuh. Untuk menghindari cedera, Anda perlu berpegangan, duduk, ataupun berbaring saat serangan datang.

Nah, selain dengan pengobatan medis, bahan alami kerap dimanfaatkan untuk mengatasi keluhan tersebut. Salah satu yang sering disebut-sebut bermanfaat adalah cuka apel. 

Namun, apakah larutan yang sangat asam ini sungguhan efektif dalam mengatasi keluhan vertigo? Kita cari tahu manfaat cuka apel untuk vertigo di sini.

1 dari 3

Menguak Manfaat Cuka Apel untuk Vertigo

Menguak Manfaat Cuka Apel untuk Vertigo
loading

Cuka sari apel atau apple vinegar adalah hasil fermentasi ekstrak buah apel. Proses ini mengubahnya menjadi asam asetat, yakni bahan aktif utama dalam cuka.

Dinukil dari Healthline, senyawa inilah yang disinyalir menjadi alasan begitu banyaknya manfaat cuka apel bagi kesehatan.

Antara lain, baik untuk mengontrol tekanan darah, menurunkan berat badan, memelihara kesehatan kulit, dan juga membantu mengelola kadar gula darah.

Nah, apakah apple vinegar juga bisa berkhasiat untuk penderita vertigo? Seperti dikutip dalam Medical News Today, cuka apel dan madu dipercaya memiliki khasiat untuk melancarkan aliran darah ke otak.

Ketika aliran darah kembali lancar, sensasi berputar yang dialami penderita vertigo dengan sendirinya akan hilang.

Artikel Lainnya: Tak Hanya untuk Masakan, Ini Manfaat Cuka Apel bagi Kesehatan 

Namun demikian, bukan berarti manfaat cuka apel untuk mengatasi vertigo bisa diyakini sepenuhnya. Hal tersebut diungkapkan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

"Klaim cuka apel dapat membantu mengatasi berbagai penyakit sebaiknya dicerna dengan kehati-hatian. Cuka apel bukan 'herbal' sakti yang serta-merta ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk vertigo," ungkapnya.

Akan tetapi, diakui dr. Astrid Wulan, beberapa studi awal sudah meneliti efek konsumsi cuka apel pada sirkulasi darah. 

Dalam studi dengan hewan tikus, cuka apel ditemukan dapat menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah.

"Efeknya dapat membantu mengoptimalkan peredaran darah dan kesehatan pembuluh. Akan tetapi, hal ini belum teruji pada manusia," tuturnya.

"Efek ini yang (disebutkan di atas) diharapkan dapat membantu atasi vertigo, dengan memperlancar sirkulasi darah ke otak," tegas dr. Astrid Wulan.

Artikel Lainnya: Waspadai Bahaya Vertigo pada Ibu Hamil!

2 dari 3

Perhatikan Ini Sebelum Memanfaatkan Cuka Apel untuk Vertigo

Perhatikan Ini Sebelum Memanfaatkan Cuka Apel untuk Vertigo
loading

Meski belum teruji pada manusia, tak ada salahnya bila Anda ingin mencoba cuka apel untuk mengatasi vertigo. 

Terlebih, kalau Anda selama ini tidak punya alergi dan masalah kesehatan tertentu usai meminumnya.

Anda bisa membeli cuka apel langsung di supermarket ataupun secara online. Pastikan produk yang Anda beli sudah terdaftar pada Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). 

Hal ini penting agar Anda terhindar dari konsumsi cuka apel palsu yang beredar. Lebih disarankan, Anda memilih cuka apel untuk vertigo yang tidak disaring atau tidak dipasteurisasi.

Selain itu, dr. Astrid Wulan menyarankan Anda untuk menghindari konsumsi cuka apel saat perut kosong dan memiliki riwayat mag.

Rasa asam pada cuka apel bisa membuat ketidaknyamanan bagi Anda yang punya masalah lambung. Salah-salah, cuka apel justru bisa membuat perut terasa perih dan mengganggu aktivitas.

Untuk mengonsumsinya, ambil 1 sendok makan cuka apel, campurkan dengan madu. Minumlah 2 atau 3 kali sehari. Bila keluhan vertigo kerap muncul dan memberat, jangan tunda berobat ke dokter.

Baca Juga

Anda  tertarik menggunakan cuka apel untuk mengatasi vertigo? Sah-sah saja, kok! Namun, seperti disampaikan dr. Astrid, jangan berharap terlalu banyak pada efek cuka apel dalam meredakan vertigo. 

Masih butuh penelitian mendalam pada manusia untuk mengklaim hal ini. Jika masih punya pertanyaan seputar topik ini, manfaatkan layanan LiveChat 24 Jam dari aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Obat Vertigo yang Dijual Bebas di Apotek

Info Sehat
13 Des

Waspadai Bahaya Vertigo pada Ibu Hamil!

Info Sehat
02 Nov

Minum Obat Tidur untuk Atasi Vertigo, Amankah?

Info Sehat
30 Okt

Vertigo Bisa Disebabkan oleh Gangguan Lambung?

Info Sehat
18 Sep

5 Olahraga yang Aman untuk Penderita Vertigo

Info Sehat
30 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat