Inilah Sikap Wanita Penyebab Pria Stres, Apa Saja?
searchtext customer service

Deretan Sikap Wanita yang Bisa Membuat Pria Stres

Ada beberapa sikap wanita yang sering menjadi penyebab pria stres. Kenali dan waspadai, agar hubungan Anda tidak melulu dilanda masalah.
Deretan Sikap Wanita yang Bisa Membuat Pria Stres

Klikdokter.com, Jakarta Dalam suatu hubungan, pria dan wanita sama-sama memiliki keunikan tersendiri. Ada kalanya, kelakukan pria bikin senewen pasangan wanitanya. Namun, tak jarang, ada juga sikap wanita yang menjadi penyebab pria stres.

Bukan maksud merendahkan wanita. Akan tetapi, tidak dimungkiri bahwa terdapat beberapa sikap kaum hawa yang sulit ditebak pria. Akhirnya, hal tersebut menjadi penyebab pria stres sehingga menciptakan konflik yang berujung drama dalam berhubungan.

Anda tidak ingin mengalami kondisi tersebut, bukan? Jika memang demikian, berikut ini beberapa sikap wanita penyebab stres pria yang mesti dikenali dan diwaspadai:

1 dari 5

1. Cemas Berlebih

Cemas Berlebih pada Wanita
loading

"Kecemasan berlebih pada wanita yang menimbulkan sikap selalu curiga dan banyak bertanya kepada pasangan bisa membuat pria stres," ungkap Ikhsan Bella Persada, M.Psi, Psikolog.

2. Tidak Menjelaskan Perasaan

"Wanita sering diam dan tidak menjelaskan perasaan yang dialami ketika sedang ada masalah. Hal ini bisa membuat pria bingung dalam menghadapi permasalahan yang dialami," kata Ikhsan.

Kalau ditanya “kenapa”, wanita cenderung akan menjawab “tidak apa-apa". Tapi, di saat bersamaan, wajahnya selalu cemberut dan ingin dimengerti. Membingungkan, bukan?

Artikel Lainnya: Anak Broken Home Trauma Menjalin Hubungan Asmara, Apa Sebabnya?

2 dari 5

3. Masih Punya Dendam

Masih Punya Dendam
loading

"Masih menyimpan perasaan tidak nyaman atau dendam terhadap pasangan," tutur Ikhsan.

Kondisi ini diduga karena wanita mengedepankan sisi perasaannya. Jadi, kalau tersakiti, mereka akan menyimpannya dalam hati dan malah bisa berujung dendam.

4. Suka Membesarkan Masalah

Pria menganggap masalah sepele, tapi tidak dengan wanita. Mereka (wanita) bisa saja membesarkan masalah yang sebenarnya tidak begitu penting.

Hal tersebut sebenarnya hanya sudut pandang antara wanita dan pria. Penerimaan terhadap masalah memang berbeda-beda pada setiap orang.

Walau begitu, kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan terus berlangsung. Dalam sebuah hubungan, pria dan wanita harus sama-sama punya pengertian yang baik satu sama lain.

Artikel Lainnya: Tips Anti Selingkuh Bagi Wanita

3 dari 5

5. Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain

Pria Stres Karena Dibanding-bandingkan dengan Orang Lain
loading

Menurut psikolog Ikhsan, perilaku wanita yang kerap membandingkan pasangannya dengan orang lain ini juga bisa membuat pria stres.

“Hal ini bisa dikarenakan ada keinginan-keinginan yang tidak terpenuhi dari pasangan,” kata psikolog Ikhsan.

6. Cemburuan

“Sikap cemburuan pada pasangan yang ditunjukkan secara berlebih sehingga seringkali melarang pasangannya dalam membina relasi dengan orang lain,” kata psikolog muda tersebut.

Artikel Lainnya: Pria Lebih Mudah Stres, Ini Solusinya

4 dari 5

7. Egois

Wanita Egois Membuat Pria Stres
loading

Sikap egosentris, selalu ingin dimengerti, dan merasa bahwa diri wanita adalah yang paling benar dapat menjadi penyebab pria stres.

“Tapi, semua ini perlu diperhatikan, ya. Jangan-jangan, dari sikap pria sendiri yang menyebabkan timbulnya perilaku tersebut pada si wanita?” tanya Ikhsan.

Ikhsan mengatakan, berbicara mengenai hal tersebut adalah cara terbaik untuk meminimalkan risiko konflik.

"Komunikasikan masalah dan perasaan yang dialami kepada pasangan, agar konflik yang terjadi tidak semakin buruk," saran Ikhsan.

"Sebisa mungkin, beri ruang kepada pasangan agar dapat menenangkan diri dan menyelesaikan konflik dengan lebih baik," sambungnya.

Baca Juga

Terdapat beberapa sikap wanita yang memang bisa membuat pria stres. Begitu pun sebaliknya, ada sebagian sikap pria yang sering bikin wanita stres. Jadi, jangan saling menyalahkan, ya. Lebih baik rundingkan agar hubungan bisa dijalankan dengan nyaman dan langgeng.

Jika perlu saran atau butuh bantuan menghadapi konflik dalam sebuah hubungan, Anda bisa berkonsultasi kepada psikolog melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

Prapti Madyo Ratri, S.Psi, M.Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 25.000
avatar

Fitri Dian Hapsari, S.Psi, M.Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 25.000
avatar

Tengku Sheila Noor Faraza, S.Psi, M.Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Sering Alami Percintaan Singkat, Apa Penyebabnya?

Info Sehat
14 Feb

Punya Pasangan Tapi Merasa Kesepian, Mungkin Ini Alasannya

Info Sehat
07 Feb

Alasan Pasangan Tetap Ingin Bersama Meski Tak Lagi Saling Cinta

Info Sehat
06 Feb

Smartphone Bisa Sebabkan Putus Cinta, Ini Alasan Psikologisnya

Info Sehat
03 Feb

Penelitian: Pria Move On dan Menyesal Lebih Lama Setelah Putus

Info Sehat
30 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat