8 Manfaat Kurma Sukari untuk Kesehatan Anda, Apa Saja?
searchtext customer service

Manfaat Kurma Sukari untuk Kesehatan Anda

Salah satu jenis kurma adalah kurma sukari. Manfaat kurma yang satu ini amat beragam, mulai dari membantu mengontrol kolesterol hingga menjaga kesehatan mata.
Manfaat Kurma Sukari untuk Kesehatan Anda

Klikdokter.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa terdapat berbagai macam kurma yang bisa dikonsumsi? Salah satunya adalah kurma sukari.

Kurma sukari berasal dari bahasa Arab ‘sukkur’ yang artinya gula. Rasanya memang manis dengan daging yang lembut.

Selain menjadi jenis kurma yang banyak digemari orang-orang, ternyata ada banyak manfaat kurma sukari untuk kesehatan, lho! Berikut di antaranya:

1. Mengatasi Sembelit

Kurma sukari mengandung banyak serat. Bahkan, mengonsumsi 5 buah kurma sukari saja sudah bisa memenuhi 8-12 persen kebutuhan serat harian sehingga baik untuk mengatasi sembelit.

Selain itu, kurma sukari bermanfaat untuk menurunkan risiko radang usus dan kanker kolorektal karena mengandung antioksidan flavonoid.

Artikel Lainnya: Benarkah Kurma Medjool adalah Jenis yang Terbaik?

1 dari 4

2. Mengontrol Kolesterol

Mengontrol Kolesterol
loading

Salah satu manfaat kurma sukari adalah dapat membantu mengendalikan kolesterol. Serat, protein, dan antioksidan yang ada dalam kurma sukari bisa menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat, serta berkhasiat untuk menurunkan trigliserida dalam tubuh.

Seperti yang diketahui, menurunnya kadar kolesterol berarti juga menurunnya risiko penyakit jantung.

3. Memelihara Kesehatan Kulit

Siapa yang tidak mau punya kulit yang cantik? Kulit yang sehat pastinya diidam-idamkan oleh hampir semua orang. Berbagai upaya pun akan dilakukan demi mendapatkan kulit yang sehat dan cantik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memperhatikan asupan makanan. Anda bisa mengonsumsi kurma sukari untuk mendapatkan kulit yang sehat, lho.

Berkat kandungan asam lemak, fitonutrien dan vitamin di dalamnya, menjadikan kurma sukari bermanfaat untuk kesehatan kulit Anda. Zat-zat tersebut bisa menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga kulit akan terlihat cerah dan segar. 

4. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Banyak minum air putih merupakan salah satu cara utama untuk mencegah dehidrasi, apalagi di musim panas. Selain minum air putih, Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh lewat konsumsi buah yang tinggi kandungan airnya.

Karena mengandung banyak air, kurma sukari dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Kandungan potasium di dalamnya juga bisa menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Artikel Lainnya: Efektifkah Sari Kurma untuk Menyembuhkan Demam Berdarah?

2 dari 4

5. Sebagai Sumber Energi

Kurma Sukari Sebagai Sumber Energi
loading

Kurma sukari mengandung gula alami seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa. Ketiganya sangat mudah dicerna oleh tubuh sehingga dapat memberikan energi tambahan secara instan.

Dengan begitu, kurma sukari bermanfaat untuk menambah energi Anda sepanjang hari. Jadi, jangan ragu untuk menjadikannya sebagai menu tambahan untuk sarapan, ya.

6. Baik untuk Mata

Vitamin A berhubungan dengan kesehatan sistem penglihatan Anda. Manfaat vitamin A bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi kurma sukari, karena buah ini juga kaya vitamin A. 

Apabila Anda mengalami defisiensi vitamin A, hal tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Misalnya, kerusakan pada kornea, kebutaan, dan lainnya.

Artikel Lainnya: Kurma Dapat Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil, Mitos atau Fakta?

3 dari 4

7. Mencegah Kerusakan Gigi

Mencegah Kerusakan Gigi
loading

Kandungan fluoride dalam kurma sukari berperan dalam menjaga enamel gigi. Oleh sebab itu, salah satu manfaat kurma sukari adalah mencegah gigi Anda rusak.

Selain itu, mengonsumsi kurma sukari juga merangsang produksi air liur. Dengan demikian, mineral yang bertugas menghambat kerusakan gigi akan dipertahankan.

8. Camilan Saat Diet

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, Anda terkadang mungkin akan merasa tersiksa dengan rasa lapar. Nah, kurma sukari bisa menjadi pilihan camilan untuk program diet Anda.

Tidak perlu takut berat badan akan naik. Pasalnya, mengonsumsi kurma sukari dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga bermanfaat untuk mencegah perut tak mudah lapar.

Bila Anda ingin mencoba, konsumsi kurma sukari dapat dilakukan sebanyak 4-6 buah sehari. Namun, ingatlah untuk tidak mencampur dengan makanan yang mengandung gula lainnya.

Baca Juga

Sudah tahu, kan, apa saja manfaat kurma sukari untuk kesehatan? Meski khasiat kurma sukari cukup banyak, ingatlah untuk selalu mengombinasikan makanan Anda agar nutrisi yang didapatkan lebih optimal.

Apabila memiliki pertanyaan seputar topik terkait ataupun masalah kesehatan lainnya, Anda bisa menggunakan layanan Live Chat 24 jam di KlikDokter.

[WA]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Febryan Agus Pramudyo, Sp. GK

Spesialis Gizi Klinik
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Efektifkah Sari Kurma untuk Menyembuhkan Demam Berdarah?

Info Sehat
25 Sep

Cegah Osteoporosis dengan Buah Kurma

Info Sehat
08 Jul

Susu Kurma untuk Jaga Imun saat Puasa dan Pandemi Corona, Efektifkah?

Info Sehat
24 Apr

Manfaat Konsumsi Kurma untuk Kesehatan Jemaah Haji

Info Sehat
14 Jul

4 Manfaat Sehat Makan Buah Kurma

Info Sehat
22 Mei

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat