11 Manfaat Hula Hoop bagi Tubuh, Bikin Kurus?
searchtext customer service

Beragam Manfaat Hula Hoop untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya mengecilkan perut, ini segudang manfaat sehat olahraga hula hoop untuk kesehatan Anda.
Beragam Manfaat Hula Hoop untuk Kesehatan Tubuh

Klikdokter.com, Jakarta Hula hoop merupakan alat yang cukup populer selama lebih dari 60 tahun terakhir. Walaupun awalnya dibuat untuk anak-anak, hula hoop tetap bisa menjadi alat olahraga yang menyenangkan untuk orang dewasa.

Jika ingin rutin berolahraga, penting untuk mencari jenis olahraga yang Anda senangi. Olahraga dengan hula hoop mungkin bisa menjadi salah satu pilihan. Karena selain menyenangkan, olahraga ini dapat dilakukan bersama dengan teman-teman maupun keluarga.

Walau terlihat sepele, tetapi manfaat sehatnya cukup banyak, lho. Berikut ini beberapa manfaat hula hoop untuk kesehatan Anda:

1. Melatih Otot Inti Tubuh

Sebuah penelitian di International Journal of Applied Research menunjukkan bahwa gerakan hula hoop ternyata hampir sama dengan melakukan plank. Hula hoop tidak memperbesar otot tubuh Anda, tetapi bisa meningkatkan endurance.

Melakukan hula hoop secara rutin bermanfaat untuk menstabilkan otot inti tubuh dan tulang belakang. Dengan begitu, olahraga ini akan memperbaiki postur tubuh Anda.

Artikel Lainnya: Miliki Postur Tubuh Ideal dengan Olahraga Barre

1 dari 5

2. Membakar Kalori

Membakar Kalori
loading

Melakukan hula hoop tentunya dapat membakar kalori tubuh Anda. Bahkan, olahraga ini mampu membakar kalori sebanyak lebih dari 400 kalori per jam! Ini setara dengan melakukan aktivitas aerobik seperti menari, dan berlari di atas treadmill.

3. Memelihara Kesehatan Jantung 

Hula hoop termasuk jenis olahraga aerobik. Seperti yang diketahui, olahraga aerobik baik untuk kesehatan jantung dan kardiovaskular.

Peningkatan denyut jantung saat melakukan gerakan hula hoop akan memperbaiki aliran darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sirkulasi darah yang baik juga akan meningkatkan sistem imun.

4. Mengatasi Stres

Manfaat hula hoop bagi tubuh yang lainnya adalah dapat menangani stres. Ya, hula hoop bisa jadi pilihan untuk Anda olahraga sembari refreshing, apalagi jika dilakukan bersama-sama dengan keluarga atau teman Anda.

Selain itu, tips lainnya agar olahraga ini menekan stres adalah lakukanlah sambil mendengarkan musik yang upbeat. Dengan begitu, Anda akan lebih bersemangat.

Artikel Lainnya: Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental

2 dari 5

5. Meningkatkan Konsentrasi

Meningkatkan Konsentrasi
loading

Walaupun terlihat mudah, melakukan gerakan hula hoop membutuhkan konsentrasi, lho. Maka tidak heran bila salah satu manfaat hula hoop adalah untuk melatih otak dan meningkatkan konsentrasi.

Di sisi lain, olahraga ini juga akan membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang memberikan sensasi bahagia dan rileks. Menarik, ya?

6. Melatih Keseimbangan

Rutin melakukan hula hoop juga membawa manfaat bagi keseimbangan tubuh Anda. Memiliki keseimbangan tubuh yang baik akan memudahkan Anda mengontrol gerakan-gerakan tubuh.

Jika keseimbangan tubuh Anda baik, Anda tidak akan mudah jatuh atau cedera saat melakukan kegiatan sehari-hari. 

7. Baik untuk Kekuatan Otot Tubuh Bagian Bawah

Tidak hanya otot inti tubuh yang terlatih, otot tubuh bagian bawah juga mendapatkan efeknya, lho. Otot-otot paha depan dan belakang, bokong, dan betis akan ikut terlatih, apalagi jika Anda menggunakan hula hoop yang diberi beban.

Manfaat ini diperoleh berkat gerakan yang Anda lakukan saat hula hoop. Karena untuk mempertahankan gerakan ke depan-belakang dan samping terus berjalan, dibutuhkan kekuatan dari otot kaki dan bokong.

Artikel Lainnya: Ini Olahraga Sederhana yang Cepat Membentuk Tubuh, Mau Coba?

3 dari 5

8. Menjaga Postur Tubuh

Menjaga Postur Tubuh
loading

Manfaat yang satu ini sebenarnya masih berhubungan dengan keseimbangan. Berkat keseimbangan yang baik, Anda akan memiliki postur tubuh yang baik pula. 

Ketahuilah bahwa selain untuk kegiatan sehari-hari, postur tubuh yang baik juga memungkinkan Anda melakukan olahraga lainnya dengan posisi tubuh yang benar. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah mengalami cedera.

9. Menurunkan Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Olahraga aerobik seperti hula hoop memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol.

Walau demikian, untuk memperoleh manfaat hula hoop yang satu ini, Anda harus melakukannya secara teratur, ya.

Artikel Lainnya: Inilah Manfaat Olahraga Bowling bagi Kesehatan Anda

4 dari 5

10. Memperkuat Sistem Imun

Memperkuat Sistem Imun
loading

Sistem limfatik merupakan sistem sirkulasi sekunder selain pembuluh darah yang memiliki peran terhadap sistem imun tubuh. Aliran limfatik yang baik dapat membantu menghantarkan sel-sel imun ke seluruh tubuh.

Aliran limfatik dipengaruhi oleh kontraksi otot tubuh. Selain dari kegiatan sehari-hari, kontraksi otot juga bisa dilakukan saat olahraga. Nah, salah satu olahraga yang dapat dilakukan adalah hula hoop.

Bagian tubuh dengan saluran limfatik yang terbanyak adalah di perut. Ketika melakukan gerakan hula hoop, Anda pasti akan menggunakan otot perut Anda agar hula hoop bisa terus berputar.

Gerakan mengencangkan perut dan memutar hula hoop pada pinggang akan memberikan efek ‘memijat’ pada bagian perut sehingga menjadi dorongan untuk sirkulasi limfatik mengalir dengan lancar.

11. Memotivasi Anda untuk Rutin Berolahraga

Hula hoop termasuk olahraga yang praktis dan mudah dilakukan. Atas alasan ini, Anda pun jadi termotivasi untuk lebih rajin berolahraga, apalagi jika dilakukan bersama dengan orang-orang terdekat. Manfaatnya pun bisa dirasakan bagi jasmani sekaligus rohani.

Baca Juga

Itu dia manfaat hula hoop bagi tubuh Anda. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin agar hasil yang didapatkan juga maksimal. Selingi juga dengan olahraga lainnya supaya lebih bervariasi dan bisa melatih bagian tubuh lainnya. 

Informasi menarik lainnya seputar gaya hidup sehat bisa Anda baca di aplikasi KlikDokter. Konsultasikan juga masalah kesehatan Anda kepada dokter lewat fitur Live Chat 24 jam.

[WA]

ARTIKEL TERKAIT

Telinga Tersumbat Saat Olahraga, Apa Penyebabnya?

Info Sehat
10 Mar

Olahraga Menjelang Haid, Bolehkah?

Info Sehat
10 Mar

Kiat Tetap Nyaman Olahraga Saat Haid

Info Sehat
08 Mar

Manfaat Main Sepatu Roda untuk Kesehatan

Info Sehat
06 Mar

Manfaat Olahraga Kardio bagi Kesehatan yang Perlu Anda Tahu

Info Sehat
05 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat