search

Apakah Kanker Paru-paru Bisa Menyerang Anak?

Kanker paru umumnya dialami oleh orang dewasa akibat gaya hidup yang buruk. Namun, bagaimana dengan kanker paru pada anak? Simak penjelasannya.
Apakah Kanker Paru-paru Bisa Menyerang Anak?

Klikdokter.com, Jakarta Kanker paru-paru terjadi ketika sel-sel abnormal tumbuh secara tidak terkendali di organ paru. Kondisi ini dapat terjadi pada salah satu atau kedua paru-paru. Gangguan kesehatan tersebut sering kali dialami orang dewasa akibat buruknya gaya hidup.

Akan tetapi, kanker paru rupanya juga tak luput mengintai anak-anak. Bagaimana bisa? Berikut ulasannya untuk Anda.

 

1 dari 3

Bisa atau Tidak Kanker Paru Menyerang Anak?

Bisa atau Tidak Kanker Paru Menyerang Anak?
loading

Meski kasusnya jarang, kasus kanker paru-paru pada anak nyatanya tidak mustahil. Hal tersebut disampaikan dr. Reza Fahlevi, Sp. A.

"Bisa anak-anak terkena (kanker paru). Kanker paru-paru kan banyak jenisnya. Ada beberapa jenis yang bisa kena pada anak. Tapi secara umum, dibandingkan orang dewasa, kanker paru pada anak jauh lebih jarang," ungkap dr. Reza.

"Dibandingkan kanker paru, kanker yang sering menyerang anak-anak adalah kanker darah, kanker retina, dan kanker tulang," dia menambahkan.

Ada berbagai jenis tumor paru-paru yang terjadi pada anak-anak. Dalam beberapa kasus, kanker dapat menyebar dari area jaringan lain ke paru-paru. Namun, dalam kasus lain, kanker bisa secara langsung memengaruhi organ paru.

Artikel lainnya: Kanker pada Anak dan Orang Dewasa, Adakah Bedanya?

Kanker paru-paru secara luas dapat diklasifikasikan menjadi:

  • Kanker paru-paru sel kecil: kasus ini lebih jarang tapi cenderung menyebar.
  • Kanker paru non-sel kecil: kasus ini umum dan menyebar perlahan.
  • Jenis kanker langka: tumor dinding dada, kanker metastasis—kelainan dimulai di bagian lain dan menyebar ke paru-paru. Jenis ini adalah kanker paru langka.

Menurut dr. Reza, penyebab kanker paru pada anak bisa karena faktor genetik dan lingkungan. "Biasanya pada anak kanker itu karena memang sudah ada faktor genetiknya," tegasnya.

Namun, ada beberapa penyebab lainnya. Misalnya, anak sering terkena paparan asap rokok alias menjadi perokok pasif. Penyebab lain antara lain polusi udara, paparan asbes, radon, atau debu radioaktif.

2 dari 3

Mencegah dan Mengobati Kanker Paru pada Anak

Mencegah dan Mengobati Kanker Paru pada Anak
loading

Tanda-tanda kanker paru-paru pada anak-anak mirip dengan orang dewasa. Yang menyulitkan, tidak ada gejala spesifik pada tahap awal kanker paru.

Beberapa gejala umum kanker paru-paru termasuk:

  • Batuk yang tidak sembuh bahkan setelah beberapa minggu
  • Suara serak, desah, sampai nyeri dada
  • Demam
  • Sesak napas
  • Batuk berdarah
  • Kelelahan dan penurunan berat badan
  • Infeksi kambuh
  • Pembengkakan leher atau wajah

Kanker paru pada anak kerap kalitidak disadari. Sebab, gejalanya sering kali sangat umum sehingga jarang diketahui pada tahap awal.

Artikel lainnya: Kenali Lebih Jauh Hepatoblastoma, Kanker Hati pada Anak

Menurut dr. Reza, jika anak sudah terdiagnosis kanker paru, rencana pengobatan tergantung jenis dan stadiumnya. Bisa dilakukan kemoterapi, radioterapi, atau pembedahan. Berikut penjelasannya

  • Pembedahan: Jika tumor belum menyebar ke bagian lain, pembedahan dilakukan untuk mengangkatnya. Meskipun operasi umumnya efektif, kemungkinan besar kanker akan kambuh lagi.
  • Terapi radiasi: Ketika kanker berada dalam stadium terbatas, radiasi diarahkan untuk menghancurkan sel-sel kanker. Terapi ini sering diberikan bersamaan dengan kemoterapi.
  • Kemoterapi: Terapi ini disarankan untuk menahan pertumbuhan sel kanker yang cepat. Pengobatan digunakan untuk menghentikan atau memperlambat pertumbuhan kanker yang tidak terkendali.

Kanker paru pada anak-anak sebenarnya bisa dicegah. Misalnya, orangtua jangan merokok di dekat anak. Bisa juga peringatkan mereka untuk menjauh dari asap rokok kalau ada yang merokok di dekat mereka.

Mengurangi paparan zat berbahaya kepada anak juga penting. Berikan anak asupan sehat dan seimbang serta mendorong mereka untuk berolahraga untuk membantu mengurangi risiko penyakit paru-paru secara keseluruhan.

Baca Juga

Meski kasusnya jarang, sebaiknya gejala kanker paru pada anak perlu mendapat perhatian orangtua. Jangan segan berkonsultasi dengan dokter saat menemukan tanda tak biasa pada anak.

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar kesehatan dan nutrisi anak dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

ARTIKEL TERKAIT

Medfact: Benarkah Kecanduan Gadget Bisa Menyebabkan Kanker?

Info Sehat
17 Mar

Benarkah Efek Terapi Radiasi Kanker Serviks Bikin Vagina Menyempit?

Info Sehat
17 Mar

Mengenal Angiogenesis dan Hubungannya dengan Kanker

Info Sehat
16 Mar

Selain Kanker, Penyakit Ini Bisa Diobati dengan Kemoterapi

Info Sehat
16 Mar

Ini Perbedaan Dokter Hematologi dan Dokter Onkologi

Info Sehat
15 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat