3 Cara Mencegah Menstruasi Sementara, Aman dan Efektif!
searchtext customer service

Cara Menunda Haid yang Efektif dan Aman

Berencana menunda haid lantaran hendak bepergian jauh atau ingin beribadah? Berikut ini cara mencegah menstruasi sementara yang efektif dan aman!
Cara Menunda Haid yang Efektif dan Aman

Klikdokter.com, Jakarta Wanita usia subur yang sehat pasti akan haid setiap bulannya. Meski merupakan keadaan yang terjadi secara alami, tak sedikit wanita yang ingin menunda haid untuk sementara waktu dengan alasan tertentu. Anda salah satunya?

Menunda haid memang bisa dilakukan, asalkan dengan cara yang tepat dan sesuai dengan medis. Jika sembarangan, Anda malah bisa mengalami efek samping yang justru merugikan kesehatan.

Lantas, bagaimana cara menunda haid yang aman dan efektif menurut medis? Hal-hal apa saja yang mesti diperhatikan agar tidak berujung pada efek samping merugikan? Yuk, cari tahu!

Artikel Lainnya: Cek Kesehatan Lewat Kondisi Menstruasi

1 dari 3

Cara Menunda Haid untuk Sementara Waktu

Cara Menunda Haid untuk Sementara Waktu
loading

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri, medis tidak melarang seorang wanita untuk menunda haid jika memang ada keperluan yang mengharuskan untuk itu. Namun, cara menunda haid yang dilakukan harus tepat agar tidak mengalami efek samping merugikan.

Lantas, bagaimana cara menunda haid yang terbukti aman dan efektif menurut medis? 

  1. Konsumsi Pil Kombinasi

Dikutip dalam Healthline, Anda yang menggunakan pil KB kombinasi progesteron-estrogen sebagai kontrasepsi dapat menunda haid dengan melewatkan pil plasebo (pil kosong).

Pil kombinasi mengandung senyawa aktif selama tiga minggu untuk mencegah haid. Minumlah pil aktif pada minggu terakhir saat Anda haid. Tindakan tersebut memungkinkan Anda untuk melewati satu periode haid.

Namun, dijelaskan oleh dr. Devia, jika Anda tidak yakin mana yang merupakan pil aktif dan pil kosong, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau apoteker. 

Artikel Lainnya: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Minum Obat Penghambat Menstruasi

  1. Norethindrone 

Dikutip dalam Medical News Today, Norethindrone adalah salah satu bentuk progesteron yang efektif dalam menunda haid. 

Namun, Norethindrone hanya dapat digunakan sementara, tidak sebagai kontrasepsi oral dalam mencegah kehamilan.

Selain itu, berdasarkan dr. Devia, sebelum menggunakan obat penunda haid tersebut, Anda wajib berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Dokter mungkin akan meresepkan tiga tablet sehari untuk dikonsumsi pada tiga hingga empat hari sebelum haid dimulai. Anda akan kembali haid setelah berhenti mengonsumsi Norethindrone selama dua atau tiga hari.

Hati-hati, penggunaan Norethindrone sebagai cara menunda haid dapat memicu munculnya efek samping, seperti mual, sakit kepala, nyeri payudara, dan gangguan mood. Orang dengan riwayat gangguan pembekuan darah sebaiknya tidak mengonsumsi obat penunda haid yang satu ini.

  1. IUD Progesteron

IUD progesteron adalah jenis kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam rahim. Jenis kontrasepsi ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu IUD hormonal dan non-hormonal. Nah, IUD hormonal dapat menunda haid hingga 80 persen dari waktunya.

"Efek samping penggunaan IUD progesteron bisa berupa nyeri atau kram perut, mual, sakit kepala," kata dr. Devia.

Artikel Lainnya: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Minum Obat Penghambat Menstruasi

2 dari 3

Perhatikan Ini Sebelum Menunda Haid

Perhatikan Ini Sebelum Menunda Haid
loading

Menurut dr. Devia, penggunaan obat penunda haid sebaiknya hanya untuk keperluan yang mendesak, seperti beribadah, berpergian jauh, ataupun bulan madu. Penggunaan obat penunda haid juga tidak disarankan untuk jangka waktu yang lama. 

“Sebelum menggunakan obat penunda haid, pastikan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, mengingat kondisi setiap orang berbeda-beda,” tegas dr. Devia.

Berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi obat penunda haid sangat penting untuk meningkatkan efektivitasnya, sekaligus mencegah kemungkinan efek samping yang merugikan.

Baca Juga

Punya pertanyaan terkait cara mencegah menstruasi sementara? Anda bisa melakukan konsultasi kepada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Euis Kurniawati

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Wendri Wildiartoni Pattiawira

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Tes Kesehatan Saat Haid Mengapa Tidak Dianjurkan?

Info Sehat
17 Mar

Amankah Menunda Haid dengan Rekayasa Hormon Saat Ibadah Haji?

Info Sehat
17 Mar

Latihan Treadmill Bisa Mengurangi Nyeri Haid?

Info Sehat
17 Mar

Ini Alasan Wanita Sering Ngemil Saat Haid

Info Sehat
17 Mar

Siklus Haid Tidak Teratur, Ini Cara Alami untuk Mengatasinya

Info Sehat
16 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat