Kapan Obat Penurun Panas Anak Boleh Diberikan Lewat Anus?
search

Kapan Obat Penurun Panas Anak Boleh Diberikan Lewat Anus?

Tidak hanya diminum, ternyata obat penurun panas anak juga bisa diberikan lewat anus. Ketahui kondisi apa yang membuat obat anak harus diberikan lewat anus.
Kapan Obat Penurun Panas Anak Boleh Diberikan Lewat Anus?

Klikdokter.com, Jakarta Ketika si kecil sedang demam, biasanya orangtua akan memberikan obat penurun panas jenis sirup. Akan tetapi, ada beberapa kondisi yang membuat anak tidak bisa menerima obat melalui oral atau mulut. 

Ya, dalam beberapa kasus tertentu, orangtua dapat memberikan anak obat penurun panas lewat anus. Situasi ini pernah dialami oleh Kartika, seorang ibu satu anak. 

"Saya pernah punya pengalaman, anak saya dikasih obat penurun demam lewat anus. Katanya ini adalah kondisi khusus. Pengalaman baru juga buat saya memberikan obat penurun panas lewat anus," cerita Kartika kepada Klikdokter

Lantas, apa yang menyebabkan anak menerima obat penurun panas lewat anus?

1 dari 3

Berikan Obat Lewat Anus Jika Anak Mengalami Kondisi Ini

Berikan Obat Lewat Anus Jika Anak Mengalami Kondisi Ini
loading

Memberikan obat penurun panas lewat anus bukanlah hal medis yang baru. Pemberian obat lewat anus dapat dilakukan jika ada kondisi kesehatan tertentu. 

Mengenai alasan pemberian obat penurun panas lewat anus, begini penjelasan dari dr. Sara Elise Wijono, MRes

"Ada beberapa kondisi yang membuat anak tidak bisa minum obat. Misalnya, kondisi anak mual, muntah hebat, atau anak mengalami penurunan kesadaran, sehingga anak tidak bisa diminta menelan obat. Maka itu, alternatifnya bisa diberikan melalui anus."

Pada dasarnya, bukan hanya obat penurun panas saja yang bisa diberikan lewat anus atau dubur. Menurut dr. Sara Elise, ada obat antikejang yang juga dapat diberikan melalui anus.

Artikel Lainnya: Saat Anak Demam, Jangan Lakukan 3 Hal Ini

“Anak yang lagi kejang tidak mungkin kita berikan obat lewat mulut, malah bahaya, padahal kita mau stop kejangnya. Pada akhirnya, obatnya bisa diberikan melalui anus” jelas dr. Sara.

Anda perlu tahu, obat penurun panas yang dimasukkan ke dalam anus bukan berupa pil, tablet, atau sirup. Cara memberikan obat lewat anus disebut sebagai supositoria. 

Obat supositoria umumnya berbentuk tabung dengan salah satu ujung yang mengerucut.  Bagian luar yang membungkus obat ini umumnya terbuat dari gelatin atau minyak kakao. 

Saat dimasukkan ke dalam anus, suhu tubuh yang hangat akan membuat obat mencair. Selanjutnya, obat akan diserap oleh aliran darah dan mulai bekerja menurunkan panas. 

Dari segi efektivitas, memberikan obat penurun panas lewat mulut atau anus sama saja. Cara pemberian obat tidak akan mengubah khasiat atau mengurangi kemampuan suatu zat untuk menurunkan demam anak. 

Artikel Lainnya: Ini Cara Memberikan Paracetamol yang Tepat Saat Anak Demam

2 dari 3

Perhatikan Ini Sebelum Memberikan Obat Penurun Panas Lewat Anus

Perhatikan Ini Sebelum Memberikan Obat Penurun Panas Lewat Anus
loading

Obat penurun panas yang diberikan lewat dubur atau anus biasanya tidak memiliki efek samping. 

Akan tetapi, orangtua harus memerhatikan cara memasukkan obat penurun panas ke dalam anus. Sebab, kalau caranya salah, anak bisa merasa tidak nyaman dan akan kesakitan.

"Yang bikin beda mungkin kalau cara memasukkannya tidak maksimal, anak bisa merasa kurang nyaman. Ada juga kemungkinan obatnya keluar lagi setelah dimasukkan. Jadi setelah dimasukkan, disarankan dijepit dulu area anusnya beberapa saat untuk membantu menjaga obat  agar tetap di dalam anus," kata dr. Sara Elise.

Umumnya obat supositoria jarang menimbulkan reaksi alergi. Reaksi alergi yang bisa muncul  berupa ruam, gatal, dan bengkak terutama di wajah, lidah, tenggorokan, anak mengeluh pusing, sampai kesulitan bernapas.

Baca Juga

Bila menemukan tanda alergi di atas, segera bawa dan periksakan anak ke dokter atau rumah sakit. Cari tahu informasi kesehatan anak lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Gracia Deswita Natalya Fau, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Wenny Victory, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 20.000
avatar

dr. Nofiyanty Nicolas, Sp.A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Cegah Anak Dehidrasi saat Demam, Ini Pentingnya Minuman Isotonik

Info Sehat
17 Mar

Ephebril Dengue, Ketika Penderita DBD Tidak Mengalami Demam

Info Sehat
01 Mar

Saat Anak Demam, Jangan Lakukan 3 Hal Ini

Info Sehat
01 Feb

Ini Penyebab Lidah Terasa Pahit Saat Demam

Info Sehat
25 Nov

Ini Alasan Anda Bisa Demam karena Luka

Info Sehat
16 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat