search

Pilihan Olahraga Air yang Tak Kalah Sehat dari Berenang

Berenang memang banyak manfaatnya, tapi sebenarnya ada beberapa olahraga air lainnya yang tak kalah menyehatkan. Yuk, cek di sini!
Pilihan Olahraga Air yang Tak Kalah Sehat dari Berenang

Klikdokter.com, Jakarta Berenang tak dimungkiri merupakan salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan tubuh. Kalau dilakukan secara rutin, olahraga air ini dapat membantu membakar kalori dan menyehatkan paru-paru.

Tahukah Anda? Selain berenang, masih ada beberapa olahraga di air lainnya yang tak kalah bermanfaat untuk kesehatan dan menyenangkan! Apa saja contoh-contohnya? Simak deretan pilihan olahraga air selain renang berikut ini:

 

1 dari 4

1. Polo Air

Polo Air
loading

Dasar dari olahraga polo air sebenarnya juga menggunakan teknik berenang. Akan tetapi, menurut dr. Reza Fahlevi, permainan air menggunakan bola ini juga bagus untuk kesehatan.

Polo air pun begitu menyenangkan dilakukan bersama-sama. Anda bisa bermain lempar-lemparan bola di dalam air, lalu sesekali menggiring bola sambil berenang.

2. Mendayung

Olahraga dengan media air, dayung, dan kapal ini juga layak dicoba. Saat mendayung, mungkin Anda akan merasa santai. Tapi, kegiatan ini tetap merupakan bentuk latihan tubuh bagian atas dan memerlukan fisik yang kuat.

Selain itu, mendayung atau paddling di perairan sambil melihat pemandangan indah juga akan bermanfaat untuk kesehatan mental.

Biasanya, olahraga ini dilakukan berkelompok. Bonusnya, Anda dan teman-teman dapat saling mengasah rasa kepercayaan dan kerja sama sembari mendayung.

Artikel lainnya: Gaya Renang Ini Ampuh Bakar Kalori dan Turunkan Berat Badan

2 dari 4

3. Snorkeling

Seorang Pria Melakukan Snorkeling
loading

Snorkeling merupakan salah satu olahraga air yang juga banyak digandrungi. Kegiatan ini dasarnya sama saja dengan berenang. Namun, snorkeling umumnya dilakukan di laut dan hanya di permukaan saja (tidak menyelam).

Olahraga selam permukaan sangat cocok untuk latihan seluruh tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan. Karena, snorkeling dapat meningkatkan kekuatan paha depan, fleksor pinggul (otot pinggul dan pangkal paha), bahu, betis, pergelangan kaki, otot inti, dan hamstring.

4. Surfing

Surfing atau berselancar juga bagus untuk kesehatan. Olahraga air ini cocok untuk menguatkan otot. Aktivitas surfing melibatkan berbagai macam otot tubuh, mulai dari penggunaan otot lengan, bahu, dada, sampai punggung.

Artikel lainnya: Kolam Renang Sudah Boleh Dibuka saat New Normal, Ini Aturannya!

3 dari 4

5. Kayaking

Olahraga Kayaking
loading

Kayaking mirip dengan kegiatan mendayung. Bedanya, olahraga ini menggunakan perahu kecil (kayak) untuk satu orang saja.

Olahraga dengan kayak dapat memberikan ketenangan bagi tubuh dan pikiran. Sebab, kayaking sering dilakukan di aliran air yang tenang.

Kayaking akan menguatkan tubuh bagian atas Anda, khususnya otot bahu dan lengan. Selain itu, aktivitas ini bagus juga untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular karena detak jantung sedikit meningkat saat mendayung kayak.

6. Kitesurfing

Nah, olahraga yang satu ini juga menyenangkan! Kitesurfing merupakan kombinasi antara berselancar dengan paragliding (paralayang).

Ketika kitesurfing, Anda akan memanfaatkan kekuatan angin dengan layang-layang besar yang dapat dikontrol untuk melintasi air.

Dengan tangan memegang parasut besar, Anda dapat melatih kekuatan otot lengan dan kaki. Kitesurfing juga akan melatih keseimbangan karena harus fokus pada angin dan papan selancar di atas air.

Beberapa olahraga yang disebutkan di atas masih memiliki elemen aerobik. “Karena ada unsur aerobik, jadi dapat meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru,” ungkap dr. Reza.

Baca Juga

Nah, sekarang Anda punya pilihan olahraga air lainnya selain berenang. Hal yang harus diperhatikan adalah kesiapan perlengkapan dan berbagai aturan keamanan yang mesti dipatuhi.

Bila ingin konsultasi ke dokter seputar pemilihan olahraga yang tepat sesuai kondisi Anda, gunakan Live Chat di KlikDokter.

(FR/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Kiat Memilih Sepatu Lari untuk Pemula

Info Sehat
21 Mar

Daftar Olahraga untuk Mengatasi Nyeri Haid

Info Sehat
17 Mar

Pilihan Olahraga Mengencangkan Bokong yang Terbukti Efektif

Info Sehat
16 Mar

Sederet Manfaat Yoga bagi Kesehatan Tubuh Anda

Info Sehat
15 Mar

Inilah Manfaat Olahraga Saat Haid

Info Sehat
11 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat