search

Pilihan Olahraga yang Baik untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Terdapat beberapa jenis olahraga yang baik untuk kesuburan pria. Apa saja yang termasuk? Yuk, cari tahu agar keinginan Anda menjadi Ayah tak hanya angan semata.
Pilihan Olahraga yang Baik untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Aktivitas positif ini bahkan disebut mampu meningkatkan kesuburan pria, lho!

"Baik ringan atau berat, asalkan dilakukan dengan  tepat, olahraga dapat mengoptimalkan tingkat kesuburan," ungkap dr. Muhammad Iqbal.

1 dari 3

Olahraga untuk Tingkatkan Kesuburan Pria

Olahraga untuk Tingkatkan Kesuburan Pria
loading

Berikut ini beberapa olahraga yang baik untuk kesuburan pria:

  1. Jogging

Menurut dr. Iqbal, jenis olahraga kardio yang satu ini bisa dilakukan oleh pria demi meningkatkan kesuburan. 

Jogging dapat dilakukan dengan durasi 30 menit, sebanyak 5 kali dalam seminggu. Lakukan pemanasan yang tepat, agar Anda tidak berisiko cedera.

  1. Berlari di Treadmill 

Jika sulit melakukan jogging di luar rumah karena satu dan lain hal, berlari di atas treadmill bisa menjadi alternatif yang Anda pilih. 

Durasi berlari di treadmill yang dianjurkan adalah selama 30 menit, dan dilakukan sebanyak 5 kali dalam seminggu.

Tingkatkan kecepatan Anda secara bertahap mulai dari ringan, sedang, hingga cepat. Hal ini bertujuan agar tubuh "tidak kaget" dan dapat menyesuaikan dengan baik.

Artikel Lainnya: Dicoba Bunda, Ini Olahraga yang Aman saat Program Hamil

  1. Lari Jarak Jauh

Lari jarak jauh (maraton) juga bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan dan kualitas sperma pria. 

Agar mendapatkan manfaat yang optimal, Anda dapat berlari dengan jarak yang dekat terlebih dahulu. Setelah terbiasa, Anda dapat meningkatkan jarak tersebut sesuai dengan kemampuan.

  1. Angkat Beban

"Angkat beban terbukti dapat meningkatkan kadar testosteron dan sensitivitas insulin. Kedua hal tersebut turut berpengaruh pada sel sperma lebih yang lebih berkualitas pada pria," ucap dr. Iqbal

  1. Yoga

Yoga adalah jenis olahraga relaksasi, yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Dengan melakukannya secara rutin, teratur, dan di bawah pengawas yang ahli, olahraga tersebut juga bisa meningkatkan kesuburan pria, lho!

"Olahraga yoga bisa meningkatkan kesehatan mental dan akan berpengaruh pada produksi sperma," jelas dr. Iqbal.

  1. Pilates

"Pilates juga meningkatkan libido alias gairah seksual. Jadi, sensasi berhubungan seksual akan lebih intens sehingga meningkatkan peluang untuk hamil," tutur dr. Iqbal. 

Artikel Lainnya: Alami Gangguan Kesuburan? Hindari Olahraga Berlebihan!

2 dari 3

Sejauh Mana Efektivitas Olahraga Dalam Meningkatkan Kesuburan Pria?

Sejauh Mana Efektivitas Olahraga Dalam Meningkatkan Kesuburan Pria?
loading

"Olahraga tak hanya bisa menyingkirkan lemak. Aktivitas ini juga membuat kadar testosteron tetap optimal, sehingga berpengaruh baik untuk kesuburan," kata ahli urologi Baylor College of Medicine di Houston, Amerika Serikat, Larry Lipshultz.

Menurutnya, jenis olahraga yang paling baik untuk meningkatkan kualitas sperma pria adalah angkat beban dan kardio, seperti lari.

Senada dengan itu, dr. Iqbal mengatakan bahwa pria yang melakukan olahraga angkat beban selama 2 jam atau lebih per minggu mengalami peningkatan kualitas sperma sebanyak 25 persen.

"Sementara itu, penelitian tahun 2017 mengungkap bahwa 45 pria obesitas yang melakukan olahraga kardio selama 50 menit per minggu terbukti mengalami peningkatan jumlah dan motilitas sperma,” pungkas dr. Iqbal.

Baca Juga

Itu dia jenis olahraga yang baik untuk kesuburan pria. Mana yang jadi favorit Anda? Tetap ingat untuk melakukannya secara rutin dan teratur, sambil dikombinasikan dengan penerapan gaya hidup sehat. Hindari juga alkohol dan rokok, agar tingkat kesuburan Anda semakin optimal.

Ingin konsultasi kepada dokter terkait olahraga yang baik untuk kesuburan pria? Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Berolahraga Bersama Pasangan Ternyata Baik untuk Kesehatan

Info Sehat
22 Mar

Pilihan Olahraga Air yang Tak Kalah Sehat dari Berenang

Info Sehat
22 Mar

Kiat Memilih Sepatu Lari untuk Pemula

Info Sehat
21 Mar

Daftar Olahraga untuk Mengatasi Nyeri Haid

Info Sehat
17 Mar

Pilihan Olahraga Mengencangkan Bokong yang Terbukti Efektif

Info Sehat
16 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat