10 Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Lidah Buaya
search

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Lidah Buaya

Lidah buaya disebut-sebut bisa membantu menyamarkan tampilan stretch mark di kulit. Berikut cara menghilangkan stretch mark yang bisa Anda coba di rumah.
Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Lidah Buaya

Klikdokter.com, Jakarta Stretch mark dapat terjadi akibat kelembapan dan kadar elastisitas di kulit berkurang. Untuk memudarkan stretch mark, lidah buaya disebut-sebut bisa menjadi solusinya. Lidah buaya dipercaya bisa mengunci kelembapan dan dapat membantu menjaga kulit tetap kenyal.

Menanggapi manfaat lidah buaya tersebut, dr. Devia Irine Putri mengatakan, “Tanaman ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, antioksidan, dan enzim yang bisa membantu melembutkan kulit. Selain itu, kandungan ini juga bisa membantu mengurangi kemerahan akibat iritasi.”

“Lidah buaya juga dipercaya bisa membantu menyamarkan garis stretch mark. Akan tetapi, belum ada bukti atau penelitian pasti yang menyebutkan lidah buaya bisa menghilangkan stretch mark,” tambah dr. Devia.

Meski belum ada bukti medisnya, Anda boleh-boleh saja mencoba menggunakan lidah buaya untuk memudarkan stretch mark. Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara menghilangkan stretch mark menggunakan gel lidah buaya.

1 dari 6

1. Lidah Buaya dan Bubuk Kopi

Lidah Buaya dan Bubuk Kopi
loading

Bubuk kopi bisa menjadi scrub untuk mengeksfoliasi dan mengangkat sel kulit mati.

Dengan mencampurkan beberapa sendok bubuk kopi dan gel lidah buaya, maka kombinasi dari keduanya diyakini ampuh untuk menyamarkan garis stretch mark.

2. Lidah Buaya dan Minyak Kelapa

Minyak kelapa dikenal punya sifat melembapkan yang baik untuk kulit. Untuk memudarkan stretch mark, Anda bisa mencampurkan gel lidah buaya dan 1 sendok makan minyak kelapa murni (coconut oil).

Kombinasi kedua bahan alami ini diharapkan bisa melembapkan, merangsang kolagen di kulit dan menyamarkan tampilan stretch mark.

Artikel Lainnya: Bisakah Stretch Mark Hilang Total?

2 dari 6

3. Lidah Buaya dan Lemon

Lidah Buaya dan Lemon
loading

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah lemon bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit. Jika dicampur dengan gel lidah buaya, maka kedua bahan ini menghasilkan manfaat kesehatan yang baik, salah satunya untuk memudarkan stretch mark.

Namun, jika Anda punya kulit yang sensitif, penggunaan lemon tidak dianjurkan, ya. Karena sifat asam dari lemon bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan rasa perih muncul.

4. Lidah Buaya dan Gula

Melansir dari Healthline, gula dapat menjadi scrub atau bahan mikrodermabrasi alami. Mikrodermabrasi adalah salah satu metode yang dilakukan oleh dokter kulit untuk memudarkan stretch mark.

Anda bisa mencampurkan ¼ cangkir gel lidah buaya dengan beberapa sendok gula pasir. Oleskan campuran tersebut di bagian yang muncul stretch mark, lalu gosok dengan lembut, dan diamkan dalam beberapa menit.

Setelah itu, bilas dan keringkan kulit dengan handuk. Lakukan treatment ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

Artikel Lainnya: Perbedaan Stretch Mark Putih dan Merah pada Ibu Hamil

3 dari 6

5. Lidah Buaya dan Minyak Zaitun

Lidah Buaya dan Minyak Zaitun
loading

Minyak zaitun memang tidak terbukti menghilangkan stretch mark. Akan tetapi, jika dicampurkan dengan gel lidah buaya, maka kedua bahan ini bisa memberikan kelembapan alami di kulit yang terdapat stretch mark.

Campurkan ½ sendok teh minyak zaitun dengan gel lidah buaya. Aduk sampai rata, kemudian oleskan di area stretch mark. Diamkan selama 1 malam dan bilas keesokan paginya.

6. Lidah Buaya dan Madu

Madu membantu air menyerap lebih maksimal ke dalam kulit. Alhasil, kulit jadi lembap karena lebih terhidrasi dengan baik dan bisa memperhalus tampilan stretch mark yang muncul. 

Anda bisa mencampurkan satu sendok madu dan satu sendok lidah buaya. Oleskan campuran keduanya di bagian stretch mark dan pijat sekitar 15 sampai 20 menit. Ulangi metode ini sebanyak dua kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

Artikel Lainnya: Ada Stretch Mark di Penis, Bagaimana Cara Mengatasinya?

4 dari 6

7. Lidah Buaya dan Cocoa Butter

Lidah Buaya dan Cocoa Butter
loading

Belum ada penelitian yang membuktikan manfaat pelembap dari bahan cocoa butter. Akan tetapi, bahan alami ini sudah banyak digunakan di dalam produk-produk kecantikan kulit.

Cara menggunakannya mudah, campurkan satu sendok makan cocoa butter dan satu sendok makan gel lidah buaya segar. Pijat pada area tubuh yang terdapat stretch mark. Diamkan selama semalaman dan bilas keesokan pagi harinya.

8. Lidah Buaya dan Alpukat

Alpukat mengandung lemak tidak jenuh yang baik untuk kesehatan. Alpukat juga dipercaya bisa menyamarkan garis stretch mark di kulit. Sebab, alpukat mengandung beta karoten yang bisa mencegah radikal bebas dan melindungi kulit dari kerusakan.

Anda bisa mencampurkan satu sendok makan alpukat dan satu sendok makan gel lidah buaya. Oles campuran tersebut ke area stretch mark. Pijat selama 5 menit dan diamkan hingga 20 menit. Bilas dan ulangi treatment ini sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Artikel Lainnya: Plus-Minus Lalapan Lidah Buaya untuk Kesehatan

5 dari 6

9. Lidah Buaya dan Yoghurt

Lidah Buaya dan Yoghurt
loading

Efek sejuk dari yoghurt dan gel lidah buaya bisa mempertahankan kelembapan di kulit manusia.

Anda bisa mencampurkan kedua bahan tersebut, kemudian oleskan ke bagian tubuh yang memiliki stretch mark. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

10. Lidah Buaya dan Air Mawar

Air mawar umumnya dijual dalam bentuk spray atau kerap dijadikan sebagai face mist. Tetapi, jika ditambahkan dengan gel lidah buaya, maka kedua campuran ini bisa membantu melembapkan serta  menyamarkan garis stretch mark di kulit.

Cara membuatnya mudah, campurkan kedua bahan ini dan diamkan sampai mengering. Ulangi treatment ini sebanyak dua kali dalam sehari untuk dapatkan kulit yang lembab.

Itu dia cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi stretch mark. Meski cara-cara di atas tergolong mudah dan aman untuk dilakukan, Anda tetap perlu mewaspadai risiko alergi.

Baca Juga

Agar bebas efek samping, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter kulit apabila ingin menggunakan bahan-bahan alami seperti di atas. Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Sandra Eka Septiani, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Irwan Junawanto, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Febrina T Kurniasih, M. Ked(DV), Sp. DV

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 25.000

ARTIKEL TERKAIT

Cara Aman Menghilangkan Stretch Mark di Payudara Ibu Menyusui

Info Sehat
03 Mar

Cara Mencegah Timbulnya Stretch Mark saat Hamil

Info Sehat
11 Jan

Manfaat Daging Lidah Buaya untuk Kesehatan Anak

Info Sehat
11 Okt

Bisakah Stretch Mark Hilang Total?

Info Sehat
04 Okt

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Info Sehat
02 Okt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat