search

Manfaat Membersihkan Tempat Tidur untuk Kesehatan Mental

Bukan cuma terlihat lebih rapi dan terhindar dari tungau, kesehatan mental pun akan meningkat jika Anda melakukan kebiasaan ini. Tak percaya? Ini kata psikolog.
Manfaat Membersihkan Tempat Tidur untuk Kesehatan Mental

Klikdokter.com, Jakarta Anda termasuk orang yang selalu meninggalkan tempat tidur dalam keadaan berantakan? Jika iya, sepertinya Anda harus mengubah kebiasaan tersebut mulai sekarang.

Sebab, tak sekadar membuat Anda terlihat lebih rajin, manfaat merapikan tempat tidur juga bisa dirasakan oleh kesehatan mental, lho. 

Gagasan tentang efek positif membersihkan tempat tidur awalnya tertulis dalam buku berjudul Make Your Bed: Little Things That Can Change Your Life… And Maybe the World.

Buku yang dipublikasikan tahun 2017 itu dibuat oleh mantan rektor The University of Texas System, Amerika Serikat, bernama William H. McRaven.

Penasaran apa saja dampak positif yang bisa dirasakan hanya dengan melakukan aktivitas yang super mudah ini? Berikut penjelasannya.

1. Membangun Motivasi untuk Sukses

Menurut teori McRaven, membersihkan dan menata ulang kasur setelah bangun tidur akan membuat Anda sukses. 

Hanya dengan melipat selimut, membetulkan kerutan kain, dan membenarkan posisi bantal serta guling, berarti ada satu hal yang berhasil diselesaikan di awal hari. 

Memulai pagi hari dengan kesuksesan kecil seperti itu akan memotivasi Anda untuk terus produktif. Rutinitas dan pola pemikiran tersebut hanya dimiliki oleh orang-orang sukses. 

Artikel Lainnya: Selalu Tidur Seharian saat Libur, Tanda Ada Gangguan Mental?

1 dari 4

2. Mengurangi Kadar Stres

Mengurangi Kadar Stres
loading

Ikhsan Bella Persada, M.Psi.,Psikolog mengungkapkan, manfaat membersihkan tempat tidur bisa membantu meringankan perasaan stres.

“Ketika Anda melakukan kegiatan tersebut, rasa stres dan tekanan dan berkurang. Kenapa? Karena ada energi yang disalurkan sehingga kadarnya di dalam diri menjadi turun,” jelasnya.

Hal ini mirip dengan berolahraga ketika kita merasa stres atau marah. Berlatih boxing dan berlari di atas treadmill misalnya, itu akan menjadi pelampiasan yang menyehatkan.

Jika tak punya banyak waktu untuk berolahraga di pagi hari karena harus bekerja, setidaknya Anda bisa melakukan rutinitas bebersih kilat yang satu ini.

Artikel Lainnya: Bahaya Menggunakan Gawai Menjelang Tidur

2 dari 4

3. Meningkatkan Mood

Meningkatkan Mood
loading

Sesuatu yang indah, rapi, bersih, akan memanjakan mata sekaligus memuaskan batin. 

Nah, dengan Anda membereskan ranjang, apalagi sambil menyemprotkan wewangian, mood akan meningkat. 

Ketika Anda pulang dan ingin beristirahat, perasaan tenang bisa didapatkan. Alhasil, kualitas istirahat juga meningkat dan besok bisa bangun dalam keadaan segar. 

Psikolog Ikhsan menambahkan, “Pulang atau selesai beraktivitas dan melihat kasur yang berantakan plus kotor justru semakin meningkatkan rasa lelah. Stres pun akan bertambah.”

Jadi, selalu sempatkan untuk membereskan tempat pembaringan ini di awal hari.

4. Mempertahankan Fungsi Otak 

Manfaat merapikan tempat tidur yang satu ini mungkin tak berkaitan langsung dengan mental health Anda. Jika bagian ini merasakan dampak positifnya, kondisi psikis pasti juga akan terpengaruh.

Penelitian yang berjudul “Tidying Up: Good for The Aging Brain” (2020) melaporkan kalau membersihkan tempat tidur sangat bagus untuk lansia. 

Alasannya, dengan rutin membereskan tempat tidur, kualitas hidup serta fungsi otak mereka tetap terjaga. 

Aktivitas tersebut juga bisa meningkatkan fokus lansia lebih optimal. Orang yang hidup di lingkungan bersih dan rapi juga cenderung memiliki kontrol impuls yang lebih baik serta teliti. 

Artikel Lainnya: Susah Bangun Pagi? Awas, Gejala Atypical Depression!

3 dari 4

5. Menciptakan Regulasi Emosi yang Lebih Baik

loading

Satu studi mengungkap, mereka yang memiliki rumah berantakan, terutama yang banyak menimbun sampah, punya regulasi atau pengaturan emosi yang lebih buruk. 

Berusaha menciptakan lingkungan yang ideal dan keteraturan dengan merapikan ranjang akan membuat perasaan Anda menjadi lebih baik. 

Dampak positif dari merapikan tempat tidur bagi kondisi jiwa Anda bisa dirasakan secara instan ataupun bertahap.

“Itu semua tergantung individunya. Ada yang langsung merasakan saat melihat kasurnya rapi, tapi ada juga yang butuh beberapa kali dulu,” kata Ikhsan.

Baca Juga

“Jika ingin hasil yang lebih baik, aktivitas tersebut harus dilakukan secara konsisten. Setelah itu, lakukan relaksasi pernapasan atau meditasi agar semakin Anda semakin tenang,” dia menyarankan.

Itu dia manfaat membersihkan tempat tidur bagi kesehatan mental. Bila masih ada pertanyaan seputar aktivitas yang menyehatkan psikis, konsultasikan pada psikolog kami lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter

(HNS/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

Soviana Martha Ivonne Pratiwi, S. Psi, M. Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Cara Menjaga dan Memperbaiki Kesehatan Mental

Info Sehat
23 Mar

Ini Manfaat Sehat Menjadi Lajang

Info Sehat
22 Mar

Bahaya Oversharing di Media Sosial untuk Kesehatan Mental

Info Sehat
21 Mar

Hal Buruk yang Rentan Dialami Anak Rajin

Info Sehat
21 Mar

Kenali Manfaat Hybrid Working buat Kesehatan Mental

Info Sehat
20 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat