search

Gemar Selingkuh, Tanda Mengidap Borderline Personality Disorder?

Ada orang yang gemar selingkuh. Lantas, apakah ini ada kaitannya dengan gejala borderline personality disorder yang sering punya hubungan tak stabil?
Gemar Selingkuh, Tanda Mengidap Borderline Personality Disorder?

Klikdokter.com, Jakarta Selingkuh adalah salah satu masalah dalam sebuah hubungan, baik ketika masih pacaran atau sudah menikah. Bagi beberapa pelakunya, sekali ketahuan selingkuh mungkin masih dimaafkan.

Akan tetapi, kalau sudah sering selingkuh, bahkan selalu berulang, pelakunya bisa dicurigai mengalami gangguan mental atau kepribadian. Salah satu gangguan kepribadian yang erat dihubungkan dengan perselingkuhan adalah borderline personality disorder (BPD).

 

1 dari 3

Apakah Ada Hubungannya Antara BPD dan Selingkuh?

Apakah Ada Hubungannya Antara BPD dan Selingkuh?
loading

Menanggapi soal dugaan orang yang gemar selingkuh dan ciri-ciri borderline personality disorder, Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog mengemukakan pendapatnya.

“Orang dengan BPD itu punya ciri emosi yang tidak stabil. Ia juga tidak bisa diabaikan oleh pasangan atau orang sekitarnya, karena kebutuhan akan afeksi atau diperhatikannya itu besar,” jelasnya.

"Kalau dia merasa kebutuhannya akan ditemani atau disayang kurang, bisa saja dia cari kebutuhan itu dari orang lain," sambung Ikhsan.

Nah, apabila merasa kurang diperhatikan dan mendapatkan kasih sayang dari pasangannya, orang dengan borderline personality disorder bisa langsung berpaling.

Artikel Lainnya: Awas, Selingkuh Emosional Lebih Berbahaya dari Selingkuh Fisik!

Hal inilah yang kemudian menguatkan bahwa BPD dan selingkuh saling berhubungan.

"Soal itu, bisa saja iya. Karena ciri tidak bisa mengontrol diri atau selalu merasa kebutuhannya harus dipenuhi, itu bisa masuk ke gejala borderline personality disorder," jelas psikolog Ikhsan.

Kendati begitu, belum ada penelitian yang mengatakan bahwa selingkuh adalah tanda dari borderline personality disorder.

Pasalnya, tidak semua orang dengan BPD  mempunyai hubungan asmara yang sering gagal. Banyak juga, kok, orang BPD yang memiliki hubungan percintaan kuat dan langgeng.

Untuk memastikan memiliki kepribadian borderline personality disorder atau tidak, seseorang harus berkonsultasi ke psikolog atau psikiater terlebih dahulu.

Artikel Lainnya: Awas, Ini Dampak Buruk Selingkuh bagi Kesehatan

2 dari 3

Lantas, Apa yang Menyebabkan Orang Gemar Selingkuh?

Lantas, Apa yang Menyebabkan Orang Gemar Selingkuh?
loading

Penyebab orang berselingkuh itu bermacam-macam. Penyebab paling utama adalah karena kebutuhan orang tersebut tidak terpenuhi.

"Banyak yang selingkuh karena merasa kurang terpenuhi akan kebutuhannya, mulai dari kebutuhan kasih sayang, seksual, sampai finansial. Maka, mereka akan cari dari orang yang bisa memenuhinya," jelas psikolog Ikhsan

Selain itu, psikolog Ikhsan mengatakan bahwa mereka yang selingkuh punya kontrol diri rendah. Sehingga ketika ada dorongan, ia akan segera melakukan perselingkuhan agar kebutuhannya bisa terpenuhi.

"Salah satu celah membuat selingkuh adalah adanya konflik yang tidak pernah diselesaikan," kata psikolog Ikhsan.

Konflik yang berlarut-larut tanpa ada penyelesaian juga bisa membuka peluang selingkuh. Anda juga tidak bisa berharap masalah di dalam hubungan menguap begitu saja, perlu ada penyelesaian dari hati ke hati.

Baca Juga

Itu dia penjelasan mengenai gemar selingkuh dan gejala borderline personality disorder. Untuk mengetahui informasi mengenai kesehatan mental lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

Ratnasartika Aprilyani, S.Psi, M.Si Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 50.000
avatar

Soviana Martha Ivonne Pratiwi, S. Psi, M. Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Mengenal Katsaridaphobia, Ketakutan pada Kecoa dan Cara Mengatasinya

Info Sehat
27 Mar

Kesalahan Orangtua saat Berbicara dengan Guru Anak

Info Sehat
27 Mar

Kenali Ciri-Ciri Orang Berbohong Menurut Psikologi

Info Sehat
26 Mar

Manfaat Membersihkan Tempat Tidur untuk Kesehatan Mental

Info Sehat
23 Mar

Cara Menjaga dan Memperbaiki Kesehatan Mental

Info Sehat
23 Mar

REAKSI ANDA

1 KOMENTAR

Avatar
rokani
2 Bulan Lalu

tdk d sangka kalau,, berita beritayg d sajikan itu langsung d beri penjelasan secara detil dan utk solosi nya pun cukup membantu .buat saya mantappppp

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat